jump to navigation

Di Sumba Timur: Bertemu Perangkat Pemda Kab. Sumba Timur Mei 11, 2009

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
trackback

Selasa pagi itu, Mitsubishi Strada yang dikemudikan Madoke Julius telah datang menjemput kami. Pak Amsal ada juga bersamanya. Karena agenda pertemuan dengan jajaran pemda jam 10 pagi, kami pun langsung menuju Kantor Pemda. Tidak sampai 10 menit kami telah tiba.

DSC_4383

:: Pemandangan di depan Kantor Pemda Kabupaten Sumba Timur ::

DSC_4390

:: Kantor Pemda Kabupaten Sumba Timur ::

Di dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai kondisi Desa Mbatapuhu, yaitu salah satu desa yang diprogram oleh WVI. Desa tersebut merupakan desa dengan kondisi alam yang cukup berat dibandingkan dengan desa-desa lain di Kab. Sumba Timur. Wilayah seluas 212,4 km2 itu hanya berpenduduk 981 orang atau 5 orang per km2. “Kita memerlukan waktu satu hari untuk dapat bertemu dengan lima orang”, kata Kepala Bappeda, Pak Kris, yang adalah alumni ITB.

Lebih lanjut, Pak Kris menjelaskan bahwa sawah yang bisa ditanami hanya seluas 1 ha. Jenis tanaman yang dapat ditanam adalah jagung dan sorgum. Itu pun hanya dilakukan selama 3 bulan musim penghujan. Selama 9 bulan musim kemarau, warga masyarakat mengandalkan simpanan makanan yaitu jagung.

Ada satu sekolah swasta yang berjarak sekitar 4 km dari pemukiman. Ada delapan mata air dan satu sungai. Lokasi sumber air juga jauh dari pemukiman, sehingga warga harus bersusah payah untuk mengambil air bersih. Di Sumba Timur, kaum ibu dan anak-anak perempuanlah yang bertugas mengambil air.

Dari PDE, Pak Doni menjelaskan adanya bantuan Mobil Internet yang salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan Internet kepada siswa-siswa sekolah baik di kota maupun di pinggiran kota. Mobil Internet tersebut dilengkapi dengan mobile community access point, 8 unit komputer, telepon dan wartel, faksimile, dan perangkat multimedia. PDE juga mengelola akses Internet melalui teknologi VSAT IP, dan memasang access point di Kantor Bupati, Dinas Perhubungan, Museum, dan Rumah Jabatan.

IMG_0884

IMG_0883

:: Suasana pertemuan antara tim WVI dan jajaran Pemda Sumba Timur ::

Bupati Sumba Timur, Bapak  Gideon Mbiliyora, menyambut baik rencana program yang akan dijalankan oleh WVI. Pemilihan lokasi atau tempat dinilai sudah sangat tepat. Pak Bupati berharap semoga teknologi dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat pedesaan. “Tentu Pemda tidak akan menjadi penonton saja, tapi juga akan membantu sesuai dengan proporsi dan kemampuan yang dimiliki oleh Pemda”, tutup Pak Bupati.

IMG_0887

:: Pak Amsal berdialog dengan Pak Gideon ::

Pertemuan ini berakhir pada pukul 12 siang.

About these ads

Komentar»

1. benny sg - Desember 30, 2009

tolong tulis yang benar nama pak bupati sumtim
Gidion Mbiliyora

2. hasky - Desember 2, 2010

Namanya Bapak Bupati GIDION MBILIJORA


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: