jump to navigation

Perjalanan Jakarta – Singapura, via Batam Juli 1, 2007

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
Tags:
trackback

Menyambung artikel sebelumnya mengenai persiapan, berikut ini sharing saya mengenai pengalaman selama dalam perjalanan Jakarta – Batam – Singapura. Gallery perjalanan ini ada di sini dan di sini.

1. Perjalanan Bandung – Jakarta – Batam

a. Untuk mengejar check-in pesawat pada pagi hari yang dibuka 2 jam dan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan, bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan i) jasa rental mobil all-in yang bertarif sekitar Rp 500.000,-; ii) travel point-to-point Bandung-Cengkareng (seperti X-Trans dengan tarif Rp 80.000,- atau travel lain) atau bus Primajasa (sekitar Rp 60.000,-) yang berangkat kira-kira jam 01.30 atau 02.00 dini hari. Pada waktu check-in pesawat, calon penumpang diminta untuk menunjukkan print-out dari travel itinerary dan KTP. Selain itu, setiap calon penumpang membayar airport tax sebesar Rp 30.000,-.

From Tour de Singa…

b. Setelah terbang kurang lebih 1:15 jam dan mendarat di Bandara Hang Nadim – Batam, kami membeli tiket ferry Penguin di salah satu counter tiket ferry dekat pintu keluar bandara. Untuk tiket pp per orang, kami memperoleh harga tiket sebesar SGD 14; jika membeli di Batam Center harganya sekitar SGD 17. Di bandara sepertinya susah mencari makan siang, kami hanya melihat ada rumah makan Singgalang Jaya. Wow .. harga makanan di sini ternyata mahal bukan kepalang, seperti kemudian diceritakan oleh sopir taksi yang membawa kami dari bandara ke Batam Center. O iya, rate taksi dari bandara ke Batam Center adalah Rp 70.000,-. Ternyata Batam Center sangat ramai, yaitu sebuah mall yang memiliki beberapa rumah makan, ATM Center, beberapa Money Changer, dan juga pusat jajanan dan cinderamata.

From Tour de Singa…

2. Perjalanan Batam-Singapore

a. Di Batam Center kami sempat didekati oleh seorang calo yang menawarkan dapat membebaskan biaya fiskal, namun jelas kami mengantongi KTP dan Paspor Bandung sehingga berkewajiban membayar biaya fiskal. Pertama-tama kami menuju Loket Penguin dengan menyerahkan tiket Penguin dan paspor. Di sini kami membayar biaya seaport tax sebesar SGD 3 per orang. Kami mendapatkan kembali paspor, boardingpass, bukti pembayaran seaport tax dan dua lembar dokumen keimigrasian. Kemudian kami menuju loket imigrasi untuk menunjukkan paspor berikut dokumen yang kami peroleh dari Loket Penguin dan membayar biaya fiskal sebesar Rp 500.000,- per orang (Jika menggunakan transportasi penerbangan, maka biaya fiskal di bandara adalah Rp 1.000.000,-). Kami mendapatkan kembali paspor berikut dokumen plus bukti pembayaran fiskal.

b. Begitu point a di atas telah selesai, kami bersiap masuk ke ruang tunggu kapal. Kami pun masuk ruang tunggu dengan melewati counter Imigrasi untuk pemeriksaan paspor dan lembar dokumen perjalanan. Perjalanan kapal dari Batam Center ke Harbourfront kurang lebih memakan waktu 1 jam.

From Tour de Singa…

c. Begitu turun dari kapal dan hendak keluar pelabuhan, semua penumpang diperiksa kelengkapan paspor berikut lembaran dokumen keimigrasian yang diterbitkan di Batam Center. Ada dua antrian, antrian pertama untuk pemegang paspor Singapura dan antrian kedua untuk pemegang paspor umum. Kami pun disambut oleh pusat perbelanjaan Harbourfront seperti di dalam foto di atas.

d. Kemudian kami ke stasiun MRT Harbourfront (kode NE1) yang berada di lokasi pelabuhan. Stasiun yang kami tuju adalah stasiun MRT Bugis (kode EW12) yang lokasinya paling dekat dengan hotel NSS di Rochor Road. Untuk menuju Bugis dari Harbourfront kami akan naik MRT North East dengan jurusan Harbourfront–>Punggol, perhentian berikutnya adalah Outram Park (Kode EW16/NE3), sementara NE2 adalah stasiun yang belum dioperasikan. Setelah sampai di Outram Park, kami turun dan naik MRT East West dengan jurusan Boon Lay –> Pasir Ris/Bandara Changi. Kami akan melewati stasiun Tanjong Pagar (EW15), Raffles City (EW14), City Hall (EW13/NS25), dan berikutnya Bugis (EW12). Bagi yang mau ke bandara bisa melanjutkan perjalanan sampai Singapore Expo yaitu satu stasiun sebelum bandara, kemudian berganti kereta yang menuju bandara Changi. Sementara kereta akan melanjutkan perjalanan sampai dengan Pasir Ris. Kami jalan kaki menuju hotel. Istirahat ah .. sorenya mau nonton Wealth Fountain di Suntec City.

From Tour de Singa…

3. Perjalanan Kembali Singapura – Batam

Perjalanan pulang kira-kira mirip dengan perjalanan sewaktu pergi. Hanya saja biaya seaport tax yang dibayarkan di Harbourfront adalah SGD 10 per orang, tetapi tidak perlu membayar biaya fiskal atau biaya lainnya. Jika hendak menukarkan SGD ke Rupiah, nilai tukar di beberapa Money Changer Harbourfront jauh lebih baik dibandingkan di Batam Center. Kami mengira mirip-mirip sehingga berpikiran nanti saja di Batam Center. Ternyata perbedaan nilai tukar per SGD-nya bisa mencapai 200 point bahkan lebih.

Informasi harga makanan di Singapura: Foodcourt di Suntec City dan Bugis menyediakan makanan dengan harga bervariasi mulai dari SGD 4-6, sedangkan minuman mulai dari SGD 0.80 – 1.50. King Burger, Kentucky, atau McD kira-kira mirip juga kisaran harganya.

About these ads

Komentar»

1. Laskreza - Januari 3, 2008

Mas Yoanes, tinggal di Bandung ya? Manggilnya Aa, dunk? hehe…Saya mau berbagi cerita mengenai paerjalanan Bandung Batam Singapore, dan Singapore Batam Bandung….

Yang pertama, lancar saja, mas, soalnya, saya dan istri, nginep dulu di batam, sengaja…Kita naik Merpati, PP, padahal one way dan PP biayanya sama saja, dasar saya saja bodoh, pesannya koq PP.

Pulangnya ke Bandung, saya sport jantung abis2xan, ternyata di Singapura, kami rencanakan naik dari Tanah Merah – Nongsapura, harus check in fery 1/2 jam sebelumnya, kami terlambat check in, padahal ferynya belum pergi, loh…jadi kami harus ambil pelayaran setelahnya, padahal selisih waktunya ada 1 1/2 jam… dengan pertimbangan waktu tersebut, kami lalu mengejar jadwal fery berikutnya di Harbourfront, menuju Batam Center.

Malang tak bisa ditolak, fery Jet Rider (namanya doank yang keren), keluaran Batam Fast, terlambat sekitar 50 menit.. Setelah dengan sabar kami menunggu semua penumpang dari Batam turun (307 orang !!!), berangkatlah kami ke Batam, dan tiba pukul 18:45, Kami ketar-ketir karena penerbangan kami adalah pukul 19:20…Akhirnya kami naik Taxi ke bandara, supirnya baik, dia bisa menenangkan kami, bahwa kami belum terlambat, bahwa sudah sering kejadian ini terjadi, bahwa dia bisa bawa kami laju….

Sampai Bandara, istri saya lari masuk bandara untuk check in. Biaya taxi adalah 70.000, tetapi melihat kami berhasil tiba pas waktunya, dia minta 100.000….hmmm….Tidak mengurangi syukur kami. Petugas Merpati juga tak berbelas kasih kepada kami, dia bilang baggage kami lebih muatan, harus bayar 150.000, akhirnya discount jadi 100.000.Saya yakin uangnnya ngga masuk Merpati, la wong saya ngga dapet kwitansi apa-apa…..Tidak mengurangi syukur kami juga… Giliran kami mau bayar airport tax, kami sudah kehabisan rupiah sama sekali, atm, kami ngga tahu ada di mana, akhirnya, si bapak petugas menerima dolar singapur $12, plus uang 20.000, satu2x lembaran rupiah yang saya punya, dikembaliin 10.000. Tidak mengurangi syukur kami juga…..

Akhirnya setelah di dalam pesawat, (7 menit kami duduk di ruang tunggu, calon penumpang dipersilahkan masuk ke pesawat), barulah kami bisa menarik nafas lega……Ngga- ngga lagi deh ke Singapura lewat Batam….
Apalagi mas Yoanes, Bandung-Jakarta-Batam-Singapore….
Wuih……salut deh……..

2. ybandung - Januari 4, 2008

Halo Mas Laskreza …

Salam kenal ya, panggil saja saya yoanes atau bandung saja. Betul saya tinggal di Bandung, di daerah Pandu dekat dengan Bandara Husein. Wuih .. pengalaman yang benar-benar mendebarkan mas, kalau terjadi pada saya sepertinya bakal kehabisan cairan karena keringat dingin. Btw, banyak selamat mas .. dengan perjuangan yang berat akhirnya dapat kembali ke Bandung sesuai rencana.

Saya sebetulnya mengalami hal serupa ketika akan bertolak dari Singapura menuju Batam mengejar check-in pesawat pulang. Hanya bisa berdoa dan berharap semoga ferry berangkat tepat waktu, di perjalanan tidak ada kendala dan tiba di Batam tepat waktu sehingga memiliki waktu yang cukup untuk persiapan check-in pesawat.

Saya sendiri telah tiga kali ke Singapura dengan rute Bandung – (transit Palembang) – Batam – Singapura sekali, dan Bandung – Jakarta – Batam – Singapura dua kali. Memang menyedot banyak waktu dan tenaga, saya berangkat dari Bandung jam 01.00 dini hari sampai di Singapura jam 13.00 siang hari. Tetapi tetap saya syukuri dengan suka cita karena bisa menghemat biaya dan lebih penting lagi bisa jalan-jalan di Singapura :)

Sebetulnya saya tertarik mencoba Bandung – Batam – Singapura, dan akan mencobanya di waktu yang akan datang. Kalau boleh tahu, berapa biaya tiket Merpati Bandung – Batam mas? Hatur nuhun telah mampir berbagi cerita dan salam, -bandung.

3. budisulis - Januari 7, 2008

Salam kenal.
Saya sering menggunakan rute Bandung-Jakarta-Batam-Sing-Jkt-Bdg. Sehingga sy nggak pernah ketinggalan ferry di HF,. Memang lebih mahal kalau pakai pesawat one-way dr Sin-Jkt, tapi nggak repot dan yg penting bisa menikmati changi yg canggih itu. Saya pernah pakai Valuair dan Emirates, belinya lewat internet dan kebetulan waktu itu ada rate yg murah. Saya mau coba rute lain, yaitu dr Sin ke Jkt lewat Johor Bahru, pakai AirAsia! Ternyata dihitung-hitung cukup murah juga, yaa agak repot lewat dua borders, tp itung-itung jalan-jalan. Kalau ada yg butuh info lebih detail, termasuk biayanya silakan kontak saya.
Salam.

4. ybandung - Januari 7, 2008

Halo Mas Budi, salam kenal juga nama saya Yoanes Bandung. Terimakasih telah mampir dan memberikan sharing pengalamannya.

Wah senang sekali kalau Mas Budi berkenan untuk membagi informasi di sini mengenai detail biaya yang dibutuhkan jika menggunakan jalur Johor pakai AirAsia. Kalau tidak salah ada AirAsia yang langsung ke Bandung ya mas ..

5. Budi S - Januari 7, 2008

Betul, Bandung – Kuala Lumpur (PP). Pernah hampir ditutup tahun kemarin, eh sekarang malah ditambah flightnya. Sebetulnya biaya untuk Johor Bahru – JKT, tinggal tambah biaya bus/taksi dr Sin ke JB (Bandara Senai) + Biaya AirAsia
Riciannya:
1. Air Asia Jakarta Batam (one way): 250.000 (pesan jauh hr dan lg promo)
2. Ferry Batam Center – H_Front (one way): SGD 13 (beli di Hang Nadim, pk Penguin)
3. Seaport Tax : SGD 3
4. Fiskal : 500.000 (untuk anak < 12 thn bebas, atau kalau punya paspor Sumatra jg bebas alias gratis)
5. Oh, Taxi Hang Nadim – Batam Center : 70.000 (kalau rame-rame bs kongsi sama penumpang lain yg jg ke BC)
6. Bus dr Queen Street ke Johor Bahru (Stasion Kotaraya): SGD 2.4. Kl ke Larkin Bus Station sekitar 3.2
7. Dr stasion Kotaraya ke Bandara Senai : 8 Ringgit. Kalau dr Larkin ke Senai sekitar 3 ringgit.
8. Airasia JB ke Jkt : sekitar Rp. 250.000
Silakan bandingkan.

Rute ini belum banyak yg pakai karena mungkin agak ribet, apalagi harus lewat check point di Woodland dan di Johor Bahru. Padahal cukup murah lho, dan relatif praktis karena nggak lewat Batam pakai Ferry (kena Seaport tax lg).
Trims.

6. ybandung - Januari 8, 2008

Setelah melihat peta di wikimapia.org ternyata dari Terminal Queen Street Singapore ke Senai Airport di Johor Bahru hanya sekitar 40 km, deket banget dibandingkan jika ke Kuala Lumpur Airport sekitar 300 km. Kalau demikian, penerbangan Johor Bahru – Jakarta bisa menjadi alternatif pulang lebih hemat sekalian jalan-jalan ke tanah Malaysia.

Apakah tidak ada Airport Tax di Senai Airport Mas Budi? Betul, di Harbourfront kena Seaport Tax sebesar SGD 10. Wah trims banyak infonya mas, akan sangat membantu khususnya saya sendiri yang sedang merencanakan liburan keluarga akhir tahun.

Trims juga informasi mengenai biaya fiskal yang dibebaskan untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Kalau paspor mah, batita juga diwajibkan kalau saya tidak salah.

7. Budi S - Januari 8, 2008

Rasanya airportax sudah masuk dlm biaya AirAsianya.
Mulai 2006 semua anak dr 0 thn sampai gede harus buat paspor sendiri.

8. ybandung - Januari 9, 2008

Trims banyak infonya mas Budi .. Saya lagi merencanakan untuk membuatkan paspor anak saya yang baru 15 bulan.

9. Budi S - Januari 9, 2008

Syarat-syaratnya sudah tahu kan? Jangan lewat calo, ya….

10. ybandung - Januari 9, 2008

Kurang lebih saya masih ingat kalau ngga salah untuk syarat mengajukan paspor anak adalah fotokopi/asli kartu keluarga, fotokopi/asli akte kelahiran, fotokopi/asli surat nikah orang tua. Mohon koreksinya kalau ada kurang lebihnya.

Betul saya menghindari calo dan pernah sekali mengurus sendiri. Ternyata tidak ribet seperti ditulis di beberapa blog yang saya baca. Bahkan malah bisa ngobrol-ngobrol sama calo di sana he.. he.., kadang mereka membantu informasi juga koq.

11. Budi S - Januari 9, 2008

Jangan lupa KTP dan Materai 6000.

Betul ngurus sendiri mudah kok, hanya kadang-kadang ‘makan hati’ jg. Sudah antri buat dipotret pagi-pagi, eh dikasih nomor besar. Sampai sy protes, masa antri didepan, kok dikasih nomor 40-an…nomor 1 sampai 39 siapa, hantu? Akhirnya dia ganti, nomornya…20! Wah begitulah kelakuan bangsa kita.

12. ybandung - Januari 9, 2008

Trims infonya Mas Budi. O … berarti bisa nego nomor antrian ya di kantor imigrasi. Weleh weleh … Waktu itu saya datang sudah rame, kemudian dikasih nomor besar banget dan saya pun ngga curiga. Tapi beruntung tidak sampe sore untuk dapat difoto, sudah sempat makan siang dulu di seberang jalan takut semaput kelaparan sebelum dapat giliran :)

13. Budi S - Januari 9, 2008

Ya pakai wajah memelas dikit lah……he….he…Coba nanti lihat di kantong celananya, kartu nomor kecil semua tuh. Yg besar-besar disimpan di meja, dikasihkan ke kita. Usahakan kalau bisa, datang sebelum jam 8 (khusus saat mau difoto) terus nongkrong di depan loket paling kanan. Sedih sih kalau dipikir-pikir. Tapi mau gimana lagi, drpada nunggu lama. Apalagi kalau bawa anak kecil, kasihan kan.
Oh, ya kalau mau bikin jangan pas liburan sekolah atau ujian, pasti rame! Bulan Pebruari biasanya kosong (berdasarkan statistik…..he…he).

Semoga sukses!

14. adywicaksono - Januari 9, 2008

Nek neng singapore mampir tho kang Bandung….

15. ybandung - Januari 10, 2008

@ Mas Budi:

Betul mas Budi, datang pagi akan lebih baik. Trims nasehatnya, berarti mesti menghindari masa-masa rame orang mengurus paspor. Salam …

16. ybandung - Januari 10, 2008

@ Mas Ady:

Halo apa kabar mas Ady di Singapore sana. Sip mas, ada kesempatan berkunjung ke Singapore lagi saya akan mampir ke tempat njenengan nggih. Salam kagem keluarga dan matur nuwun sudah mampir dan nyenggol diriku.

17. adywicaksono - Januari 17, 2008

Monggo bos mampir2, sebelum kesini email saja saya di adiwicaksono at yahoo.com, nanti saya share alamat dan nomor telepon saya. Alamat bisa berubah tiap waktu, maklum masih kontraktor alias ngontrak2 rumah :D

18. ybandung - Januari 18, 2008

Wah matur nuwun banget mas Ady, saya akan mengabari Mas Ady kalau mau berkunjung ke Singapore lagi. Sekalian minta rekomendasi tempat-tempat mana yang seharusnya menarik untuk dikunjungi.

Sementara masih menabung dulu mas Ady .. maklumlah mas. Salam dari Bandung.

19. b oe d - Januari 21, 2008

We lha, we lha.
Jalan-jalan ke Singapore kok gak mampir ke tempat kakaknya.
Piye iki ?? :D

Buat Kang Ady Wicaksono:
Sampeyan juga belum mampir ke tempat saya. Hayoo.

regards
boed

20. ybandung - Januari 21, 2008

Mohon dipermaafkan Mas Boed, waktu itu persiapannya cukup mendadak karena utusan dari kantor dan tidak sempat berkontak dengan Mas Boed.

Nanti pas beneran jalan-jalan ke Singapore bersama keluarga, saya tidak akan lupa mengontak Mas Boed dech. Kalau Mas Ady dimarahin saja Mas Boed, wong di tempat paran yang sama koq belum bersilaturohim ke tempat kakaknya he he ..

Matur nuwun Mas Boed telah mampir,
bandung

21. paijo - Februari 24, 2008

kemarin jumat bikin passport, tahu nggak habis berapa …
hampir 1 jt , 1 hari jadi , abis acara mendadak ..
yo wis piye maneh ….

22. ybandung - Februari 25, 2008

@ Paijo :
Sing sabar saja mas .. yang penting pasportnya jadi he he .. Terimakasih telah mampir dan berbagi info biaya pasport super cepat.

23. budiarto - Maret 14, 2008

Hallo semua. Jangan lupa memperhitungkan selisih biaya fiskal apabila menggunakan pesawat ke Johor atau langsung ke changi. Fiskal lewat batam hanya 500rb (karena by sea), dibandingkan apabila kita langsung terbang ke Johor atau Changi, yg 1jt rupiah.

24. ybandung - Maret 15, 2008

Halo Mas Budiarto,

Trims banyak infonya. Kalau demikian, keberangkatan tetap lewat laut (Batam Center – Harbourfront Singapore), sementara kepulangan lewat Johor Bahru. Betul tidak ya?

25. Lien - Maret 17, 2008

salam kenal,
iya ada ga yg punya pengalaman dari queen street sampai airport johor berapa lama ya ?
apakah checkpoint-nya lama/ bertele2 ?
saya mau coba jalur ini sekalian jalan ke johor…
krn blm pernah ke johor
oh ya di johor ada tmpt wisatanya ga sekitar airport ?

26. ybandung - Maret 17, 2008

Halo Mba Lien…

Semoga ada yang berkenan share pengalamannya di sini. Atau nanti kalau Mba Lien sudah ke sana, boleh minta sharing pengalamannya ya .. :)

Trims banyak dan salam, -bandung

27. enilo - April 18, 2008

mas saya mau kesingapura ingin lewat batam susah enga?

28. san - April 27, 2008

Seaport dari Batam ke Singapore …mungkin sudah naik bukan 3 dollar lg

29. ybandung - April 27, 2008

@ enilo:
Halo mas, sama sekali tidak susah koq .. dijamin dech asik ..

@ san:
Trims banyak infonya mas .. sangat bermanfaat.

30. reginassi - Juli 6, 2008

Salam kenal mas bandung :)

Saya berencana mau ke Singapur bareng mama saya Agustus nanti. Sebetulnya ini perjalanan ke luar negeri pertama saya. Karena saya masih kuliah, jadi harus kerja sampingan dan nabung buat jalan2:P

Nah tahun ini akhirnya uang sudah terkumpul. Jadi saya ngajak mama sekalian. Blog mas bandung sangat bermanfaat sekali buat saya.

Saya berencana ke Singapur via Batam.

Saya ada beberapa pertanyaan nih mas.
1. Adakah hotel yang cukup murah dan lumayan kondisinya di Batam, terutama di daerah sekitar Airport? Saya pengen tinggal beberapa hari dulu di Batam sepulangnya dari Singapura.

2. Saya pengen ngajak adik saya yang paling kecil. Dia September nanti genap berusia 12 tahun. Apakah dia juga harus bayar fiskal?

Segitu dulu pertanyaan saya:)
Maaf cukup banyak;P
Terima Kasih:)

31. ybandung - Juli 7, 2008

@ Reginnasi:

Halo salam kenal kembali, terimakasih banyak atas kunjungannya. Banyak selamat ya untuk rencana jalan-jalannya ke Singapore. Meski baru pertama kali, jalan-jalan ke Singapore sangat mudah dan menyenangkan. Jangan lupa bawa KTP dan Passport minimal masih berlaku 6 bulan ya ..

Menjawab pertanyaan tersebut:
1. Saya tidak begitu paham mengenai hotel-hotel di Batam, terakhir nginap tahun 2001 di hotel ini karena dekat ke Seaport Sekupang, tapi cukup mahal (lihat http://www.planetwisata.com/batamhotel.htm):

Puri Garden Hotel
Jalan Teuku Umar No. 02
Nagoya, Batam 29432 Indonesia

Phone : +62 778 458888
Fax : +62 778 456333
Email: general@puri-garden.com
Website: http://puri-garden.com

Kalau sekarang seaport yang cukup terkenal adalah Batam Center, karena dekat dengan bandara udara namun sedikit lebih jauh perjalanan ferry-nya. Nah saya usul mencari hotel di sekitar Batam Center, karena ke bandara naik taksi sekitar 15 menit dan Rp 70.000 saja.

2. Informasi ada di komentar Mas Budi Sulistyo di artikel lain weblog ini sbb. Karena kepergian adalah Agustus 2008 di mana masih < 12 tahun, feeling saya bebas biaya fiskal:

———-
Betul, Bandung – Kuala Lumpur (PP). Pernah hampir ditutup tahun kemarin, eh sekarang malah ditambah flightnya. Sebetulnya biaya untuk Johor Bahru – JKT, tinggal tambah biaya bus/taksi dr Sin ke JB (Bandara Senai) + Biaya AirAsia
Riciannya:
1. Air Asia Jakarta Batam (one way): 250.000 (pesan jauh hr dan lg promo)
2. Ferry Batam Center – H_Front (one way): SGD 13 (beli di Hang Nadim, pk Penguin)
3. Seaport Tax : SGD 3
4. Fiskal : 500.000 (untuk anak < 12 thn bebas, atau kalau punya paspor Sumatra jg bebas alias gratis)
5. Oh, Taxi Hang Nadim – Batam Center : 70.000 (kalau rame-rame bs kongsi sama penumpang lain yg jg ke BC)
6. Bus dr Queen Street ke Johor Bahru (Stasion Kotaraya): SGD 2.4. Kl ke Larkin Bus Station sekitar 3.2
7. Dr stasion Kotaraya ke Bandara Senai : 8 Ringgit. Kalau dr Larkin ke Senai sekitar 3 ringgit.
8. Airasia JB ke Jkt : sekitar Rp. 250.000
Silakan bandingkan.

Rute ini belum banyak yg pakai karena mungkin agak ribet, apalagi harus lewat check point di Woodland dan di Johor Bahru. Padahal cukup murah lho, dan relatif praktis karena nggak lewat Batam pakai Ferry (kena Seaport tax lg).
Trims.

32. reginassi - Juli 7, 2008

Wah terima kasih mas ya….info nya sangat membantu:)
karena mama gak bisa ikut, jadi saya pergi sendiri deh;P

sekali lagi terima kasih :)
saya minta ijin untuk nge print halaman mas yang ini boleh tidak? :)

33. ybandung - Juli 8, 2008

@ Reginassi:

Terimakasih kembali, silakan saja Mas .. saya senang sekali sekiranya informasi di dalam weblog ini bermanfaat.

Enjoy your vacations at Singapore. Regards.

34. reginassi - Juli 11, 2008

hahaha…waduh…nama saya Regina…:P

saya sedang ngurus paspor nih :)

35. ybandung - Juli 11, 2008

Hehe … maaf kalau demikian. Semoga semuanya lancar ya ..

Salam, Bandung.

36. dar1 - September 10, 2008

met kenala smuanya
saya liburan lebaran ini berencana mw ke singapore via batam.
mw nanya apa di bandara hang nadim aman? karena saya dan istri saya pisah, saya dari jkt n istri saya dari padang (pulkam dulu) jd janjian di bandara.
saya rencananya naek flight air asia yg jam 14.55 tiba 16.30
apa ferry bwt nyebrang sampai malam?
terus bedanya port batam center & Batu ampar apa? lebih nyaman mana?

Thx

nb: sori banyak nanya :D

37. xhi - September 19, 2008

alow..met kenal..

mu nanya neh, ada yang pernah coba rute queen street – senai airport gak? kira2 berapa lama yah? makasi banyak sebelumnya..

38. alfa - November 14, 2008

hallo..

masalah bikin passport di bandung…mending ngurus sendiri…ga lama ko n ga ribet, malah seru…cuma 3 kali dateng…
pertama: nyerahin dokumen n tunggu kurang lebih 1 minggu
kedua: difoto n besoknya
ketiga:ngambil passportnya deh
dan lebih murah pula kalo ngurus sendiri…

c u…

Hallo Mba, terima kasih banyak masukannya yang sangat berguna.

39. neni herliana - Desember 16, 2008

salam kenal..mas budi, mas yoanes…

saya ama suami and anak (hampir 9 thn) punya rencana pingin ke singapore deket-deket ini, via batam (bdg/jkt-batam-singapore), (kita pernah ke btm selama 2 hari), rencananya pingin nginep semalam aja di singapore, kira2 dimana ya mas yg agak murah tapi aman nginepnya. Makasih bgt buat informasinya.

Salam kenal Mba Neni .. saya hanya memiliki pengalaman menginap yang murah dan aman di NSS Hotel di Rochor Road Mba, website http://www.nsshotel.com. Terima kasih dan semoga liburan yang menyenangkan ya mba.

40. nanang s - Oktober 5, 2009

Salam kenal kang yoanes,

kang mau nanya yeuh..kebetulan lom pernah keluar negeri…pengen juga ke sana. Ada rencana november ini saya ma istri dan anak (anak usia 17 bulan) mau jalan – jalan ke singapure..rencana sih mau lewat batam.

Mau nanya kalau gak salah dalam salah satu tulisan diblog kang yoanes..persyaratan untuk membuat pasport ada Akte kelahiran / ijazah, itu maksudnya salah satunya atau keduanya ? apa kalau untuk anak 17bulan persyaratan pembuatan passportnya sama, juga biayanya ?

kira – kira untuk 2009 ini kang yoanes punya gak rate terbaru perjalanan ke singapura?

Thanks,

Hallo Mas Nanang, salam kenal kembali dari saya. Nuhun sudah berkunjung Mas.

Mengenai persyaratan untuk membuat paspor salah satu saja Mas, menggunakan Akta Kelahiran atau Ijazah. Kalau untuk anak saya kurang tahu persis, belum pernah soalnya. Tapi kira-kira akan butuh akta kelahiran dan surat nikah orang tua serta Kartu Keluarga (KK). Biaya pembuatan paspor untuk anak saya kurang tahu Mas.

Mengenai rate terbaru perjalanan ke Singapura lewat Batam saya juga belum memiliki updatenya. Semoga perjalanan keluarga menyenangkan Mas. Salam saya.

41. heru - November 24, 2009

Kalo pake npwp katanya gak perlu bayar fiscal

42. rosa.amilia - Desember 11, 2009

salam..
sy rosa-jakarta
rencana sy februari-maret ke KL
tolong dong ada informasi apartment yg rada murah di KL… soalnya kl hotel jatuhnya “kantong jebol”, di KL paling cepat 2 minggu dan max 1 bulan

tolong bantu ya..

ini perjalanan pertama sy keluar negri.. jadi masih bingung tapi nekattttt

tq

43. yen - April 9, 2010

salam..
sy yen-pontianak
rencana sy juni ke Kucing singapure n KL
tolong dong ada informasi hotel yg murah dan dekat dengan pusat kota..
di singapure hotel yg dkt sentosa n orchad gitu ada ga ya tapi yg murah soal na saya kan backpacker gitu..
saya jg mao tanya mas klo dari Kuching ke singapure naek pesawat tu by airport tax na brp ya

ini perjalanan pertama sy keluar negri.. jadi masih bingung tapi nekat aj la..tlg mas balas ke email saya

tq

44. Persiapan Jakarta – Singapura, via Batam | Weblog Ayo Wisata Dunia - Januari 20, 2014

[…] adalah kali ketiga saya melakukan perjalanan ke Singapura melalui Batam. Sebelum bercerita mengenai Perjalanan Jakarta – Singapura via Batam, berikut ini saya sampaikan pengalaman persiapan-persiapan saya sebatas pengetahuan […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: