jump to navigation

Mengurus Pajak Kendaraan Bermotor di Bandung Oktober 23, 2008

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Hari ini saya mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau pembayaran pajak sepeda motor tahunan di Kantor Samsat Bandung Barat, di Jalan Pajajaran – Istana Plaza ke arah Bandara Husein di sebelah kanan jalan atau dekat Jalan Pandu. Tahun ini masuk tahun kedua mengingat sepeda motor dibeli pada bulan Oktober 2007 lalu.

Seperti kebiasaan saya memperpanjang STNK di Samsat Kabupaten Sleman, terlebih dahulu saya memfotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), STNK, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang ternyata tidak diperlukan. Begitu masuk halaman kantor Samsat, tukang parkir menawarkan bantuannya yang bisa sejam saja katanya. Saya tolak. Mendekati pintu masuk loket, bapak-bapak yang duduk di emperan (calo, red) juga menawarkan bantuannya. Saya hiraukan.

Prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit adalah sebagai berikut:

  1. Mengambil formulir pendaftaran di loket pengambilan formulir di luar ruangan, dengan menunjukkan STNK dan KTP asli. Formulir tidak perlu diisi.
  2. Formulir berikut STNK dan KTP diserahkan ke loket pendaftaran di dalam ruangan. Kita akan menerima tanda terima pengesahan dan kemudian menunggu panggilan di Loket 2.
  3. Di Loket 2 saya membayar pajak sejumlah Rp 163.500,- sudah termasuk sumbangan PMI sebesar Rp 1.000,-
  4. Tanda terima pengesahan akan dicap Lunas dan menunggu panggilan di Loket Penyerahan STNK.
  5. Menerima STNK yang telah diperbaharui berikut dengan KTP.
  6. Selesai.

Ternyata mudah sekali mengurus perpanjangan STNK. Jadi kenapa mesti menggunakan jasa calo; apalagi terpampang spanduk besar di Kantor Samsat untuk menghindari pengurusan surat-surat kendaraan bermotor melalui calo.

Update 6 Januari 2010:

Hari ini, saya kembali mengurus perpanjangan STNK. Sudah terlambat 3 bulan hihi .. lupa, karena seharusnya saya urus sebelum tanggal 27 Oktober 2009.

Proses pengurusan masih sama persis di tempat yang sama, hanya bedanya membayar lebih untuk denda yaitu sanksi administrasi PKB sebesar Rp 32.300 dan sanksi administrasi SWDKLLJ Rp 32.000, sehingga saya membayar pokok Rp 164.000 plus denda Rp 64.300.

Update 25 Oktober 2010:

Kali ini pembayaran pajak kendaraan tahunan saya lakukan di BTC Pasteur. Super cepat .. hanya 10 menitan sudah menerima berkas STNK yang baru. Keren.

Update 28 Oktober 2011:

Hari ini sudah H+1 dari waktunya membayar pajak kendaraan tahunan. Seperti tahun sebelumnya saya meluncur ke Outlet Samsat di BTC Pasteur. Mudah sekali prosesnya, ambil no antrian kemudian menunggu dipanggil bagian pendaftaran sambil menyiapkan STNK asli dan KTP asli. Setelah dipanggil dan menyerahkan berkas, kembali menunggu panggilan untuk pembayaran sekaligus mendapatkan STNK yang telah diperbaharui dan KTP kembali. Dua puluh menit proses selesai.

About these ads

Komentar»

1. mulyanto - Oktober 23, 2008

wah platnya sudah D yah? ganti motor?

2. ybandung - Oktober 24, 2008

Sepeda motor istri Mas Mul … hehe.

3. novan - Desember 1, 2008

wah, makasi mas Dung. berarti cuman bawa stnk sama ktp asli y..
sip lah, bakalan ngurus sendiri jg.
dikit lagi jatuh tempo, hehe.

Betul Mas .. kecuali kalau memperpanjang STNK setiap 5 tahun, syaratnya perlu BPKB juga. Jangan terlambat ya, mending diproses satu bulan sebelum jatuh tempo biar tidak kena denda. Terima kasih.

4. novan - Desember 3, 2008

barusan saya bayar pajak di Samsat Bandung Tengah (depan itenas) mas Dung.
Ternyata proses ny lumayan cepat, cuman 40 menit an.
Persyaratan yg diperlukan selain stnk n ktp asli, ternyata jg butuh fotokopi ny.
lega lah akhr ny udah bayar pajak, :)

Wah selamat Van, ternyata syaratnya pakai fotokopi juga ya. Waktu saya di Samsat Pajajaran tidak perlu fotokopi. Sip .. sudah tenang dong ya.

5. hendrik - Februari 24, 2009

mas apa betul mulai bulan februari 2009 perpanjangan stnk dipersulit,kalo ga ada ktp harus di bbn.

Bukankah syarat perpanjangan stnk memang harus menyertakan ktp asli sang pemilik Mas, selain stnk asli tsb?

6. Tupang - Maret 12, 2010

Saya mau bayar pajak kendaraan luar kota Bandung. Pertanyaan saya : Apakah ada tempat pembayaran pajak STNK kendaraan yang sudah on line di Bandung?
Contoh saya mau bayar pajak STNK kendaraan Surabaya leter L.

7. Muchlis - Maret 31, 2010

Kalau terlambat 3 hari berapa dendanya?

8. suryana jaya - September 22, 2010

Saya mau bayar pajak kendaraan roda empat Leter D, dengan alamat, pemilik jln, jamika lama, bandung barat.
yang jadi masalah saya tidak punya KTP Pemilik alamat dimaksud, sedangkan untuk ganti Plate bau tahun 2011. saya tidak bermasud BBN dulu tahun ini. mohon infonya gan.. makasih..

Sepengetahuan saya, untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor perlu menunjukkan stnk dan ktp sesuai bpkb. Terima kasih.

9. budhi - Oktober 9, 2010

wah hatur nuhun alias terima kasih..jadi hanya butuh ktp sama stnk asli saja yah..motor saya udah mau abis pajaknya sedangkan bpkb masih di leasing…thanks..

10. Nina - November 12, 2010

Terima kasih..infonya sangat bermanfaat…^^

hari ini untuk pertama kalinya saya harus membayar pajak motor di SAMSAT Bandung Barat..^^

Salam kenal dok..

11. Bani - Februari 3, 2011

Pak..saya sudah telat 3 bulan..apa denda pajak skrg msh sama dgn tahun lalu? Thx

12. adang komarudin - Juni 10, 2011

pak saya telat 3 th.. dan sekarang habis STNK , trus cara pembayarannya gimana dan syaratnya apa aja..? Trim’s

13. Andri - Juli 18, 2011

Pak gimana kalau mau byar pajak,tpi nggak ada ktp asli pemilik?apa bisa pakai photo copy/nembak..

14. agus - November 11, 2011

Kalo ganti plat mobil di esek-esek no.ka no.sin di samsat sekalian ndak ya,soalnya mobil posisi di luar kota bandung,mohon infonya.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 97 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: