jump to navigation

Recovery File Foto dari Memori Kamera Maret 22, 2008

Posted by ybandung in Photography, Teknologi.
Tags: ,
trackback

Malam ini saya bermaksud mentransfer foto-foto dari Compact Flash (CF) kamera ke harddisk komputer menggunakan Okion Digirunner Photobank, yang terhubung menggunakan kabel USB. Mungkin hanya terjadi pada Okion Digirunner saya, saya kesusahan setiap kali berusaha memasukkan CF ke slot-nya. Menurut saya letak slot CF tidak pas dengan casingnya. Mungkin saya sedikit memaksa, satu pin dari slot patah.

Saya berhasil memasukkan CF ke slot yang sudah pincang. Saya aktifkan si Okion Digirunner, komputer berhasil mendeteksinya namun muncul pesan error. Gagal dech mentransfer foto menggunakan Okion Digirunner. Kemudian saya mengembalikan CF ke kamera dan menyalakan kamera. Apa yang terjadi? Pesan yang terbaca, CF minta diformat! Wah, berarti hasil jepretan rusak dech. Tanpa pikir panjang, CF saya format menggunakan menu yang ada di kamera.

Setelah diformat, CF sehat kembali seperti sedia kala. Baru kepikir, sayang kalau sekitar 150 foto terbuang sia-sia. Kebetulan punya simpanan beberapa software recovery. Pertama-tama saya coba dengan program aplikasi Getdataback untuk format FAT, tidak menemukan apa-apa. Berikutnya saya coba dengan program aplikasi Active File Recovery for Windows dengan pilihan menu SuperScan, meski lama ternyata menemukan 422 file foto.

Senang bukan kepalang karena berhasil mendapatkan kembali foto-foto yang terancam hilang. Akhirnya saya recover sebanyak 200-an file dari 422 file yang ditemukan. Sementara, sisa file menunjukkan foto-foto lama yang sudah saya transfer dan backup ke komputer.

Satu masalah berhasil diselesaikan. Masalah berikutnya adalah bagaimana memperbaiki slot CF di Okion Digirunner yang sudah pincang satu pin? Langkah pertama adalah mencari komponen slot CF di toko elektronik atau toko komputer, untuk mengganti slot CF yang sudah pincang. Tapi apa bisa mendapatkan slot CF Reader di Bandung atau Jakarta, di mana ya? Mohon bantuan rekan-rekan yang memiliki informasi tersebut ya, hatur nuhun.

Catatan temporary: Bagi yang membutuhkan program ActivFile Recovery untuk Windows silakan download program_recovery_file. Silakan terlebih dahulu direname menjadi file berformat .rar ya!

Komentar»

1. Jamez - Juni 4, 2008

gmn caranya kalo fotonya sudah ke recover ,a da filenya tapi pas pake windows image view malah ada tuliasan image is not available.??
thx

2. ybandung - Juni 7, 2008

Mas Jamez,

Menurut saya proses recoverynya tidak berhasil menggunakan software yang dipakai Mas .. Kalau telah melakukan hal yang sama dengan software lain dan masih muncul pesan yang sama, ada kemungkinan file gambar tersebut memang sudah rusak misalnya karena telah terdelete, tertimpa file lain, atau terformat.

Terimakasih telah berkunjung dan salam,
Bandung.

3. cherry - Juni 12, 2008

hallo mas, kasus saya adlh memory card terformat di kamera, saya udah pakai Active File Recovery yang gratisan, nah karna gratis cuma mengrecover 64kb per photo.. so foto2 yang saya dapatkan kembali semuanya terpotong, krn size originalnya rata2 600an kb.

ada colusi mas?
beli programnya?? aduh credit card aja ngga.. ada yang gratisan ngga mas yang bisa balikin photo2 saya?

trims

4. ybandung - Juni 14, 2008

@ cherry:

Kalau masih memerlukan silakan kontak saya di ybandung{at}gmail{dot}com ya dengan alamat email yang bisa menerima attachment sekitar 5 MB.

Trims telah berkunjung, semoga foto-fotonya dapat ditemukan kembali. Salam.

william - November 24, 2009

mas tolong kirim software cara ngembaiin data di alamat e-mail saya di William_axzy@yahoo.com
saya ngak sengaja ngapus foto temen saya,

Silakan download software di artikel ini mas, di bagian bawah pada alinea terakhir. Silakan.

5. dias - Juni 15, 2008

halo mas saya mu tanya kalau foto saya tuh hilang dimemori cameranya trus diformat apakah bisa kembali lagi foto saya?kira2 pakai program apa yang cocok?

6. ybandung - Juni 15, 2008

@ dias:

Saya kira masih memungkinkan untuk didapatkan kembali. Beberapa program recovery yang dapat digunakan antara lain ActivFile Recovery atau Get Data Back, seperti yang diperlukan oleh sdr. Cherry di komen sebelumnya.

Semoga bermanfaat.

7. vendy - Juni 23, 2008

halo mas, minta bantuan donk link utk download software recovery yg bagus utk memory XD card..
aku udh coba pake easy recovery tp gak bisa di recover krn program itu hanya bisa membaca file type FAT16..
mohon bantuannya..
thanx
ato bisa email attachmentnya ke email ku.

8. ybandung - Juli 1, 2008

@ vendy:

Silakan cek di catatan temporary di bagian akhir dari artikel di atas. Terimakasih telah berkunjung dan salam.

9. amier - November 1, 2008

mas kasus saya sama persis dengan james. saya ingin tanya apakah file yang telah rusak karena terdelete dan tertimpa file lain benar-benar gak bisa diperbaiki.
thank banget be4

10. ybandung - November 4, 2008

@ amier:

Mas .. sepengetahuan saya file yang sudah terdelete atau terformat kemungkinan masih bisa diselamatkan dengan menggunakan software-software file recovery.

Kalau file telah tertimpa dengan file lain, saat ini saya belum menemukan program aplikasi yang dapat menyelamatkannya. Dari pengalaman saya melakukan recovery, hanya file yang terbaru saja yang dapat direcovery.

11. die - November 30, 2008

hai.. saya mo nanya nih. sy lagi cemas bgt nih. sy merekam sesuatu yg gak pantes tuk direkam di hp. kan skrg byk program yg bisa balikin lg foto/video di hp yg udah didelete. sbnrya videonya da dihapus tp takut ada kejadian apa2 dan tiba2 muncul lg tu video, misal hilang hp & ada yg jahil di program lg. sy mo tanya, gimana ya biar file itu gak bisa dibalikin lagi pake program apa aja? ada cara gak biar sy gak cemas lg karena melakukan hal bodoh. makasih y sebelumnya..

Hallo .. sebelumnya pengen tahu nih hapenya merek dan seri apa ya. Kemudian file video tersebut pernah disimpan di memori internal atau memori eksternal (MMC atau SD Card). Ada sih software untuk menghapus file secara permanen seperti aplikasi yang bernama No File Recovery atau Lavasofts File Shredder.

Kalau file tersebut dulunya disimpan di memori eksternal apakah itu MMC, SD Card, atau Memori Stick (Duo); untuk ketenangan barangkali lebih baik bila dihancurkan saja dan membeli lagi yang baru. Sebelumnya, data-data penting dikopikan ke memori yang baru. File data yang sudah terhapus dari memori yang lama, tidak akan ikut terkopikan sehingga aman.

Kalau file tersebut dulunya disimpan di memori internal, barangkali bisa dihilangkan dengan cara “hard reset”. Tapi dengan konsekuensi semua data juga akan hilang. Catatan: Saya sendiri belum pernah melakukannya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

12. andika - Juni 10, 2009

apa foto – foto yang sudah lama bngt bisa di muncul kan lagi??walaupun hp itu sudah memuat foto2 yang terbaru..

Sepengetahuan saya akan sangat sulit untuk mendapatkan foto-foto yang telah tertimpa foto-foto baru. Sampai saat ini saya belum mendapatkan cara mendapatkan kembali data (foto-foto) yang telah tertimpa.

Demikian dan terima kasih. Salam.

13. Tommi W. - Agustus 18, 2009

aku lagi nyoba recovery foto dari mem m2 sebanyak 41 buah.
tapi yang bagus kok cuma 10 doang ya, yang lain gambarnya berantakan. Sayang tuh foto baru tgl 16&17 kemarin dibuat.
Gara2 saya mau hapus 1 foto, eh yang hilang 1 folder.

14. ari bagus - Oktober 6, 2009

bos pnya aplikasi untuk mengembalikan data yang sudah trhapus…?untuk mmc/hp

15. ari bagus - Oktober 11, 2009

kakak senior2 tlg dong…kasih applikasinya …memori hp ku yang penting ilang,applikasi buat balikin data ada kan???kasih dong.

Aplikasinya ada di bagian bawah dari artikel ini. Lihat: catatan temporary. Trima kasih.

16. eko - Oktober 25, 2009

Met kenal mas…

Mas saya punya kasus, Memcard kamera saya, Canon S5 IS kemarin terkena virus waktu di-copy oleh adik saya. File video berubah menjadi .exe dari .avi. Ukuran juga mengecil.

Saya melakukan kesalahan, setelah tahu terkena, memory masih digunakan untuk foto dan video.

Akhirnya saya mengalami kesulitan merecovery. Beberapa software sudah saya coba, tetapi yang kena virus tadi tidak bisa di-recovery.

Saya copykan memcard ke flashdisk, juga saya, “kembangbiakan” virus disana untuk kemudian saya clean pakai Avira dan PCMAV. Setelah itu saya copykan flashdisk ini dengan beberapa file lain. Sehingga antara memcard dan flashdisk sama – sama terkena virus dan file tertimpa. Tetapi ketika saya coba recovery flashdisk, pakai Media Recovery Wizard dan GetDataBack relatif lebih berhasil daripada Memcard. Kenapa yaa mas?
Kira – kira ada usulan software recovery apa yang cespleng untuk masalah saya ini? Tolong ya mas, itu video kelahiran anak pertama saya soalnya…

17. eko - Oktober 25, 2009

Met kenal mas,

Mas, saya punya kasus ini. Memcard kamera saya terkena virus setelah dicopy ke komputer oleh adik saya. File video .avi berubah menjadi .exe dan ukurannya mengecil. Parahnya, setelah itu memcard masih saya pakai sehingga menyulitkan proses recovery dengan beberapa software yang saya dapat dari internet.

Saya copykan memcard ke flashdisk, saya juga “kembangbiakan” virus di flashdisk tersebut. saya juga copykan beberapa file ukuran besar ke flashdisk tersebut. jadi kondisi flashdisk dan memcard sama. Saya coba recovery flashdisk tersebut dengan Media Recovery Wizard dan GetDataBack for FAT. Hasilnya relatif lebih baik daripada memcard. Kenapa ya mas?
Kira – kira software apa yang manjur mengatasi problem saya?
Maklum, ini video kelahiran anak pertama saya..
terima kasih…

18. william - November 24, 2009

tolong mas

19. heriyanto - Januari 20, 2010

mas mohon bantuan data poto merid saya di Hardisk compt dan di flesdisk hilang.untuk di dlm fdisk di perkirakan telah di hapus desember 2008 jd gimana cara mengembalikannya,sy telah coba dengan smar recoveri tapi tdk bisa di buka foto tersebut dan format fotonya tampil NEF tapi tidak bisa di buka dilihat gambarnya. di tampikan dan ukuran /besaran data foto terbaca,mhn bantuan n petunjuk n bila di cari di kompter N dI Flasdisk.

20. wakhid - Januari 27, 2010

halo mas,saya punya memory M2 pada Hp sony saya yang datanya hilang ndak tau kemana,diformat juga gak bisa,tolong ya solusinya untuk balikin dat yang hilang yang bisa

21. alo - Februari 22, 2010

mas..kalo foto yang hilang ada itu bukan di memory card, bisa dikembalikan lg? foto2 di kamera digital saya simpen di internal memory. bisa dibalikin lg ya? pake software apa yg paling bgs? thx.

Feeling saya kalau memori tersebut bisa dideteksi dengan software maka foto2 akan bisa dikembalikan lagi. Barangkali software yang saya upload di artikel ini?

22. refhye - Maret 5, 2010

mas, saya sudah mencari-cari sofware recoveri foto tapi semuax minta key ? tlng saya ada nggak yang gratisan tanpa pake key ??? tolong ya

23. sunny - Maret 24, 2010

mas bagaimana cara mengembalikan foto dikamera yang sudah diformat. tolong kasih tau caranya.makacih

24. amelia - April 27, 2010

om tolong bantu dong saya nggak sengaja menghapus foto-foto penting punya mama saya. cara ngehapusnya tuh ga sengaja mau format eh malah kehapus. pas saya pake yang dikasi tau diatas tetep ga bisa. duh gimana ya ? itu penting banget.. tolonf bantu ya..

25. douw roberth - Mei 8, 2010

mas foto-foto sy di memori card saya terhapus smua trus mau recovery tapi diminta serial key, ni gimana ya….jadi mas tlong ya secepatnya, sebelumnya makasih atas bantuannya, Tuhan berkati.

Menggunakan program apa Mas? Barangkali serial keynya ada di paket installernya.

26. asep ramdani - Mei 15, 2010

ketika memori tersambung ke FC malah minta difornat sedangkan film-film/videonya / data gak mau hilang gimana cara recovery nya talong dong minta softwarenya

27. tadel - Mei 16, 2010

mas foto di memory Hp saya gag tau kenapa hilang saat mau saya pindahin ke komputer ,terjadi error
terus filenya hilang semua
gimana caranya ngembaliin file yang hilang tersebut , maksih
tolong bantu secepatnya ya mas

Coba gunakan software seperti Active Recovery.

28. Vinka - Mei 17, 2010

Mas….
FtU d camdi sya hiLang smua…
gra” sya mao mnghapus stu ftu..
Malah k hapus smua folder..
klo pke software recover my files data recovery itu d jamin psti bsa ngmbliin smuanya gak?

29. Diaz - Juli 4, 2010

Tlg dbntu dong, memori camdig saya bermasalah. Sebelumnya saya sempet foto2 nah Pas saya mau liat2 foto tiba2 muncul tulisan dicamdinya kartu memori bermasalah, nah pas saya sambung ke kompi ternyata ga kebaca sama sekali ga muncul. Gimana ya buat nampilin supaya foto2nya balik lagi, karena sayang2 bgt itu foto2nya. Trims .

30. wiwik - September 8, 2010

ass, mas saya mo minta bantu, tolong krm kan ke email saya software tuk mengembalikan data2 yang hilang…. recuva jg ble…
fato2 saya tk sengaja trhaps dr card cem…
pleas…

31. Riza - Oktober 5, 2010

ASS.. Saya pernah foto (hp N.71),dan saya sudah hapus dari galery dan memory card.
Tapi kenapa foto itu bisa tampil lagi di galery,dan tdk bisa di hapus?
Bagai mana cara meng hapus foto dari memori card?

32. firdaus - Januari 10, 2011

mas maaf saya mau tanya klo CF yg dh ke timpah 4 kali trus ke format 4 kali bisa d tarik lagi ga data yng awal..klo ada softwearnya tolong kirim ke email saya mas saya sangat perlu sekali mas tolong email ke kemas.firdaus@yahoo.com thks

33. yurri - Maret 26, 2011

Mas sya sdh dpt aplikasi na itu,, tapi cmn demo version. Sya perlu registration key na…. Mas ada ? Ato tau gimana cara nyari na, sya butuh bgt. Ad foto yg kehapus oleh tmn sya…
Sya sdh ngubungin mas lwt email. Tp ga bza jg

34. abhie - Mei 18, 2011

Mas kasusnya, sama seperti saya, slot CF ada yang rusak, kemudian saya paksakan dan rusak…
Wal hasil, CF eror, CF tidak minta di format, melainkan eror, itu gimana solusinya…
wuuaaahh saya pucet banget nih!

35. tommy - September 20, 2011

makasih informasinya, kebetulan memory saya baru terformat, semoga aja data-datanya kembali.

Thanks

36. faridzi - April 22, 2012

Mas, saya punya foto lapangan dan memotret di hp samsung galaxi Young, dan waktu saya foto karena hasilnya agak buram, trus saya hapus..dan di camera digital nikon colpix p3..itu sekitar bulan desember januari, trus skarang saya btuh lage foto itu buat laporan, bagaimana ya mas cara mengembalikan..kog semua cara yang saya lakukan gak bisa balik, sudah pake recuva, Pc inspector smart. recovery my files, tolong mas balasanya…kalo bisa saya mhon nmer telpon mas, supaya bisa skaligus dhubungi…matursuwun sangets mas…mohon balasan..

37. faridzi - April 22, 2012

Mas, saya punya foto lapangan dan memotret di hp samsung galaxi Young, dan waktu saya foto karena hasilnya agak buram, trus saya hapus..dan di camera digital nikon colpix p3..itu sekitar bulan desember januari, trus skarang saya btuh lage foto itu buat laporan, bagaimana ya mas cara mengembalikan..kelihatannya itu semua udah tertumpuk mas, sama foto2 baru…kog semua cara yang saya lakukan gak bisa balik, sudah pake recuva, Pc inspector smart. recovery my files, tolong mas balasanya…kalo bisa saya mhon nmer telpon mas, supaya bisa skaligus dhubungi…matursuwun sangets mas…mohon balasan..

38. Pay Castle - September 7, 2012

permisi ,mau tanya saya punya kamdig typefujifilm SLR tapi memory card nya XD padahal kan udah g produksi lagi…memory nya
*gimana kalo slot memory itu diganti dengan slot microSD apa bisa??

39. syaukifuady - Maret 13, 2013

Bagaimana cara memunculkan kembali foto yang terhapus di kamera digital ? Biar ada lagi gimana ?

40. syaukifuady - Maret 13, 2013

Gimana cara foto yang terhapus di kamera di gital biar muncul lagi gimana ajarin dong saya pemula .

41. Rani (@raniHJM) - Juli 24, 2013

mas mau numpang tanya
saya buka memori SLR di komputer, awalnya keluar folder2 seperti biasa. trus mau di upload, malah berubah jadi ga ada formatnya dan kode2 aneh
apa masalahnya sama kayak yg anda alami? mohon bantuannya ya :)

42. dina - November 4, 2013

mau nanya mas,,apkh foto2 di hp/bb yg sdh dihapus trmsk di memorinya msh bs di munculkn lg?

43. febri - November 13, 2013

mas, saya mau nanya.untuk merestore file foto atau video yang pernah di hapus..di memori internal buka eksternal..dan untuk menghapus selamanya file di memori telp bagaimana mas. soalnya klo mau menjual hp takutnya disalah gunakan data2 yang tersimpan.. hp samsung galaxy..terima kasih..

44. Mouses - November 28, 2013

kk, kamera digital(pocket) saya samsung. Waktu saya cabut memorinya dan memasukkan ke komputer menggunakan card rider. Waktu memasukkan kembali ke kamera dan saya nyalakan, tulisannya ‘kartu memori bermasalah’.
bagaimana itu kk? Padahal itu kamera teman saya. Mohon dijawab.

ybandung - Desember 1, 2013

Seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu, mencabut memori dan memasukkannya ke Card Reader kemudian menyalakannya; ternyata kartu memori bermalasah dan tidak terbaca. Rupanya salah satu pin dari card reader ada yang patah. Sepertinya memang perlu berhati-hati ketika untuk mengkopi kartu memori dengan menggunakan divais card reader, karena alih-alih malah dapat membuat data menjadi hilang.

Mungkin dapat mencari semacam software yang dapat memperbaiki data yang rusak tersebut. Kalau pengalaman saya sudah saya tulis seperti di dalam artikel ini. Semoga segera tersolusikan.

45. aniie - Desember 19, 2013

minta aplikaisnya donk saya kehilagan fot di kamera

46. aniie - Desember 19, 2013

aplikasinya kok sulit di download yahhh

47. fiah - April 2, 2014

kalau kasus saya gini loh mas, kan ada banyak file foto di kamera tp kok yang terbaca hanya sebagian saja yah yang lain tdk bisa terbaca. mohon solusinya. makasih

48. yos sidarta - April 11, 2014

salam kenal pak Yoanes….setelah sekian tahun…sekarang saya mengalami hal yang sama, file foto di okion digirunner, tidak mau dibuka, ada keterangan : format. Mohon bantuan langkah apa saja yg harus saya lakukan. terimakasih.(yos, malang,jawa timur)


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

