jump to navigation

Tour de Garut : Kawah Kamojang Februari 11, 2008

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
Tags: ,
trackback

Setelah puas dengan obyek wisata Candi Cangkuang, Situ Bagendit dan Pemandian Air Panas di Cipanas, kami pun menuju obyek wisata Kawah Kamojang. Sebenarnya sekalian pulang ke Bandung, tapi lewat jalan yang berbeda yaitu arah Kampung Sampireun (15 km dari Kota Garut) dan lewat Kamojang, Paseh, Majalaya, nembus M. Toha Bandung. Kawah Kamojang sendiri berjarak sekitar 25 km dari Garut dan 35 km dari Bandung. Foto berikut adalah pemandangan hutan pinus di tengah perjalanan kami.

From Tour de Garut

Perjalanan dari Garut – Kamojang – Bandung dipenuhi dengan pemandangan pegunungan yang sangat alami, jauh dari perkampungan penduduk. Kondisi jalannya naik turun dan di beberapa titik sangat curam sehingga harus ekstra hati-hati, berlaku untuk kedua arah. Saya sudah merasakan kedua-duanya karena dua kali melakukan tur ke Kawah Kamojang, apalagi kalau hujan dan berkabut seperti pengalaman kali ini .. wuih, sempat grogi saat mau menuruni satu turunan yang sangat curam yaitu ketika mendekati Paseh; tetapi lebih dikarenakan rem depan sepeda motor saya yang sudah kurang pakem ditambah kondisi basah kehujanan.

From Tour de Garut

Setelah sering berhenti untuk hunting foto di tengah perjalanan, kami pun berhasil mencapai kawasan obyek wisata Kawah Kamojang. Kami membayar tiket Rp 5000 per orang dan Rp 2000 per sepeda motor. Ini dia pemandangan Kawah Berecek, sebelumnya kami menemui Kawah Manuk. Karena sangat berkabut kami tidak dapat melihat banyak di kedua kawah tersebut. Akhirnya kami gunakan untuk pengambilan potret diri kami sendiri saja di pinggir kawah.

From Tour de Garut

Setelah melalui kedua Kawah Manuk dan Kawah Berecek, kami meneruskan perjalanan sedikit dan sampai di pelataran parkir utama obyek wisata Kawah Kamojang. Siapa sangka, setelah melalui kawasan pegunungan yang sepi sekali, ternyata pelataran parkir cukup ramai disemarakkan lagi dengan beberapa rumah makan dan warung kecil. Kami memarkir kendaraan dan kemudian berjalan kaki menuju obyek semburan uap panas bumi. Ini dia gambarnya .. suara gemuruh semburannya sangat dramatis lho ..

From Tour de Garut

Obyek Wisata Jawa Barat:
[Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo]

About these ads

Komentar»

1. Pantai Barat Pangandaran - Jawa Barat « Yoanes Bandung & Activities - Maret 19, 2008

[...] [Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang] [Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo] Posted in My Traveling, Wisata Alam. [...]

2. Pantai Karang Nini - Pangandaran, Jawa Barat « Yoanes Bandung & Activities - Maret 19, 2008

[...] – Pasir P… Pantai Barat Pangand… di Tour de Garut : Situ Bagendit… Pantai Barat Pangand… di Tour de Garut : Kawah Kamojang… Pantai Barat Pangand… di Pantai Karang Nini – Pangandar… dodo di Harga Bahan Bangunan 2008 [...]

3. hanna halimah - Juni 8, 2008

Hai,
Kami akan bawa rombongan ke kawah kamojang rata rata usia 50 tahun keatas apa mungking ?

Tks

Hanna

4. ybandung - Juni 9, 2008

@ hanna halimah:

Hai juga .. menurut saya sangat mungkin, karena lokasi kawah kamojang seperti di dalam foto artikel ini sangat dekat dengan pelataran parkir kendaraan, paling hanya berjalan 150 m sudah bisa melihat semburan kawah kamojang.

5. hanna halimah - Juni 13, 2008

hai colegial,

Tks ya atas infonya karena kita akan bawa rombonga dengan bus 47 seat (2 bus ) kita akan jalan memalui Garut setelah itu kita akan makan siang di Sari Papandayan, berapa jam perjalanan harus ditempuh dari kawah kamojang ke Rest sari Papandayan di jalan raya cisurupan Km. 17 ? mohon infonya

Tks ya

6. ybandung - Juni 14, 2008

Hai Mba Hanna,

Trims kembali. Saya kurang begitu paham daerah Cisurupan, saya bayangkan Cisurupan ke Samarang sekitar 15 menit, dan Samarang ke Kawah Kamojang berjarak sekitar 15 km barangkali dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Jadi kira-kira akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit sampai dengan 1 jam perjalanan.

Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam.

7. hanna halimah - Juni 19, 2008

Terimakasih atas informasinya ya, sangat bermanfaat sekali buat saya.

Salam

8. ybandung - Juni 20, 2008

Hai lagi Mba Hanna,

Terimakasih kembali .. semoga perjalanan wisatanya menyenangkan ya. Salam saya, -bandung.

9. hanna halimah - Juli 29, 2008

Hallo ybandung,

terimaksih ya atas segala informasinya mengenai kawah kamojang , ternyata perjalanan kesana begitun indahnya sepanjang jalan disuguhi pemandangan yang menawan meskipun jalanan agak naik, kami mengunakan 2 buah bus 27 seat ternyata sampai juga keatas.
Sungguh luarbiasa kami semua senang disana.

salam

10. ybandung - Juli 31, 2008

Terimakasih kembali Mba Hanna, wah saya turut senang sekali dengan kesuksesan acara jalan-jalan Mba Hanna dan rombongan.

Terimakasih,

-Bandung.

11. dane - Agustus 6, 2008

mas, nanya dong,

bisa tolong dijelasin jalan2 yang dilewati dari kamojang ke bandung lewat majalaya mas?

saya rencananya mau jalan2 dengan motor bandung-kamojang PP. tapi belum pernah lewat majalaya. jadi takut nyasar. hehe.. ato ada situs dimana saya bisa dapet info jalannya?

makasi banyak ya mas.

12. ybandung - Agustus 6, 2008

@ Dane:

Seingat saya jalurnya seperti ini, dari Bandung: Jalan Moch. Toha – Dayeuh Kolot – Baleendah – Majalaya – Paseh – Kamojang.

Silakan cek di http://www.wikimapia.org/

Terima kasih.

13. dita - Agustus 13, 2008

pak, saya mau liburan bersama teman2. pada pengen wisata alam. dari bandung ke garut itinerary-nya enaknya dari mana dulu ya? planning saya sih mulai dari bdg-candi cangkuang-situ bagendit-kawah kamojang.
ada ide lain mungkin pak?
terima kasih.

14. ybandung - Agustus 19, 2008

@ Dita:

Untuk wisata alam Bandung-Garut 1 hari, saya sependapat yaitu Curug Cimandi Racun, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo, Situ Bagendit, Talaga Bodas, Kota Garut, Pemandian Cipanas, Kampung Sampireun, Kawah Kamojang.

Silakan cek di http://www.garut.go.id/pariwisata/. Terima kasih.

15. beru - September 4, 2008

kondisi jalan bandung-komojang dan kamojang-garut gimana? jalan aspal bagus atau berlubang, pake motor ato pake mobil enak? susah ga jalannya? boleh juga nih buat jalan alternatif mudik. hehe.. sblmnya thx buat infonya..

16. ybandung - September 4, 2008

Mas Beru:

Kondisi jalan saya kira relatif baik, lebar jalan cukupan. Perlu hati-hati dan waspada mengingat jalan berkelok-kelok dan naik turun.

Hem .. kalau sebagai alternatif mudik, tergantung tujuan mudik ke mana. Kalau mudik ke Garut saya kira masih ok, tapi kalau mudik ke Jawa saya kira kurang bijaksana mengingat kondisi alamnya yang cocoknya untuk refreshing hehe ..

Tambahan info: Bandung-Garut via Kamojang berjarak sekitar 60 km, sama dengan jarak Bandung-Garut via Nagrek. Tapi ada bedanya, dalam kondisi normal waktu tempuh via Kamojang yang saya kira akan lebih lama.

Trimakasih telah berkunjung.

17. beru - September 6, 2008

iya nih mertua skrg di garut, jd bakalan bolak balik garut. thx infonya mas. kayaknya bakal saya coba nih..

18. Daftar tempat wisata di kota bandung : New Face ! - Januari 21, 2009

[...] Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat [...]

19. Nita - Februari 22, 2009

Pak, sy n teman2 mau city tour garut, pengennya ke Situ Bagendit, Kawah Kamojang ,Situ Cangkuang, kerajinan kulit,shopping ke pusat oleh2(dodol), nginapnya di Tirtagangga hotel (Garut) itinerarynya gmn yah biar efisien waktu? Ohya kalau pakai bis 50 seat bisa lewat ga ya? Saya tunggu sarannya Pak, thanks before.

20. Bella - Februari 23, 2009

Bis 50 seat bisa nanjak ke Kamojang nggak ya?

21. 1001 Tempat Wisata Seputar Bandung « Yoanes Bandung & Activities - April 1, 2009

[...] Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat [...]

22. Heditiya - April 14, 2009

mas saya mo nanya dunk…??

law dari jakarta keluat tol apa trz abs dari situ menuju kemana….???

atao tidak saya minta rute Tour de Garut : Kawah Kamojang dari jakarta dunk…???

terima kasih…!!!!

Setahu saya ya, untuk Jakarta – Bandung – Kamojang.

Dari Jakarta masuk tol Cipularang, nyambung tol Padaleunyi kemudian keluar di Pintu Tol Moh. Toha Bandung (http://wikimapia.org/#lat=-6.9565296&lon=107.609818&z=18&l=0&m=a&v=2&search=pintu%20tol%20moh%20toha%20). Ketemu Jalan Moh. Toha, ambil arah ke kanan untuk mengambil jalur Dayeuh Kolot – Baleendah – Ciparay – Majalaya – Paseh – Kamojang. Gampang kok.

Alternatif lain yang agak muter adalah Jakarta – Bandung – Garut – Kamojang. Dari Jakarta masuk tol Cipularang, nyambung tol Padaleunyi kemudian keluar di Pintu Tol Cileunyi. Ambil jalur ke arah timur (arah Yogyakarta) yaitu Rancaekek – Nagrek – Garut – Samarang – Kamojang.
Jalur ini mirip touring ke Kampung Sampireun di Jl. Raya Kamojang-Samarang, Desa Sukamulya Tlp. (0262) 542393, Garut, Jabar seperti yang saya kutip dari http://www.metropolice.us/forum/showthread.php?t=9329.

Untuk menuju ke lokasi Kampung Sampireun menggunakan jalan darat. Waktu yang dapat ditempuh untuk menuju ke sana kurang lebih 2 jam (dari Bandung) dan kurang lebih 4 jam (dari Jakarta) jika menggunakan kendaraan Pribadi. Bagi pengunjung yang malas menyetir sendiri, Kampung Sampireun juga menyediakan fasilitas penjemputan baik di Jakarta (charge-nya Rp. 1.500.000,-/return) maupun di Bandung (charge-nya Rp. 800.000,-/return) dan bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat menggunakan kendaraan umum.
Untuk rute pengunjung yang menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :

1. Ambil jurusan bus dari Jakarta (Kp. Rambutan Rp. 27.500,- / Lb. Bulus Rp. 30.000,-) / Bandung (Cicaheum Rp. 8.000,- dan Rp. 15.000,- (Patas) / Lw. Panjang Rp. 10.000,- dan Rp. 18.000,- (Patas) ) menuju Garut sampai ke terminal Guntur Garut.
2. Dari terminal Guntur Garut dapat menggunakan angkutan kota (angkot 06) jurusan Samarang-Garut dan turun di pertigaan Pamulihan (tarif Rp. 4000,- / orang)
3. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju ke desa Suka Karya dan turun di depan gapura Kampung Sampireun (tarif Rp. 2000,- / orang)

23. udin - Mei 25, 2009

Mas mau tanya dong
ane punya rencana touring dan berkemah di Kawah Kamojang, sebenarnya th januari 2006 pernah berkemah disitu, dan tahun ini rencananya mau ngulang kenangan tersebut untuk yang kedua kalinya, tapi kebetulan no hp dari pengurus dari bupertanya sudah tdk bisa di hubungi lagi (Doddi), jadi ane membutuhkan no hp pengurus atau siapa aja yg bisa dihubungi untuk pesan tempat.
ane sangat membutuhkan mohon penjelasannya

Udin
Jakarta

24. duwie - Juni 12, 2009

Mas,

Numpang liat ya…dah berapa kali ke Garut tp gak pernah ke kawah komojang. Liburan kali ini pingin mampir.

25. arie - Oktober 19, 2009

angkutan yg kearah kawah putih kamojang ada ngga ?
trust dari garut /terminal garut berapa lama perjalananya ?
di tempat disana ada pengginapannya ngga ?
thanks bantuan informasinya

Ada mas, ada banyak angkutan tujuan akhir Situ Patengang, Ciwidey. Bisa turun gerbang Kawah Putih, kemudian naik mobil khusus ke kawah sejauh 5km.

Tempat penginapan saya kira banyak. Sebagai gambaran, Garut-Bandung 60 km (2 jam), dan Bandung-Ciwidey 45 km (2 jam).

26. iin - November 25, 2009

Mas, tny dunk sy kan mau jalan2 ke ciwidey n garut.
Apa ada jalan tembusnya?
enakan routenya bgm? dari ciwidey ke Kamojang dulu? baru ke cipanas – Garut, krn kami rencana mau nginapnya di Cipanas.

Thanks.

27. Dani - Desember 2, 2009

Kang salam kenal

mau tanya nich kang, kebetulan liburan desember 2009 mau ke kawah kamojang menginap di kampung sampirerun pakai mobil pribadi.bisa info ke saya kang arah yang aman dan suasana foto2 keluarga dari penginapan kampong sampiren ke kawang kamojang lewat mana yaa kang ?

thanks

28. sinta - April 8, 2010

saya tertarik ingin city tour ke garut tolong rekomendasikan travel wisata yg biasa atau ada di garut. Terima kasih

29. dian amalia - April 22, 2010

tanggal 25 april 2010 nie me n the genk mao k kmojang pek bis,,,wah wah wah,,, dri fhoto aja dah indah, sejuk bnar,,,!!!mdah2an ga ngbosenin,,,,. mao nanya khang da jajanan ga disana like makanan, rumah makan, n tempat blanja bwat oleh2 blik bandung,,,???

30. Pasir Putih Pangandaran « wisatapangandaran - Desember 8, 2010

[...] [Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung [...]

31. Pantai Timur Pangandaran – Jawa Barat « wisatapangandaran - Desember 8, 2010

[...] [Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung [...]

32. Luffti Triana Suci - Januari 15, 2011

minta alamatnya dong,,

pengen ksitu deh,,,

tolong balas dund,secepatnya ya . . .

33. Orang Indonesia - Februari 11, 2011

saya pernah liat nih tempat di acara tv wara wiri… keren dan unik tempatnya… pengen suatu saat kesana….

34. hadian - April 12, 2011

mas…niatnya akan bwa anak2 KIR terutama kebumian dri SMA kami tuk study tour ke kawah kamojang,tpi blm tau informasi yang lengkap trutama tentang : biaya masuk, kalo pke mobil robongan bgmana hitungan biaya masuk ke obyek trsebut dan apa ada pemandu wisata d slama dsna….
di tunggu info secepatnya maslahya kami rencana mu brangkat dlm wktu dekat.
thnk,ya mas…

35. Bimo Prasetyo - Juli 19, 2011

app jha c panorama yg add d kawasan kawah kamojang??? saya ingn tw sbrp indh/ istimewa’a kawah kamojang th

36. cemplon - September 13, 2011

maap, permisi, numpang tanya…
kalo naik transportasi umum dari kota bandung nya ke kawah kamojang bisa gak ya?

Ada transportasi umumnya, cuman saya tidak hafal. Hanya saja saya menemukan angkot-angkot yang berseliweran di daerah kamojang.

37. Indra - Desember 4, 2011

mohon tambahan informasi Mas, apakah kondisi jalan saat ini jalur Bandung – Dayeuh Kolot – Baleendah – Ciparay – Majalaya – Paseh – Kamojang (dan sebaliknya) aman jika tour menggunakan bus besar (ukuran 48 penumpang). Trims sebelumnya.

38. herry - Desember 29, 2011

majalaya the best

39. herry - Desember 29, 2011

kalau saudara saudara,mau ke kawah kamojang jalan alternatif,kalau dari kota bandung,jalan gede bage -majalaya- ibun kamojang.

40. desi - April 8, 2012

mas saya ingin tau lebih banyak mengenai biaya dan hal lainnya jika ingin ke kawah kamojang. apa ada contact personnya?
saya belum pernah kesana jadi saya ingin survei dulu..

terima kasih

41. a - Agustus 23, 2012

aa

42. indomaret001 - Desember 23, 2012

Mas tahu gak kawah talaga bodas, garut? Baguskah? Akses kesitu bagaimana? Bagus mana ama kawah kamojang?

43. Tour de Garut : Candi Cangkuang & Kampung Pulo | Yoanes Bandung & Activities - Maret 10, 2013

[...] [Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: