jump to navigation

Mengurus Akta Kelahiran Putri Juli 8, 2010

Posted by ybandung in Serba-Serbi Pribadi dan Kegiatan.
trackback

Berdasarkan pengalaman mengurus akta kelahiran Erin tahun 2008, tadi pagi saya mengurus akta kelahiran anak kami ke-2, Putri, di Kantor Dinas Kependudukan Kota Bandung yang beralamat di Jalan Ambon 1B Bandung, nomor telepon (022) 4209891. Saya datang ke loket pendaftaran dan melapor akan membuat akta kelahiran anak, petugas meminta syarat-syarat yaitu Surat Keterangan Lahir dari rumah sakit yang asli, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua orang tua, fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan fotokopi Surat Nikah (Catatan Sipil) kedua orang tua. Setelah menyerahkan syarat-syarat tersebut, saya diberi formulir isian Akta Kelahiran, formulir kesaksian, dan formulir surat kuasa, yang dilampiri dengan syarat-syarat yang telah saya berikan.

Saya kemudian mengisi formulir isian Akta Kelahiran dan mengosongkan formulir kesaksian dan formulir surat kuasa (kebetulan saya melapor langsung sebagai ayah/orang tua sehingga tidak perlu surat kuasa). Saya menyerahkan berkas-berkas yang telah dimasukkan ke dalam map ke Loket II. Setelah dipanggil, petugas loket menyampaikan kalau diperlukan syarat tambahan yaitu Surat/Triplikat Kelahiran dari Kelurahan. Hal ini dikarenakan saya belum memasukkan nama anak saya tersebut ke dalam Kartu Keluarga. Saya pun pergi ke kantor kelurahan untuk mendapatkan surat yang dimaksud. Begitu selesai, semua berkas saya masukkan kembali ke Loket II.

Setelah dipanggil petugas, saya diminta satu buah meterai 6000 (dua buah jika pengurusan akta dikuasakan ke orang lain) dan biaya suka rela untuk saksi-saksi yang akan ditunjuk untuk kelengkapan administrasi. Petugas kemudian memberikan resi untuk pengambilan kutipan akta kelahiran, tertulis tanggal selesai 25 Agustus 2010. Rupanya kali ini perlu waktu sekitar satu setengah bulan, dua tahun lalu hanya dua minggu saja, mungkin karena permintaan akta kelahiran sedang membludak.

Berikut ini syarat-syarat lengkap yang tertera di dalam resi tersebut di atas:

  • Surat dari Bidan/Dokter/Rumah Sakit
  • Surat/Triplikat Kelahiran dari Kelurahan
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Perkawinan/Kelahiran Ibu
  • Fotokopi Kewarganegaraan
  • Fotokopi Ganti Nama
  • Fotokopi SP/SKK/dan STMD (Bagi WNA)
  • Fotokopi Pasport (Bagi WNA)

Update 30 Agustus 2010

Pada hari ini saya mengambil kutipan akta kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan Kota Bandung dengan menyerahkan surat pengambilan yang diperoleh sewaktu memasukkan berkas pengurusan akta kelahiran bulan lalu. Datang setengah jam sebelum buka, saya dan beberapa orang menunggu di depan loket. Sementara para pegawai sedang upacara bendera.

Pukul 08.00 loket dibuka, dan yang akan mengambil kutipan akta dipersilakan untuk meyerahkan surat pengambilan. Banyak sekali yang hendak mengambil kutipan akta pada pagi hari itu. Dua petugas tampak kewalahan melayani masyarakat yang antri, meskipun pada prosesnya petugas mencari kutipan akta yang ada terlebih dahulu. Petugas mencari kutipan akta satu per satu dari sejumlah map tebal yang digunakan untuk mengelompokkan kutipan akta berdasarkan nomor urut permohonan. Tidak setiap pengambilan kutipan akta dapat terlayani, ada yang masih diproses di back-office, ada yang belum jadi karena memang belum jadi, ada yang belum jadi karena kekurangan syarat pengurusan akta, dan lain-lain. Serba manual dan terlihat merepotkan petugas, petugas harus keluar masuk ke ruang back-office untuk mengecek kutipan akta yang belum tersedia di loket sehingga memperlambat pelayanan kepada masyarakat.

Setelah menunggu dua jam akhirnya dipanggil juga. Syukurlah … terima kasih Kantor Dinas Kependudukan Kota Bandung.

About these ads

Komentar»

1. mulyanto - Juli 11, 2010

wah selamat atas kelahiran anak kedua.

Matur nuwun Mas Mulyanto.

2. harjo - Juli 14, 2010

Selamat ya … btw anaknya sudah berapa Mas?

Terima kasih banyak Mas Hari. Dua mas hehe ..

3. Tanya - Juli 15, 2010

Fotokopi Kewarganegaraan?

Surat apa lagi itu pak? Emang WNI ada surat macam itu?

Terimakasih

Sepertinya itu untuk warga negara asing Pak, karena tidak diminta sewaktu saya mengurus akta kelahiran anak. Terima kasih.

Joelz - Juli 21, 2010

Kewarganegaraan itu biasanya untuk WNI keturunan . Sekarang sudah tidak diminta lagi. Cukup dengan akta kelahiran orang tua

4. hanni - Juli 17, 2010

saya sangat bingung,seorang single parent ,putri saya sudah berusia 3.5 tahun,saya tidak menikah.bagaimana mengurus akte kelahiran saya dengan status saya ini,mengingat si kecil sudah akan masuk sekolah,mohon sarannya,terimakasih.

Barangkali dapat ditanyakan langsung ke dinas kependudukan setempat. Terima kasih.

5. investasi emas - Juli 17, 2010

gmn urusan na,…

6. Joelz - Juli 21, 2010

Untuk Hanni agar secepatnya membuat akta kelahiran ke Dinas Kependudukan Kota Bandung, tidak dipungut biaya. Untuk single parent yang tidak mencatatkan perkawinannya dapat didaftarkan sebagai anak di luar nikah.

Pendaftaran kelahiran agar secepatnya karena untuk anak yang telah berusia lebih dari satu tahun diberi dispensasi dan dispensai akan berakhir pada akhir Desember 2010. Apabila tidak ada perpanjangan dispensasi, maka pendaftaran kelahiran anak yang telag berusia lebih dari l tahun harus melalui penetapan pengadilan, Apabila kurang jelas silahkan bertanya lewat e-mail saya: josephrki@gmail,.com

7. Joelz - Juli 21, 2010

Informasi buat Mas Yoanes Bandung, pemohon akta kelahiran sudah agak berkurang, mungkin akan membludak setelah lebaran. Beberapa minggu sebelumnya pemohon sangat banyak sekali sampai meluber ke luar kantor. Melubernya pemohon tersebut setelah disosialisasikan tentang pentingnya akta kelahiran dan dispensasi akta kelahiran yang akan berakhir sampai akhir Desember 2010. Pada Januari 2011 anak yang usia di atas 1 tahun pendaftaran kelahirannya harus melalui penetapan pengadilan. Dalam waktu normal pembuatan akta kelahiran itu paling lama 10 hari sudah selesai. Salam kenal buat Mas Yoanes, saya juga tinggal di Bandung.

Informasi mengenai Catatan Sipil, Kewarganegaraan dan Imigrasi mudah-mudahan dapat saya bantu menjelaskannya. Dari: Joseph – josephrki@gmail.com

Terima kasih banyak Pak Joseph atas penjelasan-penjelasan yang sangat bermanfaat.

8. Plagiator - Juli 27, 2010

Wah kalo di kota saya hanya 30% anak punya akta lahir,karena punglinya besar hingga 500 ribu

9. kykok - Agustus 19, 2010

kalo org dewasa blom punya akta lahir dan mau bikin akta lahir masih bisa gak yah? :( ada yg tau persyaratan nya gak ?
soalnya bikin akta aspal mahal bgt +_+

10. Bangsawan - Agustus 20, 2010

Akta Kelahiran orang yang usianya lebih dari satu tahun dapat memanfaatkan Dispensasi Pendaftaran Kelahiran yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2010. Apabila tidak diperpanjang dispensasi tsb, maka pembuatan akta kelahiran yang telah berusia lebih dari 1 tahun harus melalu penetapan pengadilan.

Untuk membuat akta kelahiran bagi yang telah dewasa, dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, Keterangan dari Kelurahan dan Buku Nikah atau akta perkawinan orang tua. Biayanya murah, tidak nyampe 50 rb .

Mengingat akte kelahiran adalah bukti otentik status hukum seseorang, maka saya sarankan jangan membuat akte yang palsu selain mahal juga tidak berguna. membuat yang asli saja mudah dan murah kenapa harus pake cara-cara yang palsu. Silahkan mencoba ke kantor Dinas Kependudukan.

11. agnes - Agustus 24, 2010

saya mau tanya pak begini suami menggugat cerai kemudian dia menggugat mau ambil alih hak asuh anak kemudian dia membuat akte kelahiran anak2 lg di kantor catatan sipil dimana diterbitkan akte anak2 saya dengan laporan bahwa akte kelahiran anak kami telah hilang padahal akte anak2 kami tidak hilang apakah akte kelahiran yg dibuat kembali walaupun dengan no register yg sama itu palsu atau bagaimana dan apabila palsu bagaimana caranya untuk dilaporkan sebagai pemalsuan. mohon bantuannya terima kasih sebelumnya.

12. Joseph - Agustus 24, 2010

Akta yang dibuat oleh suami dengan nomor yang sama di Kantor Catatan Sipil yang menerbitkan akte tersebut disebut Akta Kutipan ke dua kali. Kutipan ke dua kali bisa diberikan oleh Kantor Catatan Sipil yang menerbitkan akte tersebut apabila Kutipan aktanya hilang atau rusak dengan melampirkan bukti laporan kehilangan dari kepolisian.

Jadi akta yang dibuat kutipan kedua kalinya dan digunakan untuk bukti di persidangan adalah akta yang sah asli dan otentik hanya cara memperolehnya yang kurang benar karena kutipan akta anak tersebut ada tapi ke kantor catatan sipil melaporkannya hilang.

Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

13. Joseph Bangsawan - Agustus 24, 2010

Kutipan Akta lahir anak yang dibuat oleh suami dengan nomor dan isi akta yang sama dengan yang tersimpan di Kantor Catatan Sipil yang menerbitkan akte tersebut disebut Akta Kutipan ke dua kali.

Kutipan ke dua kali bisa diberikan oleh Kantor Catatan Sipil yang menerbitkan akte tersebut apabila Kutipan aktanya hilang atau rusak dengan melampirkan bukti laporan kehilangan dari kepolisian.

Jadi akta yang dibuat kutipan kedua kalinya oleh suami dan digunakan untuk bukti gugatan tentang perwalian anak di persidangan adalah akta yang sah dan otentik hanya cara memperolehnya yang kurang benar karena kutipan akta lahir anak tersebut ada tapi melaporkan kehilangan ke kepolisian dan membuat kutipan ke dua kali ke kantor catatan sipil sebagai pengganti akta kelahiran anak yang dilaporkan hilang.

Semoga penjelasan dari saya bermanfaat. Salam buat Bu Agnes

14. mulyanto - Agustus 25, 2010

@ Joseph

Bagaimana prosedur dan syarat2nya, seandainya pemohon berbeda domisili (KTP sudah beda kabupaten) dengan tempat kelahirannya?

15. yudi di Bandung - September 21, 2010

Salam kenal Mas Yoanes, saya akan membuat Akte lahir untuk putra saya yg lahir pada tgl 30 Agustus 2010. tapi ada beberapa pertanyaan mudah2an pertanyaan saya tidak merepotkan.

1. Persyaratan yg dibutuhkan hampir terpenuhi yaitu
Surat Kenal/Keterangan Lahir dari Rumah Sakit bersangkutan, Copy KK, Copy KTP Orangtua, Copy Surat Nikah, yang belum ada Surat Triplikat dr kelurahan.

pertanyaannya, persyaratan yg di butuhkan untuk pembuatan surat Triplikat di kelurahan dan berapa biaya Administrasinya.

2. Pada KTP Istri saya status marital masih “belum kawin” (KTP masih yg lama) apakah nanti dipermasalahkan, untuk domisili saya dan istri memiliki alamat yg sama.
3. Berapa biaya sukarela untuk saksi-saksi.

Sebelumnya terimakasih.

Halo Mas Yudi,

Pengalaman saya mengurus surat triplikat di kelurahan adalah dengan menunjukkan surat keterangan lahir dari dokter/rumah sakit. Biaya administrasi saya kira tergantung masing-masing kelurahan, karena merupakan bagian dari pelayanan masyarakat seharusnya hanya beberapa ribu saja (bukan puluh apalagi ratus).

Pertanyaan no 2, feeling saya tidak akan bermasalah. Karena KTP berlaku paling tidak 5 tahun, dalam rentang waktu itu seseorang bisa menikah dan memiliki anak. Pertanyaan no 3, saya sendiri susah menjawabnya, terus terang saya sendiri bingung harus mengeluarkan nominal berapa untuk membayar para saksi. Pengalaman, dua kali mengurus akta dalam dua tahun terakhir, dua kali saya mengeluarkan nominal yang berbeda hehe.. ala kadarnya.

Semoga membantu dan terima kasih.

yudi - September 24, 2010

Ok Mas Yoanes, Info dan penjelelasannya cukup membantu,…klo untuk pertanyaan yg ke 3 yah kita sama2 tau, begitulah birokrasi Indonesia katanya “Gratis” heheh,….ngarep.

btw Thx Again Mas Yoanes

Hehe .. terima kasih kembali Mas Yudi. Salam saya.

Lia - Agustus 11, 2011

wah, saya mengalami masalah yang sama dengan pak yudi, status di KTP belum berubah. Mohon sharing pak, apakah sebaiknya saya mengurus perubahan status dan kartu keluarga dari sekarang (sblm melahirkan), karena suami saya tidak berdomisili di kota yang sama, sehingga nanti sepertinya saya harus mengurus sendiri. Terima kasih sebelumnya.

16. triyanto - Oktober 3, 2010

pak saya mau tanya,saya sudah umur 23 tp saya blm punya akte,sedangkan sebentar lg sy mau nikah,,kalau saya mau bikin akte masih bisa ngak?soalnya bapak sm ibu saya skarang sdh bercerai dan surat cerainya udah tidak ada,,,solusinya gimana?sebelumnya terimakasih banyak

17. lusi - Oktober 14, 2010

anak saya umurnya 9 thn,tp blm pny akte lahir..
apabila dibuat sekarang..kena denda tdk?
berapa biaya resminya..?
soalnya dulu oangtua saya waktu mengurus akte lahir saya ketika saya berusia 15 tahun saja sudah sekitar 300rb tahun 1990..

18. tini - Oktober 14, 2010

Umur saya sdh 42th blm puya akte lahir, hy SURAT LAHIR dr kelurahan (di Ngawi), KTP setlh nikah di BOGOR, saat ini saya tinggal di BANDUNG ikut tugas suami (di bandung tidak menetap sehingga KTP tetap di bogor), sy ingin mengurus AKTE LAHIR SAYA, apakh bisa saya urus di kantr kependudukan DI BANDUNG? SYARAT ?, BIAYA ?, BRP LAMA…?
semoga sudah bisa secara online ya, mohon jawabann secepatnya

19. Joseph Bangsawan - Oktober 15, 2010

Untuk Tini, karena KTP Bogor, akte kelahiran dibuat di Kantor Catatan Sipil Bogor itupun apabila kantor Catatan Sipil Bogor, masih melayanai pendaftaran kelahiran dispensasi bagi yang bukan lahir di Bogor. Akta kelahiran agar segera dibuatkan mengingat dispensasi, kemudahan dll akan habis waktunya pada tgl 31 Desember 2010 dan selanjutnya pembuatan akte kalahiran harus melalui pengadilan bagi yang telah berusia 1 tahun.

Untuk Lusi juga agar segera dibuatkan akte kelahirannya, bagi yang terlambat, apabila ada denda pun tidak lebih dari 20 ribu. Akte kelahiran sekarang sudah digratiskan. Mengurusnya sebaiknay tidak menyuruh orang lain. Datang sendiri ke kantor Disduk dan tidak sulit, murah dan cepat.

Untuk Tryanto apabila tidak ada akte kawin dan akte cerai orang tua, ada form khusus yang berupa pernyataan di ttd pakai meterai 6000 dan diketahui oleh RT, RW sampai kelurahannya.Blangko surat pernyataan bisa diminta di kantor Dinas Kepndudukan.

Untuk yang kurang jelas dapat menghubungi saya lewat e mail josephrki@gmail.com. Konsultasi catatan Sipil gratis, tidak diminta biaya dan hanya khusus melayani lewat e mail.

20. elis - Oktober 31, 2010

salam kenal,saya IRT anak 1 Pr,usia 4 th 3bl. tgl 27 september 2010 buat akte dengan bayaran 100rb,ktnya 1 bl beres tapi ampe sekarang lum beres juga dihubungi hpnya slalu tdk aktif,penah menghubungi katanya tahun nikah dgn thun anak lebih dulu 2 th jadi ga bisa dibuatkan, mohon masukannya apa yang harus saya lakukan terkait 2 masalah diatas, trimakasih

hendi - November 16, 2010

ibu mengurus akta lewat petugas loket?
pada dasarnya semua warga negara berhak mendapatkan akta kelahiran,adapun masalah yg ibu hadapi tentang anak yg lahir sebelum adanya perkawinan yg sah orangtuanya tetap bisa dibuatkan akta tapi di akta hanya tertera nama ibu nya saja.

21. asih - November 22, 2010

salam kenal, usia sy 30 tahun, sy lhr di cirebon ktp n kk yogyakarta, sy tdk punya surat kenal lahir bisakah sy membuat akte kelahiran di yogyakarta n syaratnya apa sj ya? thanks

Joseph Bangsawan - November 22, 2010

Dengan memanfaatkan fasilitas Dispensasi Pendaftaran Kelahiran Ibu Asih dimungkinkan membuat akta kelahiran di Yogyakarta. Agar secepatnya memanfaatkan program dispensasi tersebut yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2010. Pada Januari 2011, kelahiran yang usia nya telah lebih dari 1 tahun pembuatan akta kelahirannya harus melalui penetapan pengadilan. Biayanya lebih mahal dan ribet pengurusannya.
Surat-surat yang mesti dilampirkan KK, KTP, Keterangan kelahiran dari Kelurahan dan buku nikah orang tua.

22. Erpi - Desember 3, 2010

Saya mau tanya ni mas,saya baru saja punya anak lair tgl 20 nopember 2010 kmren di RS NGAWI,sementara KK kami alamatnya madiun,bisa tdk membuat akte untuk anak kami,apakah kami hrus pindah KK ke ngawi dulu baru membuat akte lair buat anak kami,mohon blsan secepatnya ya mas,trimaksh

23. Nisha - Januari 5, 2011

Akta kelahiran suami sy dari kab. bandung hilang… adakah orang/biro jasa yang kami bisa minta tolong untuk dibuatkan kutipan kedua…mengingat kami tinggal di jakarta (foto copy akte masih ada0

24. Joseph Bangsawan - Januari 9, 2011

Informasi buat warganegara Indonesia yang belum memiliki akta kelahiran. Semula Dispensasi akta kelahiran hanya sampai tanggal 31 Desember 2010. Pada tanggal 28 Desember 2010, Manteri Dalam Negeri memperpanjang dispensasi pembuatan akta kelahiran sampai dengan tanggal 31 Desember 2011. Menurut surat Mendagri, perpanjangan dispensasi ini adalah perpanjangan yang terakhir dan tidak ada perpanjangan lagi. Pada tahun 2012. semua WNI yang belum memiliki akta kelahiran apabila uaisnya sudah lebih dari 1 tahun harus melalui penetapan pengadilan.

dari:josephrki@gmail.com

25. Joseph Bangsawan - Januari 9, 2011

Untuk membuat kutipan ke dua kali di Kabupaten Bandung, agar melamporkan foto copy KTP, Kartu Keluarga, Foto copy akta kelahiran, Keterangan hilang dari kepolisian.
Foto copy akta kelahiran harus di cek dulu dan apabila buku register kelahirannya masih ada dapat dibuatkan kutipan ke dua kalinya dan apabila tidak ada, sebaiknya membuat baru saja. Membuat baru di Kab mudah dan selesai dalam 6 hari. Silahkan hubungi: josephrki@gmail.com

26. jenniah - Januari 10, 2011

Dear Pak Yohanes,
Saya mau tanya apakah bapak punya kenalan pengacara untuk mengurus ganti nama kepemilikan rumah.
Ceritanya saya beli rumah tapi pakai nama adik saya,saya ingin menganti status pemilik rumah tsb.
mohon bantuannya,
terima kasih sebelumnya

Joseph Bangsawan - Januari 10, 2011

Untuk mengurus balik nama/ganti nama kepemilikan tanah dan bangunan, tidak perlu memakai jasa pengacara, cukup dengan notaris. Balik nama kepemilikan tanah yang semula atas nama adik hanya dapat dengan cara jual beli, wasiat, pewarisan atau hibah, tidak dapat dibalik namakan dengan cara yang lain.

Menurut saya apabila tanah dan bangunan atas nama adiknya paling mudah dengan cara hibah atau jual beli. Kita tinggal datang ke notaris membuat akta jual beli atau hibah, kemudian membayar BPHTB setelah dikurangi Rp. 60 juta dari harga NJOP di PBB X 5% dan dibayarkan di bank. Untuk hal yang begituan nanti notaris yang mengurusnya.

Setelah selesai akta jual beli dan lunas pembayaran BPHTB, tinggal membuat balik nama dalam sertifikat ke kantor BPN di wilayah tanah itu berada dan biayanya hanya Rp. 25.000.- (Duapuluh lima ribu rupiah). Balik nama sertifikat biasanya selesai dalam waktu 14 hari kerja.Untuk bangunan dalam IMB tidak perlu dilakukan balik nama, bukti kepemilikannya cukup dengan akta jual beli.

Semoga informasi dari saya bermanfaat. Apabila kurang jelas silahkan bertanya lewat e mail.
dari Joseph Bangsawan (josephrki@gmail.com)

27. Lenny - Januari 14, 2011

Selamat siang Pak mohon bantuannya. Saya memiliki satu anak yang blm mempunyai akte lahir. Saya terlambat mengurusnya karena pernikahan saya baru terdaftar resmi 2010 kemarin,sedangkan anak saya lahir pd thn 2008.

Langkah apa yang harus saya lakukan dlm mengajukan pembuatan akte kelahiran anak saya. Apakah ada persyaratan khusus dan kira2 brp biayanya?

Trims banyak untuk bantuannya.

Lenny

28. Joseph Bangsawan - Januari 18, 2011

Untuk Lenny, membuat akte kelahiran anak luar kawin dulu kemudian membuat akta pengakuan anak sehingga anak mempunyai hubungan hukum dengan bapaknya.

29. Joseph Bangsawan - Januari 18, 2011

Untuk Lenny, membuat akte luar kawin untuk anaknya agar dibuat tahun ini juga karena pada tahun 2012, sudah tidak ada dispensasi pembuatan akta kelahiran. Pembuatn akta lahir dispensasi tidak akan ada lagi perpanjangan dan hanya sampai 31 Des 2011.

30. Galih Hermawan - Januari 20, 2011

Salam kenal mas Yoanes, saya dari Bandung juga.

Pada hari Rabu, 19-1-2011 kemarin saya mendatangi dinas kependudukan, saya tidak tahu kalau harus ke RT, RW, Kelurahan dan seterusnya, setiba di sana saya dengar untuk surat keterangan (persaksian) harus mendatangkan dua orang saksi tersebut plus ktp mereka, padahal anak saya baru lahir belum satu bulan yang lalu.

Entah saya yang salah informasi atau kurang jelas, sepertinya semakin repot saja.

Mungkin mas Yoanes atau rekan-rekan pengunjung punya informasi buat saya.

Terima kasih.

Halo Mas Galih, salam kenal saya. Betul sepengetahuan saya, selain membawa surat keterangan lahir dari dokter/puskesmas/rumah sakit ternyata harus mengurus juga surat dari kelurahan (sehingga perlu mulai dari RT/RW). Dua orang saksi memang diperlukan untuk pengurusan akta kelahiran, hanya saya kurang paham kedua saksi tersebut cukup tanda tanda tangan di form yang telah disediakan atau harus juga datang ke kantor kependudukan.

Terima kasih dan semoga membantu.

31. Aan - Februari 3, 2011

salam kenal josephrki@gmail.com

anak saya lahir des 2009 baru sekarang akan mengurus akte kelahiran,bagaimana tata cara,syarat mengurusnya? Rumah sakit tempat melahirkan di jakarta pusat dan domisili ktp saya di depok,apakah harus melalui pengadilan,pengadilan jakpus atau depok.

terimakasih atas info nya

32. Joseph Bangsawan - Februari 4, 2011

Kalau lahir di Jakarta memang kelahirannya harus didaftarkan ke Catatan Sipil Jakarta. Kalau di kota lain masih bisa didaftarkan dengan memanfaatkan dispensasi. Menurut aturannya dispensasi untuk anak yang lahir sebelum Desember 2006, tapi Catatan Sipil di kota lain masih melayani pendaftaran kelahiran yang sudah terlambat meskipun lahir setelah 2006 karena dispensasinya diperpanjangn sampai dengan Des 2011.

Menurut UU kelahiran anak didaftarkan ke Catatan Sipil di tempat anak dilahirkan. Karena orang tua nya memiliki KTP Depok, dicoba ditanyakan dulu ke Catatan Sipil Depok, sesuai KTP orang tua. Kalau tidak dapat diterima karena sudah terlambat, sebaiknya menunggu kebijaksanaan dari pemerintah karena kalau ngurus ke Pengadilan pada saat ini diperlukan biaya besar. Barangkali nantinya ada pembuatan akte kelahiran yang terlambat secara kolektrif sehingga biaya tidak terlalu besar.

Mestinya kelahiran anak dapat didaftarkan pada Desember 2010, sewaktu usianya belum 1 tahun. Sayang sekali terlambat beberapa bulan.

2011/2/3 Facebook
– Show quoted text –

facebook
Sean sent you a message.
Sean Azrell Setiawan
Sean Azrell SetiawanFebruary 4, 2011 at 1:24am
Salam kenal sebelumnya,
maaf saya dapat info dari bbrp teman bhw bapak mengerti soal pengurusan akte kelahiran anak,mohon dibantu untuk info nya,
anak saya lahir des 2009 ttp baru sekarang saya mengurus akte kelahirannya,mnt pihak rs harus melalui pengadilan,yang saya ingin tanyakan,apakah sekarang prosedurnya seperti itu,jika benar pengadilan mana yg dituju karena rs tempat melahirkan berada di jakarta pusat dan ktp saya di depok

terima kasih banyak atas infonya

To reply to this message, follow the link below:
http://www.facebook.com/n/?inbox%2Freadmessage.php&t=1641025587914&mid=3b41d11G5eaf3779G166c964G0&bcode=d0uTF&n_m=josephrki%40gmail.com
The message was sent to josephrki@gmail.com. If you don’t want to receive these emails from Facebook in the future, please follow the link below to unsubscribe. http://www.facebook.com/o.php?k=70914a&u=1588541305&mid=3b41d11G5eaf3779G166c964G0 Facebook, Inc. P.O. Box 10005, Palo Alto, CA 94303

Reply

Forward

Reply
|
Mail Delivery Subsystem
to me

show details 3 Feb (2 days ago)

Delivery to the following recipient failed permanently:

noreply@facebookmail.com

Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the recipient domain. We recommend contacting the other email provider for further information about the cause of this error. The error that the other server returned was: 550 550 5.7.0 … The address you reached is invalid.Please contact Facebook via http://www.facebook.com/help for help. (state 14).

—– Original message —–

MIME-Version: 1.0
Received: by 10.216.121.3 with SMTP id q3mr8942709weh.72.1296715079549; Wed,
02 Feb 2011 22:37:59 -0800 (PST)
Received: by 10.216.53.149 with HTTP; Wed, 2 Feb 2011 22:37:59 -0800 (PST)
Reply-To: josephrki@yahoo.com
In-Reply-To:
References:
Date: Thu, 3 Feb 2011 13:37:59 +0700
Message-ID:
Subject: Re: Sean Azrell Setiawan sent you a message on Facebook…
From: Joseph Bangsawan
To: noreply
Content-Type: multipart/alternative; boundary=00261887750eb106f2049b5b01b0

Kalau lahir di Jakarta memang kelahirannya harus didaftarkan ke Catatan
Sipil Jakarta. Kalau di kota lain masih bisa didaftarkan dengan memanfaatkan
dispensasi. Menurut aturannya dispensasi untuk anak yang lahir sebelum
Desember 2006, tapi Catatan Sipil di kota lain masih melayani pendaftaran
kelahiran yang sudah terlambat meskipun lahir setelah 2006 karena
dispensasinya diperpanjangn sampai dengan Des 2011.

Menurut UU kelahiran anak didaftarkan ke Catatan Sipil di tempat anak
dilahirkan. Karena orang tua nya memiliki KTP Depok, dicoba ditanyakan dulu
ke Catatan Sipil Depok, sesuai KTP orang tua. Kalau tidak dapat diterima
karena sudah terlambat, sebaiknya menunggu kebijaksanaan dari pemerintah
karena kalau ngurus ke Pengadilan pada saat ini diperlukan biaya besar.
Barangkali nantinya ada pembuatan akte kelahiran yang terlambat secara
kolektrif sehingga biaya tidak terlalu besar.

Mestinya kelahiran anak dapat didaftarkan pada Desember 2010, sewaktu
usianya belum 1 tahun. Sayang sekali terlambat beberapa bulan.

33. sotar - Februari 16, 2011

Bagaimana cara atau prosedur membuat kembali Akta Lahir untuk Warga etnis keturunan Tionghoa, jika Akta Lahir-nya hilang?
Terima kasih

34. herry - Maret 4, 2011

dear pak joseph,
apakah benar keterlambatan pembuatan akta lahir anak dikenakan denda 1 juta untuk kota bandung?
berapakah denda yang dikenakan untuk anak umur 8 bulan seperti anak saya.
terima kasih

35. Joseph Bangsawan - Maret 7, 2011

Untuk anak yang usia 8 bulan s/d 1 tahun diberikan akta kelahiran Istimewa, tanpa melalui penetapan pengadilan. Agar Sdr. secepatnya membuat akte kelahiran anak karena usianya belum 1 tahun. Yang saya ketahui di Bandung, pembuatan akta kelahiran berdasarkan Perdanya, tidak dipungut biaya. Untuk membuat akta kelahiran anak agar membawa foto copy:
1. buku Nikah,
2. KTP dan KK orang tua,
3. Keterangan dari Bidan/puskesmas atau rumah bersalin.
4. Keterangan kelahiran dari Kelurahan
5. Foto copy KTP dua orang saksi dan orangnya hadir untuk menanda tangani dalam buku register kelahiran. Apabila tidak ada saksinya, bisasnya minta bantuan pada orang-orang yang sama-sama sedang membuat akta di kantor Dinas kependudukan.
Semoga informasi dari saya bermanfaat. Apabila kurang jelas silahkan hub 08164872486.

36. Joseph Bangsawan - Maret 7, 2011

Untuk Sotar, apabila hendak membuat kutipan ke dua kali akta kelahiran yang hilang, agar membuat laporan kehilangan dari kepolisian, membawa foto copy akta yang hilang, KTP dan KK. Permohonan kutipan ke dua kali dimintakan di kantor catatan sipil di tempat akta diterbitkan. Pembuatannya mudah dan biayanya juga ringan.

37. arief.d - Mei 13, 2011

Bagaimana prosedur pelaporan di kepolisian seandainya saya menemukan bukti ada yang memalsukan akte kelahiran yang digunakan untuk kepentingan tertentu?…intinya saya sudah mendapatkan jawaban dari dispenduk capil yang menyatakan bahwa nama anak tersebut dgn no.reg.XXX tidak tercatat di dispenduk capil tp pada knyataannya dia memiliki akte kelahiran tersebut? … sedikit penjelasan dari dispendukcapil dengan no.reg.XXX tersebut bukan nama fotocopy yang saya bawa tapi nama orang lain demikian juga dgn tanggal lahirnya….atas penjelasannya kami sampaikan banyak terima kasih…

38. Momon - September 22, 2011

Bpk2 Yth.

Bagaimana pengurusan akte kelahiran anak korban pemerkosaan?

Trims.

39. Fredi - September 22, 2011

Mohon bantuannya,persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi jika ingin melakukan penggantian nama di Akte Lahir dan KK untuk anak berumur 5 tahun ?

Terima kasih.

40. iman.r - September 27, 2011

halo pak Yoanes..
Saya akan membuat akta kelahiran utk anak pertama umur 3 bulan,permasalahannya saya belum membuat KK yg baru,saya tercatat di KK lama saya di kab.bandung,sedangkan istri saya tercatat di KK cimahi,sedangkan surat kenal lahir dikeluarkan oleh RS.kebon jati kota bandung dan KTP saya & istri masih beralamat berbeda..
Pertanyaannya: apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu sebelum pergi ke dinas kependudukan..
Mohon penjelasannya,Trimakasih pak..

mulyanto - Oktober 7, 2011

KTP & KK saya kab. bandung, tapi anak lahir di RS Uber(kodya) dan dibuatkan Akte Kelahiran di Kodya.
syarat-syarat akte kelahiran (kodya bandung) :
-Foto kopi KTP Suami dan Istri
-Foto kopi Kartu keluarga
-Foto kopi Surat Nikah
-Surat Keterangan Lahir Asli

41. asep - Oktober 6, 2011

saya asep, anak saya lahir taggl 27 septermber 2011 di cilacap, tolong info ttg bikin aktenya, karna waktu mau bikin akte di cilacap , pak rt mengatakan tdk bisa bikin akte sekarang, dikarenakan blum masuk kk, karna KK kami sudah masuk kk kota bandung,

pertanyaan saya, :

1,apakah harus di masukin KK Bandung dulu , lalu bikin Akte kelahiran anak di cilacap

2. apakah bisa langsung bikin Akte Kelahiran di bandung

tolong Balasannya di kirim Ke email saya : asepyuhana@gmail.com

terimakasih

mulyanto - Oktober 7, 2011

Bisa masuk KK kalau ada akte, jadi akte dulu baru KK. Mestinya diurus langsung di Kantor Dinas Kependudukan Cilacap bukan di pak RT :)

http://www.cilacapkab.go.id/v2/index.php?pilih=hal&id=84

Pencatatan peristiwa kelahiran dilaksanakan berdasarkan pelaporan ditempat terjadinya peristiwa paling lambat 60 hari kerja sejak kelahiran.

Persyaratan Administrasi:
-Surat kelahiran dari dokter / bidan / penolong kelahiran;
-Fotokopi Akta Nikah / perkawinan orang tua;
-Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua;
-Nama dan identitas 2(dua) orang saksi kelahiran;
-Fotocopi surat keterangan tempat tinggal orang tua bagi pemegang ijin tinggal terbatas dan atau paspor bagi pemegang ijin kunjungan;
-Berita acara pemeriksaan dari kepolisian bagi anak yang tidak diketahui asal usulnya;

Catatan : syarat fotokopi dilegalisasi pejabat yang berwenang

Jadi mestinya bisa pakai Fotokopi KK dan KTP bandung (orang tua). Lebih jelasnya tanyakan langsung lewat Telpon: (0282 ) 542683.

42. lita - November 30, 2011

mas mau tanya,sy tinggal dibogor,ktp n kk jg bgor..sy berencana melahirkan dikampung ortu dcirebon.kira2 nanti sy pas mau buat akta dipersulit gak ya krn sy mau akta anak tetap dbogor.bisa gak mas.trims.

Joseph Redjeki - Desember 5, 2011

Untuk pendaftaran kelahiran dilakukan di tempat terjadinya peristiwa. Apabila melahirkan di Cirebon pembuatan akta kelahirannya di Dinas Kependudukan Kota Cirebon, Jl. By Pass dekat RRI Cirebon atau di Sumber apabila melahirkan di Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria. Tidak akan mengalami kesulitan dan mudah. Jangan lewat dari 60 hari kerja. Mbak Lita silahkan datang langsung dengan membawa copy Buku Nikah, Keterangan dari bidan atau rumah sakit bersalin, KTP dan KK di alamat tempat tinggal di Bogor. Apabila ada kesulitan silahkan menghubungi Bapak Muslichudin, di Catatan Sipil Cirebon. Beliau kenalan saya dan orangnya baik. suka menolong. Silahkan mencoba

Salam dari Joseph di bandung

Hadi - Januari 8, 2012

mau nanya ni om, ktp kk sy dan isteri jakarta, rencana mau lahiran di kab bogor, bikin aktanya di mana om, soalnya saat browsing sy menemukan ada yg kesulitan saat mengurus akta beda kota, kayak dipingpong antara tempat lahir dan kota asal ktp, makasih om sblmnya

43. Pempek Palembang HELMY - Desember 19, 2011

Salam. Bagaimana cara pengurusan akta kelahiran bg anak yg blm pernah mengurus sm skl. Lhr di NTT. hmpir 3 thn Des 2011 ini. Ibunya repot kl lewat 3 tahun hrs ke pengadilan u/Akta tsb. Tks.

joseph - Desember 21, 2011

Pembuatan akta kelahiran bagi yang usia anak lebih dari l tahun dapat melalui dispensasi. Pelayanan dispensasi akan segera berakhir pada tgl 31 Des 2011. Sebaiknya segera menghubungi kantor Disduk setempat dengan membawa KTP orang tua, KK, Keterangan dari bidan dan rumah sakit serta buku nikah orang tua. Pada Januari 2012 pembuatan akta lahir yang usia lebih dari 1 tahun hatrus melalui penetapan pengadilan.

44. Lia - Januari 10, 2012

Saya lajang usia 34thn. Akta lahir hilang waktu saya kecil. Sekarang akan menikah, bagaimana pengurusannya pak? Sekarang domisili Bekasi, lahir di bandung (tidak ada fotocopi). Tks

45. Hadi - Januari 11, 2012

mau nanya ni om, ktp kk sy dan isteri jakarta, rencana mau lahiran di bogor, bikin aktanya di bogor kan om, soalnya saat browsing sy menemukan ada yg kesulitan saat mengurus akta beda kota, kayak dipingpong antara tempat lahir dan kota asal ktp, satu lagi om, harusnya nambah nama anak di kk dulu apa bikin akte dulu ya, makasih om sblmnya

Joseph - Januari 11, 2012

Akta kelahiran bagi anak yang baru lahir di laporkan di tempat terjadinya peristiwa. Apabila anak lahir di Bogor, maka pembuatan akta kelahirannya di Kantor Disduk Bogor, meskipun orang tuanya memiliki KTP Jakarta (UU No. 23 tahun 2006).
Untuk memasukan anak dalam Kartu Keluarga, sebaiknya didaftarkan terlebih dahulu kelahiran anaknya dan setelah akta selesai kemudian cantumkan anak dalam kartu keluarga beserta nomor akta kelahirannya dalam pengisian formulir untuk kartu keluarga yang dapat diperoleh di kantor kelurahan.

Hadi - Januari 28, 2012

ok om trims ya

46. Joseph - Januari 28, 2012

Jadi Ge Er dipanggil om, panggil saja agan atau juragan

ybandung - Agustus 2, 2012

Agan besar atau juragan besar boleh ndhak Pak? hehe..

47. setiawan - Maret 4, 2012

Pak.Bgaimana cranya..mendapat blanko kosong akte kelahiran?

ybandung - Agustus 2, 2012

Blangko kosong untuk mengurus akte kelahiran kan? Silakan datang ke kantor kependudukan dan catatan sipil di kota Anda.

48. ahmad - Agustus 1, 2012

Permisi mau tanya, kalau akta kelahiran saya hilang dan ingin membuat yg baru bagaimana ya ?, saya lahir di kota bandung.

ybandung - Agustus 2, 2012

Barangkali perlu mengurus surat kehilangan dari kepolisian dan membawanya untuk mengurus akte kelahiran pengganti di kantor catatan sipil.

Joseph Bangsawan - Agustus 2, 2012

Membuat laporan kehilangan ke kantor polisi terdekat (Polsek atau Polrestabes) mempirkan foto copy akta kawin orang tua, KTP, KK, akta kelahiran yang hilang dan keterangan kehilangan dari polisi. mengisi formulir yang tersedia di kantor Dinas Kependudukan dan dibuat Kutipan ke dua kali di lantai II hubungi Bapak Heru, petugas yang menangani akta kelahiran hilang, biasanya sekitar seminggu sampai 10 hari akta kultipan ke dua kali sudah selesai. Silahkan mencoba, tidak sulit asal buku register kelahirannya ada tersimpan di catatan Sipil.

49. gloria - November 18, 2012

halo, mau tanya…
bagaimana cara buat akte lahir kutipan kedua?

saya tahun depan mau menikah dengan WNA. dan salah satu persyaratannya negaranya adalah akte lahir saya yg baru .

saya lahir di bandung
trims

50. gloria - November 18, 2012

halo, mau tanya…
bagaimana cara buat akte lahir kutipan kedua?

saya tahun depan mau menikah dengan WNA. dan salah satu persyaratannya negaranya adalah akte lahir saya yg baru .

saya lahir di bandung
trims

Joseph Bangsawan - November 22, 2012

Kutipan ke dua kali itu akta kelahiran yang diterbitkan kembali karena hilang rusak atau penggantian. Untuk pernikahan dengan WNA biasanya Belgia, Taiwan dan Belanda, yang mensyaratkan demikian. Untuk pembuatan kutipan ke dua kali agar dibawa kutipan akta yang aslinya, KTP dan KK untuk dibuatkan kembali kutipan ke dua kali oleh Kantor catatan sipil yang menerbitkan akta pertama. Kalo di Bandung pembuatan kutipan kedua kali tidak terlalu sulit dan penyelesaiannya hanya sekitar 1 minggu di sana silahkan menghubungi Bapak Heru di lantai II, Jalan Ambon No. 1B.

Aapabila untuk menikah dengan WNA menurut saya sekalian juga membuat surat keterangan status single di kantor yang sama karena pada akhirnya ke dua surat tersebut harus di legalisasi di Kehakiman, Dep Luar Negeri dan di kedutaan ybs setelah diterjemahkan..Khusus bagi yang beragama Islam, pembuatan status single nya di Kantor KUA setempat.

Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

christina - November 24, 2012

Numpang nanya.
Saya punya anak umur 18 bulan, saya sudah berpisah dengan suami, namun belum bercerai. Anak saya sudah punya akte lahir, namun namanya belum dimasukkan ke kartu keluarga suami saya.yang ingin saya tanyakan: Bisakah saya membuat kartu keluarga baru berhubung saya sudah pisah rumah tapi belum bercerai. dimana kartu keluarga yang baru hanya tertera nama saya dan anak saya

Joseph Bangsawan - November 26, 2012

Mestinya tidak bisa. Seseorang dapat dihapus dari Kartu keluarga karena meninggal dunia atau pindah alamat. Namun apabila ternyata suami telah memiliki KTP dan KK di alamat baru berdasarkan SIAK akan diketahui memiliki dua KTP dan KK maka salah satu dari KTP dan KK tersebut akan hapus. Karena berdasarkan SIAK satu orang hanya memiliki KTP dan KK Nasional.

51. luthfi - Januari 28, 2013

salam kenal Pak.
saya mau minta informasi mengenai pembuatan akta yang rusak. kasusnya, adik saya mencoret-coret akte kelahiran saya ketika masih kecil dulu pada bagian nama dan tanggal lahir yang tertera. dengan demikian saya berpikir bahwa akta tersebut sudah tidak valid lagi.akta yang lama itu saat ini masih ada. saat ini, untuk kepentingan pekerjaan saya diharuskan mengurus akta itu lagi. kira-kira apa saja berkas yang harus saya siapkan? apakah prosedurnya seperti saat akta hilang?

terimakasih atas infonya.

Joseph Bangsawan - Januari 29, 2013

Untuk akta yang rusak tidak terlalu sulit pembuatannya. Kutipan akta yang rusak itu asal masih bisa dikenali nomor aktanya bisa di cari buku registernya dan tinggal diterbitkan kutipan kedua kali di termpat akta itu pertama kali dibuat dengan membawa KTP KK dan akta yang rusak tsb. Silahkan mencoba.

52. aries syamsuddin (@ariessyamsuddin) - Maret 24, 2013

christina : mencoba menjawab sebatas yang saya tau, bisa dilakukan dengan cara pecah KK. KK nanti akan dibagi 2, 1 KK terdiri dari suami saja(sebagai Kepala keluarga), kemudian 1 lagi KK terdiri dari istri dan anak (istri nanti berstatus sebagai Kepala keluarga). untuk lebih jelasnya silakan hub dinas kependudukan setempat.

ybandung - Maret 26, 2013

Terima kasih banyak Pak Aries atas informasi yang mudah-mudahan membantu permasalahan Ibu Christina.

53. Priscilla Octavia - Juni 9, 2014

Maaf mau tanya pak, kalau nama anak sudah terdaftar dalam kartu keluarga apa masih diperlukan surat triplikat dari kelurahan? Terima kasih.

ybandung - Juni 10, 2014

Mangga dicoba Bu. Untuk kasus kami, ketika kami ingin memasukkan nama anak di dalam KK, Pak RT meminta fotokopi Akte Kelahiran anak tersebut. Karenanya ketika mengajukan pembuatan Akte Kelahiran, nama anak tersebut belum ada di dalam KK dan kami terlebih dahulu harus mengajukan pembuatan surat/triplikat dari kantor kelurahan. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 92 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: