jump to navigation

Mengetahui Penyebab Migrain Oktober 19, 2008

Posted by ybandung in Kebugaran dan Kesehatan.
trackback

Saya sebetulnya sedang ingin mengetahui apa saja penyebab migrain yang seringkali mendatangi. Saya kira migrain dapat dialami oleh siapa pun di segala usia. Gejala yang paling mudah dirasakan adalah rasa nyeri atau sakit kepala sebelah khususnya di sekitar dahi, pelipis, atau mata. Kadang-kadang leher terasa sangat berat.

Pengalaman saya, tanda-tanda migrain biasanya mulai terasa menjelang tengah siang dan akan terasa semakin nyeri menjelang petang hari sampai malam hari. Setelah melewati tidur malam, migrain akan hilang dengan sendirinya. Saya hampir tidak pernah meminum obat pereda sakit kepala, paling-paling saya oleskan minyak kapak atau axe oil di sekitar bagian kepala atau leher yang terasa sakit.

Bagaimana pun, migrain bisa mengganggu aktifitas bekerja dan dapat menurunkan produktivitas bekerja atau membuat emosi menjadi labil. Nah, saya kira sangat baik untuk mengetahui apa saja penyebab migrain yang seringkali menghampiri dan kemudian menjauhi penyebabnya.

Dalam perhatian saya, ada beberapa kebiasaan kurang baik yang membuat saya didatangi migrain.

1. Tidak Sarapan Pagi

Buat saya, ini sepertinya penyebab utama migrain yang seringkali mendatangi. Bahkan minum segelas susu atau makan roti di pagi hari pun belumlah cukup untuk mengusir datangnya migrain. Kebiasaan saya harus makan nasi meskipun sedikit.

2. Terlambat Makan Siang

Saya kurang tahu apakah tubuh saya ini tergolong manja ya. Bahkan terlambat makan siang saja, migrain bisa jadi mendatangi. Dalam kebiasaan saya, jam makan siang adalah antara jam 11.30–12.30. Repotnya kalau sedang mengikuti seminar atau rapat yang lewat jam tersebut, wah .. siap-siap dech menghadapi serangan migrain. Kuncinya makan harus teratur ya.

3. Kurang Tidur dan Istirahat

Saya perhatikan jika saya kurang tidur, aktifitas di hari berikutnya bisa jadi direcokin oleh migrain. Bahkan ketika harus segera menyelesaikan program doktoral, saya harus mengatur waktu sedemikian hingga saya tidak harus bergadang dan cukup istirahat.

4.  Kurang Olahraga

Rasanya baru menginjak usia kepala tiga tapi koq untuk berolahraga rasanya malas sekali ya. Beda sekali dengan beberapa tahun lalu, saya senang sekali berolahraga mulai jogging rutin dan maen bola volley. Bisa jadi ini salah satu kebiasaan yang membuat migrain acapkali mendatangi. Semoga saya mendapatkan kembali semangat untuk berolah raga. Koleksi raket bulutangkis, bola volley, tali skipping, dan perlengkapan renang rasanya sudah lama sekali tidak pernah disentuh.

5. Menyantap Makanan/Minuman Dingin

Wah, padahal yang namanya es krim, jus buah, atau minuman serba dingin lainnya sangat menggoda untuk disantap. Saya perhatikan setiap kali menyantap makanan dingin, bukannya nikmat yang didapatkan tapi bisa jadi migrain yang didapatkan. Mulai sekarang saya mengurangi bahkan sering menghindari minuman serba dingin.

6. Kelamaan Menatap Monitor Komputer

Saya kira kelamaan menatap monitor komputer bisa jadi menyebabkan munculnya migrain. Lebih dari 5 tahun terakhir ini dalam aktifitas pekerjaan sehari-hari, saya menggunakan monitor LCD dan laptop. Sehingga tidak hanya monitor CRT saja, barangkali monitor LCD dapat juga menyebabkan munculnya migrain.

7. Minum Teh (Kopi) Setiap Hari

Saya tidak tahu pasti apa ada hubungannya minum dua gelas teh manis setiap hari dapat memicu munculnya migrain. Siang dan sore saya rutin meminum teh tubruk manis. Kopi, hem .. sering tapi tidak setiap hari. Agh, saya harus memperhatikan kebiasaan ini apakah ada pengaruh migrain dengan kebiasaan minum teh atau kopi.

8. Menempuh Perjalanan Panjang

Saya perhatikan beberapa kali tugas luar kota koq membuat saya didatangi migrain ya. Apakah karena perjalanan panjang yang harus saya tempuh ataukah karena beberapa penyebab yang saya tulis sebelumnya. Perjalanan antar pulau juga sering kali membuat migrain. Kalau ini rasanya tidak akan kapok dech, karena saya suka sekali bepergian.

About these ads

Komentar»

1. harjo - Oktober 20, 2008

Satu lagi mas nambahin, sy suka migrain, kalau AC di belakang saya menghadap nya pas ke belakang kepala saya …

2. ybandung - Oktober 20, 2008

Betul Mas Hari,

Jadi ingat, saya juga tidak tahan dengan ruangan yang sangat ber-AC. Lebih cocok dengan Angin Cendela .. he he ..

3. mulyanto - Oktober 21, 2008

Wah saya punya yang no 1,2,3,4,6 dan 7. AC juga tidak suka :D .

4. nun1k04a - Oktober 21, 2008

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

http://penyakit.infogue.com/mengetahui_penyebab_migrain

5. ybandung - Oktober 21, 2008

Halo Mas Mul .. ternyata saya ada teman, hehe ..

6. gajahkurus - Oktober 21, 2008

Kecuali no 7, lainnya sama ditambah AC seringkali menyebabkan saya sakit kepala. Anehnya dengan minum kopi atau teh manis hangat, rasa sakit di kepala sedikit berkurang bahkan sembuh :-)

7. retie - Oktober 22, 2008

Bener banget,kang….

Migrain ga mengenal usia.
Saya menderita penyakit ini sejak 10 th yg lalu.
Sampai – sampai saya tuch langganan minum obat. Tapi sudah hampir 1 th ini saya berhasil keluar dari ketergantungan obat ini karena terakhr saya baru tau obat ini penyebab berat badan saya naik….. :(

Eh tapi kang,migrain ga bisa dianggap enteng lho. Guru saya wkt sma selama 25 th menderita migran hanya diobati obat sakit kepala aja eh… Beberapa bulan yang lalu tiba2 aja koma & harus operasi ternyata ada tumor dikepalanya…. :(

8. freedownloadku - Oktober 31, 2008

Saya juga migrain khususnya jika mengendarai motor dengan jarak jauh..apakah anda begitu juga…

Persis Mas, saya juga mengalami migrain begitu menempuh perjalanan sepeda motor jarak jauh. Waktu itu saya mengendarai sepeda motor dari Bandung ke Pangandaran sejauh 200 km, dari jam 9 pagi dan baru sampai lokasi jam 5 sore. Langsung migrain .. hehe.

9. B 4 NK - November 10, 2008

Saya sudah +- 17tahun menderita penyakit ini.Sudah selama itupun,Saya tidak tahu pasti apa penyebab utama kambuhnya migrain ini.Dalam setahun penyakit ini datang selama 1bulan,kadang pagi,kadang siang,kadang tengah malam.
Memang,terkadang migrain datang sesuai dengan tulisan di atas.Tetapi setelah melewati masa kambuh 1 bulan yang saya sebutkan tadi,walaupun saya ga sarapan,atau ga olahraga tiap haripun,Alhamdulillah migrainpun ga datang lagi.migrain akan kembali datang di bulan yang sama,tahun berikutnya,bisa maju 6 bulan atau mundur 3 bulan.
Ya mudah-mudahan aja saya bisa ketemu obat atau cara yang cocok supaya migrain itu tidak datang lagi ke saya.

Saya turut prihatin dengan migrain yang kerap menghampiri selama belasan tahun. Semoga segera ketemu penyebabnya ya Mas, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat. Terima kasih dan salam, Bandung.

10. randu ceajna - Desember 9, 2008

kopi teh emg bs jd obat alternatif migrain…tp jk lebih dr scangkir mlh jd gk smbuh, intinya jgn banyak2…n jgn sering2…

Betul .. intinya secukupnya saja ya hehe

11. titoes - Februari 18, 2009

Salam,
Saya terkesan dengan tulisan anda.
Saya punya pengalaman migrain juga.
Saya menemukan cara sederhana dan nyaman untuk menanggulanginya (migrain saya).
dan saya sekarang berusaha untuk membantu orang yang migrain juga.

Terima kasih Pak

12. titoes - Februari 18, 2009

sori, tambahan dikit.
menurut pengalaman saya, migrain bisa ditanggulangi tanpa obat, yaitu dengan cara memperbaiki struktur pembuluh darah syaraf dan oto di sekitar bahu ke arah punggung khususnya belikat, serta di daerah kepala dan sekitar mata.

Terima kasih Pak.

13. Konsultan Asuransi - Mei 14, 2009

kalo aku biasanya sih istirahata dan tiduran aja

14. nisa - Juni 9, 2009

aku juga sering kena migrain tp kebanyakan sebulan sekali bila beberapa hari sebelum datang bulan. selebihnya bila aku berpikir terlalu serius migrain datang deh.

Semoga semakin berkurang dech Mba. Meskipun hanya migrain, buat saya seringkali mengganggu aktifitas harian.
Terima kasih dan salam.

15. Donny - Juni 10, 2009

Migrain datang pas waktu kerja lembur, kurang tidur, kurang olahraga, banyak pikiran. Saya rasa sama mas…ni skrg lagi kena migrain….”-_-…fiuh…benar2 mengganggu…..

Persis Mas Donny .. kalau demikian, kita harus membiasakan hidup lebih teratur kali ya. Khususnya pola makan, istirahat, dan olahraga. Ini yang sulit hehe .. saya sendiri olahraga hanya sekali seminggu pun, itu pun maen bola futsal.

Semoga semakin berkurang kasus migrainnya Mas. Trimakasih untuk sharingnya. Salam.

16. dacas23 - Juli 13, 2009

Sy jg penderita migrain, kemudian sy cb konsumsi obat cofergot alhamdulillah sembuh mas, dan bertahun lg bru kambuh. sy jg dpt info klo konsumsi jenis pisang2 tertentu jg bs mengakibatkan kambuh migrain.

Terima kasih sharingnya Mas, semoga migrain tidak mengganggu-ganggu kita semua lagi.

d1ve2blu3 - Juli 30, 2009

yang benar? padahal saya suka sekali makan pisang …

Sama dech Mas, saya juga.

17. haz said - Juli 21, 2009

beneran sama gejala yang sy alami setiap mw migarin…tolong dikasi info kl ada obat alami untuk Migrain krn selama ini pake Bodrex Migra saja. Thankz.

Saya sendiri belum menemukan jenis obat alami apa yang cocok untuk migrain.

18. fara - Agustus 25, 2009

saya juga sering migrain pdhal masih umur 17 thn (ga ngaruh ya?). Ternyata dari ke 8 penyebab migrain, semuanya sering saya lakukan kecuali no 5 & 7. Terjwb deh penyebab migrain ini :p

Semoga tidak kena migrain lagi ya ..

19. Sely - Agustus 28, 2009

migraine seperti penyakit kutukan buatku, siksa, dan menyebalkan, kalau aku di suruh memilih lebih baik sakit gigi daripada sakit migraine. memakan waktu berhari – hari baru badan pulih sembuh kembali.

Semoga bebas dari migrain ya Mba.

wahyu - Desember 8, 2011

klw merokok berhentilah….selalu gunakan air hangat untk mandi atau cuci muka…
banyak olah raga dan minum wedang jahe…

20. wenny - September 29, 2009

saya juga sering migrain..
kalo lagi kambuh suka ga bs nahannya, kayak mau pecah kpalanya (haha lebay..)
tapi bener, penyakit yg paling saya takutin tuh kalo udah kambuh migrain..
tapi cobain deh minum poldan mig, saya sk minum itu kalo udah bener” ga bisa ketahan lagi, sapa tau yg lain juga bs sembuh pake itu..
kalo ga mau minum obat, coba iket kpalanya pake kain yg kenceng, itu sebagai penahan sakit aja, kpala jadi ringan kalo udah diiket trus tidur, bangunnya kpala enakan..
slamat mencoba hehe..

Terima kasih sharingnya.

21. jaufirrahman - September 30, 2009

wah………..kita sama dong pak……………
semua yang bapak sebutin dari no 1 dan seterusnya termasuk AC jg bisamemicu migrain saya, trus kira-kira ada solusi ga pak soalnya kalo minum obat terus kayaknya kurang bagus……?

Terima kasih Pak untuk sharingnya,

Saya sendiri kalau didatangi migrain, saya buat istirahat saja dan sebisa mungkin tidak minum obat. Kalau saya cocok dengan mengusapkan minyak kapak (axe oil) ke bagian tengkuk/leher bagian belakang. Kalau tidak tertahankan, baru saya minum panadol merah. Ada yang menyarankan juga minum mefinal 500mg, tapi saya belum pernah mencobanya.

Mungkin upaya-upaya untuk menghindarinya adalah makan teratur, istirahat cukup, dan berolahraga. Nasehat turun temurun tapi susah untuk dilaksanakan hehe .. Saya mencoba untuk hidup seimbang antara pekerjaan dan non-pekerjaan, menjauhi workaholic, dan menikmati hidup supaya tidak stress.

Semoga kita semua tidak gampang migrain lagi ya Pak. Salam saya.

22. sacredlyari - Oktober 9, 2009

Saya biasanya migren kalo disiang hari yg sangat panas dan tidur siang sampe sore… Kepala rasanya mau pecah. Kalo dibawa tidur semakin parah. Dan ini terjadi sebulan sekali… Seringnya minum obat migren kalo dah terpaksa bgt…

Semoga migren tidak mendatangi lagi.

Saya pernah membaca artikel yang menulis tentang migren kronis, yaitu migren yang terjadi selama paling tidak 15 hari dalam kurun waktu satu bulan. Semoga kita tidak mendapatkan cobaan migren tipe migren kronis ini.

23. bagus - November 8, 2009

MIgrain…..OOOOOOOhhhhhh tidak..!!waktu kerja, kena migrain ampun dech…..suer jujur tapi aku juga sukur berarti kita oprang juga manusia biasa yang ghak ada kelebihan. ternyata kena migrain aja udah …ampunnn….

24. onne - Januari 17, 2010

sama euy… trus sharing atuh cara buang tuh migrain, n gara – gara migrain ane di ko dari job terakhir katanya biar bisa istirahat karena sering ga masuk n pulang cepat. tapi dah 3 taun terakhir ne migrain datangnya awal pancaroba aja. please give me answer and solution thanks.

25. upik - Januari 21, 2010

makasi infonya…….kl ada mohon bantuan info obat tradisonal ga buat migrain….???soalnya aq alergi obat…..tersiksa bgt kl da kambuh migrainnya……

26. sby - Februari 25, 2010

wah senasib nih, migrain juga lumayan sering saya rasakan. Apalagi kalo cuacanya panas dan aktivitasnya banyak menguras tenaga dan pikiran.Bisa dipastikan sore sampai keesokan harinya kena migrain.Kebetulan saya juga termasuk orang yang berusaha untuk tidak minum obat kalau lagi kambuh so..selama 2thn kena migrain,baru satu kali saya minum obat saking g kuatnya dan harus sgr masuk kerja. Jujur kalau saya sih menganalisisnya penyebab utama migrain saya adalah stres (byk pikiran,deadline kerjaan,masalah pribadi yang dtg bersamaan dengan mslh kerja &stres yang datang kala target yang diharapkan tdk terpenuhi). Jd menurut pengalaman pribadi akhirnya saya introspeksi diri dan berusaha mengikhlaskan apapun mslh yang tdk bisa saya selesaikan.Saya serahkan pada Sang Pemberi Masalah untuk menyelesaikan lewat “pintu” yang lain.Setelah itu saya beristirahat dan biasanya keesokan harinya migrain sudah berkurang tapi saya tetap beraktivitas dengan catatan hati harus enjoy dan lepas.Oya kebetulan jg saya kdg berusaha memijat bagian kepala yg kena migrain tp g berkurang,mgkn salah pijat kali ya…Selamat mencoba and semoga bermanfaat.

Dear Sby, terima kasih banyak advice-nya. Patut untuk direnungkan. Salam hangat ..

27. ipunk - Maret 26, 2010

ni aku dah seminggu lebih sakit kepala sebelah kanan mulai dari kepala atas tengah rasanya berat kayak ada yang ngganjel trus kebagian belakang kepala, kadang pindah kesebelah kiri kadang pusing semua, tapi setelah minum obat selama seminggu ini kepala tengah atas kanan masih berat apa ini termasuk migren ya ? sebelumnya kalo sakit kepala dikasih obat langsung sembuh , ini kok blm sembuh2. waktu pertama kedokter ni dari hipertensinya 150, kasih obat turun tensi blm sembuh , kasih vitalgin ama captopril, reda sebentar sekarang masih pusing lagi, pertamanya sih karena kerjaan banyak di deadline, trus ada masalah lain yang bikin stress.kecapean, tadi barusan priksa ke dokter mata kali aja kacamatanya dah ndak pas, tapi kata dokter mata ndak apa2. pikiran aku buat santai aja, pengen apa ya ikuti aja biar nyaman, besok rencana mo pijat atfg pak gondo, tu buat lancar peredaran darah, moga bisa sembuh amin.

Amin, semoga segera sembuh Mas. Mudah-mudahan segera ketemu penyebabnya apa dan dapat dilakukan tindakan yang tepat.
Apakah mungkin terkena virus mas?

28. lilis - April 22, 2010

Baru tahu seminggu yg lalu kalo yg ak derita ternyata migrain, kirain pusg biasa aja. Udah ak derita 1 tahunan ini tp jarang bgt sich, kecuali kalo pas kurg tdr, kena AC, panas terik, n lg byk di dpn komputer. Ama dokter ak dikasih obat “Unalium-5″ dgn kandungan Flunarizine 5 mg. 2x sehari pas sakit aja. Alhamdulilah, biasanya baru minum 3 tablet aja udah sembuh. Semoga gak kumat2 lagi…

29. budi - April 30, 2010

sy jg sering sekali kena migran, paling nggak dlm sebulan pasti kena, bisa berturut-turut beberapa hari. klo msh taraf ringan biasanya sy coba kompres pake es, terkadang bisa sembuh. tp klo udah parah sy minum obat (poldanmig).

wahyu - Juli 9, 2010

saya pernah berobat ke dokter,katanya saya kurang kalsium,lantas saya rutin minum CDR…tapi masih ada….satu-satunya supaya sebuh total biasakan keluar keringat tiap hari/olah raga….tapi saya malas banget….

Terima kasih atas sharingnya Mas. Wah .. hal yang sama pada saya hehe.

30. ida dedabes - Mei 20, 2010

sama aku 2 hari sekali sering Migrn..n gtw kenapa..mungkin salah satunya stress dan kurang tidur . Kalau dah sakit dari siang ampe malam..n malam nya baru minum obat karena udah g kuat..

31. iwang - Mei 21, 2010

Saya jg penderita migrain sejak masih sma. Atas saran dktr saya disuruh CT Scan, hasilnya menunjukan ada penyakit sinusitis disaran utk operasi.Tp saya masih mempertingkan cara lain, mohon saran teman2 yg punya pengalaman.wasalam

32. wahyu - Juli 9, 2010

saya kalau kdinginan yang sangat langsung migrain,terutama pada bagian kepala(kena air dingin)dan makan yang gurih2 juga bisa langsung migrain,solusinya saya slalu pake topi dan selalu bawa neuralgin…..dan ga pernah minum es….oh lupa saya selau bawa minyak angin…

33. heni - Juli 20, 2010

sy jg srg migrain ,tiba2 datang tiba2 pergi tnp minum obat. selain penyebab migrain spt diatas, slh 1 ny bisa tanda2 terkena virus toksoplasma.

34. shelly - Juli 29, 2010

uhhhh ,,,
semua yang dijelasin bener bgt ,,,
saya sering bgt migrain ,,
sampe” mau berdiri pun rasanya ga kuat
kenapa ya ??

35. Zoeull - Agustus 15, 2010

Apa??? Mingrain?? Ndengar yg namanya Migran udah kumat apalagi mbacanya. Abang mu ini sejak kelas 2 SMP dah kena migran, bayangkan kalau umur abang mu ini sekarang sudah 40 tahun. Ni aja masih ada sisa nyut nyut nya, biasa…. karena lapar (puasa) so pasti badan abang mu ini seperti bau nenek-nenek (bau balseeem). gak penting dengan bau, asalkan nyut-nyut dan drut.. drut.. di kepala hilang.

Waduh turut prihatin Bang dengan migrain yang kerap menghampiri bahkan sudah berjalan bertahun-tahun. Semoga segera pulih lih ya Bang. Sama dech, kalau sudah migrain pasti minyak kapak langsung dikeluarkan hehe ..

Terima kasih Bang atas kunjungannya dan juga atas sharingnya.

36. cece - November 1, 2010

kaLo migran knapa mata sakit ya ????

37. fitri - Maret 21, 2011

Assalaamualaikum.
Dulu saya ga pernah migrain, tapi setelah keguguran dan di kuret, setiap mau haid saya selalu migrain, berarti tiap bulan saya migrain, berbahaya ga ya..??saya takut soalnya dikepala ada otak dan jaringan saraf lainnya, bisa sembuh ga sih..??

aisyah - April 8, 2011

ko sama ya? aku jg mengalami yg sama, setelah dikuret aku mngalami pusing pd kepala bagian kanan/migrain, dipake nunduk bertambah pusingnya, mgkn krn efek menurunnya kadar hormon estrogen yg berlebihan. oiya aku sejak dikuret siklus haid terartur tetapi volumenya bertambah banyak sekali. migrain baru aku alami pd siklus haid ke3. sebaiknya konsultasikan ktika k obgyn.

aisyah - April 8, 2011
38. deda - Mei 8, 2011

migrain yang pernah saya dengar dari seorang ahli bekam adalah aliran darah di daerah kepala yang tidak lancar yaitu pada bagian kepala yang sakit, misal : kita rasakan sakit kepala sebelah kanan, berarti disitulah darah banyak menumpuk dan tidak teralirkan kebagian yang lainnya, artinya kepala yang tidak sakit yaitu sebelah kiri yang malah kekurangan suplai darah, dan ini justeru yang lama-lama akan terkena damage karena tidak tersuplai darah dan mengakibatkan bahaya bagi anggota tubuh sebelah kanan, karena memang antara otak dan tubuh itu berbanding terbalik, salah satu soluisinya adalah dengan cara melakukan bekam atau pengeluaran darah pada bagian kepala seperti pelipis, leher, pundak secara rutin 2 minggu sampai satu bulan sekali sebagai perawatan dan pencegahan, saya juga melakukan, dan cukup membantu, terkadang kalau belum sempat melakukan bekan saya suka meminum air teh hangat, agak manis dicampur dengan air perasan bawang putih, usia saya sekarang menjelang 32 tahun dan saya sudah mersakan migrain seingat saya dari sejak SMU, berarti sekitar 15 tahun, dan baru mengenal pengobatan bekam ini sejak sekitar 2 tahun yang lalu. semoga bermanfaat.

39. deda - Mei 8, 2011

satu lagi, sekarang saya sering merasakan, akibat kerja yang begitu keras, saya terkadang ketika migrain atau pun tidak sedikit merasakan gejala kelumpuhan pada kaki dan tangan sebelah kanan, seperti disoriented atau tangan tersebut dan kaki agak kurang menurut ketika saya gerakan, bhkan saya sedang mengetik ini sekarangpun saya sedang muter- muter kepala, karena terlambat bekam, saya bekerja sebagai guru di kota tasikmalaya di SMPIT dari hari Sabtu sampai hari Rabu, da mengajar di SD di Bandung dari jam 9.30 – 15.00 pada hari Kamis dan Jum’at, pada Jum’at malam saya harus sudh berangkat lagi ke Tasik untuk bekerja mengajar lagi keesokan harinya di SMP, sampai jam 12.00 dan mengajar eskul setelah Ashar, dan rapat sekolah yang harus dilakukan hari setiap hari di kantor ba’da dzuhur, yang semua itu menyebabkan tingkat stress saya tinggi, makanya tahun ini saya berniat menghentikan semua kegiatan itu dan kembali pulang ke Kota Bandung saja, karena memang saya berasal dari Bandung, saya bahkan suka merasakan seperti ada aliran listerik pada tangan dan kaki tadi lalu jemari dan sebagian kaki jadi kaku, tapi saya paksakan berjalan untuk lancarkan kembali, denga senam, atau ikut kursus beladiri, agar kanan dan kiri sama-sama terlatih, maaf sekian dulu jemari kanan saya sudah mulai kaku lagi rasanya agak sakit. terima kasih !

40. Neeta - Mei 20, 2011

iya betul banged..kadang setelah minum/makan yg dingin2..saya malah migrain..yg lebih menyiksa terkadang sakitnya itu ada d daerah mata..bener2 mengganggu kerjaan saya…
telat makan juga berpengaruh bgd..apalagi sampe kurang tidur..waaahh udah pasti migrain datang hihihihi :D

41. anna - September 12, 2011

ternyata bukan aq aja yang kena migrain. Trimaksih sharenya. Saat ini aq kena migrain, gara2nya kmrn aq ngemut vitacimin. Ternyata migrain juga disebabkan karena asam. Sudah aq hindari makan mangga n tomat, juga coklat yg katanya jg penyeab migrain serta makan teratur, gak taunya juga gara2 vitacimin migrainku kumat. Pusing bgt ni sebelah kanan, ditambah lagi muntah2. Ni aja migrainku td kumat sekitar jam 3 sore, skrang dah jam 7 malam udah 3 kali muntah2. Temen2 diatas kok gak ada yang muntah2 yah? Kalo aq tiap kali migrain pasti muntah. Tp aq gak pernah minum obat. Cuma tak bawa tidur nyenyak aja, besok pasti sembuh and bisa beraktifitas seperti semula. Moga kita semua diberi kesehatan dan cepat disembuhkan dr migrain ni. Amin

42. yubi - Oktober 8, 2011

Migrain: Stress, karena kufur nikmat kurangg berserah diri jadi beribadahlah secara khusuk dan selalu berpikir berprasangka yg baik, banyak bersyukur, alhamdulillah temanku2 yg telah menjalankan itu migrain hilang dan bonusnya hati jadi tentram tapi jgj lupa juga olahraganya harus lari krn ada hentakan kaki melancarkan darah dari bawah ke atas, smoga lekas sembuh ya.

43. indrawati - Oktober 29, 2011

sy jg langganan migrain yg biasax trjadfi jika :
1. tdk sarapan.
2. berada d ruang yg ACnya kadang mati trus hidup lagi bkali2.
3. menempuh prjalanan jauh dn tdk segera mndapat asupan udara segar setelahnya.
arghh… pokokx ribet… mesti bwa obat migrain kmna2…

Mendampingin bepergian, saya selalu menyediakan obat anti mual dan masuk angin plus balsem gosok hehe..

44. wahyu - Desember 8, 2011

sy penderita migrain akut,sy berhenti merokok,selalu menggunakan air hangat,wudhu atau mandi…..

45. yuni - Desember 15, 2011

ternyata banyak temen senasib ya di sini …
mungkin saya penderita paling lama ya…26 tahun….wah…wah…
waktu SMA migrain selalu datang sminggu skali…
gejala awal mata gak fokus, mual dan akhirnya muntah.
kalo udah muntah lega rasanya

udah lama nggak kambuh….e…kmarin datang lagi….
aku minum kopi tiap hari, tapi kopi gak begitu pengaruh pada migrainku, karena waktu bertahun2 gak kambuh itu aku udah jadi pengkopi, mungkin stiap orang pemicunya beda2.
kalo saya persis seperti tulisan mas yo di atas, makan yg tak teratur dan kandungan gizinya yg kurang memenuhi.

Tips saya adalah:
– mari kita kenali pemicu migrain kita masing2 lalu kita jauhi pemicunya mudah2an gak kambuh2 lg
– kalo terpaksa masih dihampiri migrain, hindari melihat sesuatu yg bercahaya, layar hp, monitor, lampu dll. pejamkan mata dan pijat
ibu jari kaki (bagian refleksi kepala)
– makan teratur dan bergizi

Semoga bermanfaat…

Terima kasih sharingnya. Betul, perlu mulai mengenai pemicunya masing-masing.

46. xamthone plus - Maret 28, 2012

nice post gan..
salam kenal aja ya

47. dani - April 23, 2012

mas, ikut nimbrung juga cos saya juga penderita migrain….pengobatan terakhir yang saya lakukan adalah kedokter gigi untuk cabut gigi…karena gigi graham saya yang terakhir pernah tumbuh dengan tidak semestinya alias miring yang berakibat mendorong gigi didepannya..kemungkinan membuat syarat digusi menjadi tegang….bahkan terakhir saya berobat kedokter gigi migrain saya disebabkan karena gusi yang infeksi…habis dicabut bahkan sampai 3-5 hari migrain masih datang tapi ngak begitu parah masih bisa ditahan tanpa obat-obatan hanya perlu pijat-pijat sedikit…mungkin migrain juga berhubungan dengan kebersihan mulut karena yang saya tahu bahwa syaraf banyak terdapat digusi yang mempengaruhi dibagian leher belakang, belakang telinga, mata, dan sekitar dahi….coba cek masing-masing gigi anda sendiri apakah graham anda benar-benar tumbuh dengan semestinya…atauu tidak…ini pengalaman pribadi juga… sekian semoga bisa bermanfaat.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 97 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: