jump to navigation

Pengalaman Memperpanjang Paspor Hijau Juni 29, 2007

Posted by ybandung in Serba-Serbi Pribadi dan Kegiatan.
Tags: ,
trackback

Sebelumnya saya memegang paspor hijau atau paspor penduduk biasa yang diterbitkan tahun 2001 oleh Kantor Imigrasi Yogyakarta yang beralamat di Jl. Solo Km 10 No 209 Yogyakarta 55282, phone (0274) 487130, dan habis masa berlakunya pada tahun 2006. Pada waktu itu, saya memegang KTP yang diterbitkan oleh Kantor Kecamatan Minggir, Sleman, Yogyakarta.

Setelah mengurus Surat Pindah di tahun 2006, kini saya dan istri memegang Kartu Keluarga dan KTP Bandung. Pada awal Juni 2007 lalu, saya mengurus perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung di Jalan Surapati No 82 (antara pasar Suci dan perempatan Pahlawan). Berikut ini pengalaman saya memperpanjang paspor.

Hari Pertama:

  • Saya nitip ke teman untuk membeli Formulir Pengisian Pasport seharga Rp 15.000,- di Loket Pembelian Formulir
  • Formulir saya isi di rumah yang ternyata memudahkan ketika mencari beberapa informasi yang saya tidak hafal
  • Hari pertama, saya datang ke Kantor Imigrasi untuk menyerahkan Formulir Pengisian Passport yang telah diisi dan melampirkan dokumen asli dan satu lembar fotokopinya: i) KTP dan KK, ii) Akte Kelahiran atau Ijazah, iii) Surat Perkawinan, v) Paspor Lama, vi) Surat rekomendasi dari kantor
  • Berkas tersebut di atas dimasukkan ke Loket I, kemudian menunggu panggilan untuk mendapatkan tanda terima yang antara lain mencantumkan hari dan tanggal harus kembali lagi untuk proses selanjutnya

Hari Kedua:

  • Menyerahkan tanda terima ke Loket Informasi, kemudian akan dipanggil untuk mendapatkan Surat Biometrik yang telah kita isi sebelumnya
  • Membayar biaya foto sebesar Rp 55.000,- di Loket Pembayaran Foto, kemudian menyerahkan kuitansi ke Loket Informasi untuk kemudian mendapatkan nomor urut pengambilan foto dan sidik jari
  • Menunggu di Ruang Pengambilan Foto, sampai mendapat giliran untuk pengambilan foto dan sidik jari kedua tangan
  • Setelah proses di atas selesai, berkas akan dibawa petugas ke Ruang Wawancara, dan kita diminta menunggu di depan ruang wawancara
  • Memasuki ruang wawancara untuk tanda tangan berkas dan diminta untuk membayar pembuatan paspor sebesar 215.000,- di Loket Pembayaran Paspor; di mana 15.000 adalah biaya pengambilan sidik jari. Kuitansi pembayaran disimpan untuk pengambilan paspor
  • Menuju Loket III untuk penandatanganan Paspor, jika sudah kita diminta untuk kembali lagi pada hari berikutnya di antara jam 13.00-16.00

Hari Ketiga:

  • Menuju Loket III menunjukkan kuitansi pembayaran paspor
  • Setelah menunggu, kita akan dipanggil untuk mendapatkan paspor yang telah ditandatangani
  • Kita diminta untuk memfotokopi paspor sebagai arsip
  • Fotokopian diserahkan ke Loket III, selanjutnya bisa pulang dengan membawa paspor baru
  • Terimakasih Kantor Imigrasi Kelas I Bandung

Komentar»

1. ryan - April 6, 2009

informasinya berguna sekali nih mas bandung. saya kebetulan pengen bikin passport juga di bandung sapa tau ada kesempatan belajar di negeri orang😀

Salam,

Ryan (ELTI’06)

2. murni - Juni 19, 2009

no tlp imigrasi bandung berapa ya? bisa tlng kasihtau tidak?
sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

muchan

3. narpen - Juli 27, 2009

makasih ya infonya, berguna banget.. segera meluncur ke kantor imigrasi🙂

Terima kasih kembali dan semoga sukses ya .. salam.

4. nusan - April 24, 2010

terima kasih atas infonya🙂

5. lezzzap - Juli 22, 2010

info nya berguna sekali terutama yang belum tau tatacara perpanjangan paspor di kantor imigrasi bandung. Mau numpang tanya sekalian pak,,saya mhs di sebuah PT di bandung,,tapi saya berasal dari semarang dan hanya memiliki ktp semarang,,apakah saya juga bisa melakukan perpanjangan paspor di bandung? Karena kebetulan sementara ini saya juga tinggal di bandung. Terima kasih.

Terima kasih Mas. Silakan dicoba Mas, sepertinya saya pernah dengar bisa mengurus paspor di mana pun. Takut salah.

6. Bersiap Memperpanjang Paspor Hijau « Yoanes Bandung & Activities - Juni 9, 2012

[…] terasa, paspor yang diperpanjang lima tahun lalu akan segera habis pada awal Juni 2012 ini. Sebagai persiapan saya mengambil formulir (gratis) Surat […]

7. Persiapan Jakarta – Singapura, via Batam | Weblog Ayo Wisata Dunia - Januari 20, 2014

[…] Batam dan Singapura baik di perjalanan keberangkatan maupun perjalanan kepulangan. Saya menyiapkan paspor yang telah saya perbaharui di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, di Jalan […]

8. Mengurus Paspor Dinas (Paspor Biru) untuk Pengajuan Visa ke Siprus | Yoanes Bandung & Activities - Februari 27, 2014

[…] diri bahwa mengurus Paspor Dinas tidaklah semudah membuat Paspor Umum seperti pengalaman saya di sini dan di sini. Berikut ini adalah proses yang saya lakukan untuk pengajuan Paspor […]

9. Tips Rahasia Membersihkan Keramik - Maret 1, 2014

Aku sangat ngefans dengan tulisan anda ini. Style penulisan yang unik dan khas,
menjadikan informasi atau artikel Anda ini sangat mudah untuk dipahami.
Oh iya, apabila Anda atau temen2 yang lain membutuhkan Informasi tentang Tips Rahasia Membersihkan Kamar Mandi, coba cek artikel
kami di http://pembersihkeramik.com/rahasia-ampuh-membersihkan-keramik-rumah-terbukti Terima kasih


Tinggalkan Balasan

