jump to navigation

Persiapan Jakarta – Singapura, via Batam Juli 1, 2007

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
Tags: , , ,
trackback

Pada tanggal 19 Juni 2007 lalu, saya dan tiga rekan melakukan perjalanan dari Bandung ke Singapura dalam rangka mengunjungi pameran CommunicAsia 2007 di Singapore Expo. Ini adalah kali ketiga saya melakukan perjalanan ke Singapura melalui Batam. Sebelum bercerita mengenai Perjalanan Jakarta – Singapura via Batam, berikut ini saya sampaikan pengalaman persiapan-persiapan saya sebatas pengetahuan saya:

1. Memesan Tiket Pesawat dan Kamar Hotel

Kami memutuskan untuk menggunakan penerbangan dari Jakarta – Batam, bukannya dari Bandung – Batam. Penerbangan dari Jakarta, kami dapat memilih layanan penerbangan yang kami anggap baik dan murah seperti Air Asia dan Lion Air. Kami tidak memilih dari Bandung karena image penerbangan dari/ke Bandung sangat sangatlah mahal.

Pada tahun 2004 yang lalu, saya menggunakan jasa Lion Air untuk perjalanan Jakarta – Batam pp. Kali ini saya ingin mencoba jasa penerbangan dengan Air Asia. Tanggal 30 Mei 2007, saya memesan tiket pesawat secara online melalui http://www.airasia.com. Saya mendapatkan rate pergi-pulang yang cukup murah yaitu Rp 239.000,- untuk keberangkatan dan Rp 189.000,- untuk kepulangan. Sehingga totalnya kurang lebih 700ribu rupiah per orang untuk pulang pergi (pp) sudah termasuk pajak-pajak dan biaya asuransi. Kurang dari 5 menit setelah pemesanan online selesai, saya mendapatkan telepon konfirmasi dari bank bahwa Air Asia akan mendebet kartu kredit sejumlah pembelian yang saya lakukan. Tidak lama kemudian saya mendapatkan email dengan attachment Travel Itinerary yang antara lain mencantumkan enam digit booking number dan status pemesanan telah dibayar.

Selain tiket pesawat, pada hari tersebut saya juga memesan kamar hotel untuk tempat tinggal selama di Singapura. Saya memilih kamar hotel dengan rate yang lumayan murah yaitu SGD 56 nett di 7th Storey Hotel di Rochor Road, di daerah Bugis Junction yang merupakan kawasan ramai di Singapura. Saya pernah tinggal di hotel tersebut pada tahun 2001 dan 2004. Saya melakukan pemesanan kamar secara online melalui http://www.nsshotel.com. Kurang dari satu hari saya telah mendapatkan email balasan yang disertai bukti pemesanan kamar dengan informasi billing kartu kredit saya. Untuk check-in pada 19 Juni 2007, pendebetan baru akan dilakukan pada 20 Juni 2007.

2. Persiapan Menjelang Keberangkatan

Persiapan yang saya lakukan menjelang keberangkatan antara lain menukar Rupiah dengan SGD. Saya melakukannya di Golden Money Changer (GMC) di Jl. Juanda No. 89 atau di sebelah kiri Kartika Sari, dilayani oleh seorang ibu yang kurang ramah menurut saya. Biarin lah wong ngga sering-sering juga; hanya sejak tahun 2000-an saya kalau menukar uang memang selalu di GMC, apalagi dari ITB jalan kaki cuman 10 menit.

Selain itu, saya melakukan pembukaan velocity kartu kredit BCA supaya dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri, kurang tahu apakah bank lain mensyaratkan seperti itu atau tidak. Pembukaan velocity dilakukan dengan mengisi formulir yang antara lain mengenai tenggang waktu velocity dibuka dan alasan pembukaan velocity.

Apalagi ya yang perlu dipersiapkan. Dokumen perjalanan! Iya, saya memastikan dokumen pribadi seperti KTP dan Paspor tidak boleh ketinggalan. KTP digunakan untuk pengecekan identitas diri sewaktu check-in pesawat dan ternyata akan digunakan juga untuk pemeriksaan identitas selain paspor di counter Imigrasi Harbourfront, Singapura. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan lagi, tentu saja akan digunakan untuk keperluan pemeriksaan di counter Imigrasi Batam dan Singapura baik di perjalanan keberangkatan maupun perjalanan kepulangan. Saya menyiapkan paspor yang telah saya perbaharui di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, di Jalan Surapati/Suci.

Komentar»

1. sandi - Juli 17, 2007

alo Mas…salam kenal….
blognya bagus nih, simple gitu dan enak diliat…
blog ini aku dapet pas kebetulan aku search di google. ternyata isi tulisannya pas banget dengan rencanaku ke spore, benar-benar menambah pengetahuan dan informasi detail mulai persiapan+perjalanan ke sana, sampe aku print segala loh…
btw aku mau nanya mungkin Mas punya saran -saran tambahan seperti misalnya berapa sih tips yang lazim diberikan utk bellboy atau sopir taxi…
trus aku mau booking kamar di 7 story hotel. untuk yang tipe standard sudah nyamankah…??? ada masukan mungkin..???
thanks udah dibaca…..

sandi

2. ybandung - Juli 19, 2007

Halo Mas Sandi, salam kenal juga. Terimakasih banyak atas apresiasinya, saya senang sekali kalau tulisan saya tersebut bermanfaat bagi Mas Sandi.

Pengalaman dengan bellboy atau sopir taxi, saya merasa nyaman sekali dengan pelayanan mereka dan tidak memberikan tip apa pun. Saya membayar biaya taxi sesuai dengan angka yang tertera pada argo. Mungkin karena canggung kali ya, takut malah tidak berkenan. Atau barangkali saya-nya yang kurang pengertian he he.

Pengalaman saya, selama bisa naik MRT atau bus saya akan menggunakan moda transportasi tersebut, kecuali dalam kondisi mendesak. Selama 3 kali menginap di 7th Storey, saya pernah menempati kamar Superior dan Standard. Pendapat saya, nyamannya sama; meski kamar mandi untuk Standard berada di luar, tapi saya belum pernah mengantri dan kondisinya cukup bersih dan terawat apik.

Btw, selamat bertugas atau berpiknik ria di Singapura. Orchad Road, Bugis Street, Mustafa Center, Suntec City dan tempat2 lain saya kira bisa menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Informasi mengenai Singapura tersedia di http://en.wikipedia.org/wiki/Singapore. Saya juga mencoba upload hunting saya di http://dsp.itb.ac.id/~bandung. Trims banyak dan salam.

3. indra - November 25, 2007

hi..mas..

met kenal..

nama saya indra, 27 tahun di Lampung.

saya punya rencana mau melakukan traveling ke singapura via batam januari 2008. tapi dari artikel yg mas uraikan dan yg telah saya baca.. mas melakukannya pemesanan tiket dan biaya menginap di hotel dgn credit card, sementara sy tidak memiliki itu.

saya melakukan perjalanna ini bener2 mau coba2 aja masuk ke singapura via batam, tapi memang segala surat menyurat dan identitas dan biaya telah tersedia.

yg mau saya tanyakan, apa benar ke singapura via batam bebas viskal, kalo pun tidak kira2 bayar viskalnya perorang berapa ya mas…

truz.. bia kasih gambaran gak tempat nginap murah dan layak di daerah pusat kota di singapura… soale hotel cuma buat naruh barang aja kok… ama tidur di tengah malam dan mandi hari hari.. selebihnya saya mau menjelajai singapuranya..

mohon di kabari via email yah mas.. aku tunggu..

marcospears@yahoo.com

thanks bgt.. atas semua info yg bisa mas sharing ke aku.

4. ybandung - November 26, 2007

Halo Mas Indra, salam kenal juga nama saya Yoanes Bandung. Saya akan kirim email secepatnya ya mas, sehubungan pagi ini saya harus segera berangkat ke Bogor. Terimakasih.

5. dheo - Desember 27, 2007

Salam kenal Kang Yoanes,

Blognya Kang Yoanes sederhana tapi banyak info didalamnya. Dan jadi tambah ingin ke Singapure karena keliatannya simple tuk urus akomodasi & tranpostnya.

O ya, Kang Yoanes apakah bisa saya diberikan info jika tidak sibuk untuk dari Bandara di Batam sampai ke singapura (Biaya & jenis transport serta fiskal).

Sebelumnya banyak terima Kasih
Do

6. nassya - Desember 31, 2007

wah mas, saya senang sekali dapet informasi, dimana saya juga ada rencana yang sama di bulan maret 2008 dan ini adalah kali pertama saya ke singapore.

Yang ingin saya tanyakan, berapa sih rate hotel yang murah disana. trus sesampainya di batam berapa kira2 dana yang harus kita siapkan untuk transport, dll untuk sampai ke singapura.
dan jadwal keberangkatan feri ke singapura dimana kita dapat peroleh? kemudian seandainya kita pulang melalui bandara Changi apakah kita kena fiskal? karena seteleh cari cari2, harga tiket dari singapore lebih murah dibanding dari batam?

banyak ya pertanyaan saya, dan bahkan masih banyak lagi yang ingin saya tanyakan. Tapi itu dulu deh, mudah2an mas ada waktu untuk menjawab pertanyaan saya. Terima Kasih

7. ybandung - Januari 2, 2008

@ Do:
Halo salam kenal juga Kang Do .. Nuhun apresiasinya. Wis pokokmen simple banget ngurus akomodasi sama transportnya. Saya lagi merencanakan jalan-jalan lagi ke spore dengan istri dan anakku yang masih batita. Sebelumnya mesti membuatkan paspor untuk istri dan anakku.

Saya belum memiliki informasi mengenai transportasi via udara dari Bandara Hang Nadim Batam ke Changi Singapura. Mengenai biayanya saya kira Airport Tax (International), biaya Fiskal Rp 1 juta (karena via udara), serta biaya tiket pesawat itu sendiri.

Silakan membaca sambungan dari cerita mengenai persiapan ini, yaitu perjalanan Jakarta-Singapura via Batam di https://ybandung.wordpress.com/2007/07/01/perjalanan-jakarta-singapura-via-batam/. Terimakasih.

8. ybandung - Januari 2, 2008

@ Nassya:
Salam kenal ya Mba Nassya, senang sekali kalau informasi yang saya suguhkan bermanfaat bagi Mba Nassya.

Untuk pertanyaan pertama, silakan membaca sambungan dari cerita persiapan ini yaitu perjalanan Jakarta-Singapura via Batam di https://ybandung.wordpress.com/2007/07/01/perjalanan-jakarta-singapura-via-batam/.
Di dalam cerita tersebut, saya mencoba untuk mendetailkan biaya-biaya yang saya keluarkan selama di dalam perjalanan.

Mengenai jadwal ferry, hampir setiap jam ada koq malah ada beberapa kapal berangkat; bahkan kita bisa memilih ferry mana yang paling duluan berangkat setibanya kita di seaport Batam Center. Silakan lihat di http://www.batam-center.web.id/feature_schedule.html

Untuk pulangnya tidak dikenakan biaya fiskal, baik lewat seaport Harbourfront maupun airport Changi. Kita cukup membayar biaya seaport tax atau airport tax. Jadi lebih murah untuk biaya kepulangannya.

O iya, untuk rate hotel murah .. saya sudah tiga kali mencoba New 7th Storey Hotel di http://www.nsshotel.com/ . Hotel tersebut cukup strategis karena berada di dekat Bugis Junction, kawasan yang cukup ramai. Kamar standard-nya sekitar SGD 56 atau USD 38. Saya yakin masih banyak hotel yang menawarkan harga kamar murah, cuman saya belum tahu informasinya.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat berlibur di Singapura ya. Salam dari bandung.

9. Budi S - Januari 7, 2008

Mas Yo, bantuin jawab ya:
Hotel rate yang murah di Sin, ya tergantung jenis hotelnya, ada yg standar ada yg backpacker ada jg apartemen. Kalau standar mulai dari sekitar 70 SGD sampai ribuan. Kalau back packer’s ya sekitar 20-60 SGD (tergantung jumlah orang/kamarnya). Kalau apartemen, banyak di Lucky Plaza Orchard yg sewa harian, saya selalu nginap di sana kl ke Sin. Mulai dr 50 SGD sampai 90-an. Kalau mau daftarnya saya bisa emailkan (banyak sih).

Biaya yg dilkeluarkan untuk di Batam paling Ferry (belinya di konter Penguin Bandara untuk one-way 13.5 SGD, PP 14.5$. Taxi dr Bandara ke Batam Center (Ferry) 70 ribu berempat. Sea port 3 SGD, Fiskal 500 rb (kalau paspor sumatra bebas…).

Dr Sin (Changi) tdk perlu bayar fiskal atau airport tax, tp kalau pk Ferry lagi, hrs bayar 10 SGD (tax).

Jadwal keberangkatan Ferry sekitar 1 jam sekali, daftarnya jg saya punya, tp kl ditulis di sini kepanjangan.

Setahu saya memang ada pesawat Batam Sin, tp kok kayaknya eman-eman, ya. Pakai Ferry jelas-jelas cuma 1 jam dan biayanya jg murah. Justru tujuan kita ke Batam, kan menghindari fiskal udara yg 1 juta rupiah itu.

Untuk daftar hotel murah lain, saya juga punya daftarnya, tp sekali lagi banyak, jd mohon maaf gak bisa ditulis disini.

Kebetulan saya lg mau nulis ttg masalah ini, jd punya banyak info.
Trims.

10. Budi S - Januari 7, 2008

Oh ya kalau ada yg perlu info lanjut silakan email aja ke:
budi_styo@yahoo.com
Maaf bukan mau jualan, sekadar membantu saja.
Makasih Mas Bandung.
(Saya tinggal di Buah Batu).
Salam

11. ybandung - Januari 8, 2008

Terimakasih Mas Budi, infonya sangat detail. Ternyata sewa apartemen pun bisa menjadi pilihan karena biaya sewanya hampir sama dengan tarif hotel.

Saya setuju, eman-eman menggunakan penerbangan Batam-Singapore. Saya tidak memiliki informasi kisaran harga tiket pesawat, tetapi dari biaya fiskalnya yang 1 juta bagi saya sudah emoh duluan. Menggunakan ferry sangatlah mudah dan menyenangkan, apalagi setiap jam sekali ada jadwal pemberangkatan.

Kalau demikian boleh dong Mas Budi, sharing pengalaman yang lainnya. Akan sangat membantu saya dan rekan-rekan yang menghendaki informasi tersebut. Terimakasih banyak Mas Budi, barangkali bisa sharing alamat blog Mas Budi di mana. Saya tinggal di Pandu – Pajajaran mas.

12. Budi S - Januari 9, 2008

Tinggal di apartemen seperti tinggal di kampung sendiri, karena sebagian besar penyewa apartemen adalah orang Indonesia. Letak apartemen di Orchard jadi nilai plus , mengingat jalan yang sangat tersohor itu secara tidak langsung menjadi pusat belanja dan hiburan Singapore.
Untuk informasi lain, silakan lihat coret-coret di:
http://makanjalan.blogspot.com/

Oh, ya tulisan di blog itu merupakan bagian dr buku yang sedang saya tulis. Jadi maaf belum ditata ulang, sehingga rada berantakan. Mudah-mudahan infonya bisa diterima.

Salam.

13. ybandung - Januari 9, 2008

Betul Mas Budi, Orchard sangat tersohor karena pusat belanja dan hiburannya. Setiap jalan ke Singapore saya selalu menyempatkan diri maen ke Orchard, termasuk maen ke Lucky Plaza. Saya baru tahu kalau banyak tempat penginapan di sini.

Ternyata Mas Budi sedang menulis buku tentang ini, kabar-kabari mas kalau sudah kelar. Blognya keren mas banyak foto, sangat informatif. Saya minta ijin untuk saya link di blog ini ya mas .. Nuhun.

14. Budi S - Januari 9, 2008

Ok silakan. Sebetulnya masih banyak foto yg belum diupload, terutama foto-foto apartemen di LP. Sekarang buku saya baru sampai bab 1, mau nulis bab selanjutnya, repot banyak kerjaan di kantor (korupsi waktu…hik….hik)!
Nanti pasti saya kabari. Pokoknya akan lebih lengkap dan rinci, terutama untuk new tourist (kalau ini promosi)….he…he…
Trims.

15. ybandung - Januari 9, 2008

Sip sip Mas Budi, nanti saya ingin mendapatkannya kalau sudah beredar di toko buku. Saya usul banyak foto-fotonya biar cepat menangkap informasi yang disajikan.

Semoga cepat kelar Mas Budi, trims dan salam.

16. Budi S - Januari 9, 2008

Iya sih pengennya sebelum Great Sale bisa terbit (Mei), tp memang ada beberapa foto yg belum saya peroleh. Baru kemarin tulis ke STB untuk minta persetujuan pakai beberapa foto mereka, tp blm dijawab nih. Mudah-mudahan bisa kelar pd waktunya.
Trims.

17. ybandung - Januari 9, 2008

Mudah-mudahan segera kelar Mas Budi.

18. reynaldo - Maret 5, 2008

hallo, salam kenal

saya reynaldo, pengen nanya2 tentang biaya yang dibutuhkan untuk jalan2 ke singapore selama 3 hari via batam (diluar uang tiket pesawat)

minimalnya butuh dana brapa?
atau standarnya butuh dana brapa?

saya rencana mau kesana tgl 20 maret
thanks

reynaldo h

19. ybandung - Maret 6, 2008

Halo Mas Reynaldo, salam kenal juga ya .. nama saya bandung. Mengenai biaya tidak saya rinci secara terstruktur di sini, namun saya sudah berusaha lengkap menulis biaya-biaya yang dibutuhkan di artikel ini dan lanjutannya yaitu:
https://ybandung.wordpress.com/2007/07/01/perjalanan-jakarta-singapura-via-batam/

Berempat pergi ke Singapore Juni lalu tersebut, kami menghabiskan biaya sekitar 10 juta sudah termasuk biaya fiskal dan penginapan 2 malam. Semoga informasi dari saya sedikit membantu ya. Salam.

20. prima - April 17, 2008

Hello Mas Reynaldo,

Tolongin saya donk… suami saya akan berangkat ke Singapore u bekerja bulan mei ini. Kalau saya baca kyknya lwt laut apa ga lbh ribet ya u seorang yg baru akan ke singapore?. katanya air mineral di sana mahal ya? airport tax disana berapa? dari bandara soekarno ada biaya apa selain tiket? terus kalau mau transfer uang gaji ke indonesia katanya bisa kena potongan, sebaiknya gmn?. Disana ada warnet or wartel gk? . Thks bgt ya mas. aku bener2 butug informasi ttg disana.

21. ybandung - April 17, 2008

Halo Mba Prima,

Saya coba ikut menjawab ya Mba. Ngomong-omong suami Mba Prima akan berangkat dari mana? Ada benarnya mba, lewat laut memang sedikit lebih ribet karena harus melewati beberapa point lebih banyak dibandingkan lewat udara langsung ke Singapore. Ngga masalah kalau tidak membawa anak-anak kecil mah Mba.

Artikel saya ini dan artikel lain di link ini:
https://ybandung.wordpress.com/2007/07/01/perjalanan-jakarta-singapura-via-batam/
mencoba berbagi pengalaman perjalanan ke Singapore secara detail, sehingga saya harapkan bagi yang baru akan merasa tidak ribet lagi.

Betul air mineral di Singapore lebih mahal. Kalau di Indonesia 600 mL 2000 perak, di sana SGD 1 atau sekitar 6000 perak. Saya kurang tahu berapa airport tax di Bandara Changi.

Selain biaya tiket, saya kira kita harus mengeluarkan airport tax internasional dan biaya fiskal sebesar 1 juta (jika lewat laut biaya fiskal hanya 500 ribu). Transfer gaji kena potongan saya kira wajar ya Mba, seperti kita transfer juga kena potongan biaya wire transfer dan local handling. Nah, saya belum memiliki informasi apakah ada cara yang lebih baik.

Warnet dan wartel saya kira banyak ya Mba khususnya di pusat perbelanjaan atau fasililitas umum seperti hotel dsb. Pokoknya ngga usah khawatir mba. Waktu saya ke Singapore terakhir kali, hape saya aktif dengan kartu Simpati; jadi bisa sms-an dan telpon ke istri saya tercinta. Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam.

Yoanes Bandung

22. john - April 18, 2008

Hallo mas,
Setau saya Changi nga kena airport tax.Saya setaun sekali ke singapore jadi buat temen2 dibandung kalo mau titip boleh aja ( sekalian amal).hehe..he..he…
thanks mas

23. ybandung - April 19, 2008

@ john:

He he .. boleh juga nih mas, terimakasih juga untuk informasi tidak adanya airport tax di bandara Changi.

Salam saya,

yoanes bandung

24. Sandy - Mei 26, 2008

hallo mas…
seneng bisa baca info mas yang mudah dimegerti.aku punya rencana ke singapore (pertama kali sih) untuk ngunjungi temen.. tapi tempat aku di malang, jd bandara yg deket ya di Juanda, Surabaya. menurut mas enaknya saya langsung dari Juanda ke singapura ato juanda via batam. katanya agen travel sih mirip harganya. mungkin mas punya saran.terima kasih

25. ybandung - Mei 28, 2008

@ Sandy:

Kalau perbandingan biayanya kurang lebih sama, saya akan memilih terbang langsung dari Juanda ke Singapore. Apalagi dari Malang-Surabaya sudah cukup memakan waktu beberapa jam.

Pengalaman saya dari Bandung jam 1 malam sampai jakarta jam 4 pagi, sampai Batam jam 8 pagi, sampai Singapore jam 1 siang. Tapi kalau selisih biaya cukup signifikan, lewat Batam akan memberikan petualangan baru lho .. jalan-jalan hehe.

Demikian, terimakasih.

26. Windi Kumoratih - Juni 4, 2008

Bulan Maret 2007 kemaren bersama suami dan 2 org balita saya ke Sgp lanjut Malaysia.Banyak suka duka yang kami alami. Naik pesawat jakarta-Batam. Setelah itu dilanjutkan dg very. Ternyata naik very saya mabuk jadi siap2 aja yg suka mabuk sebaiknya membawa antimo. Dari jauh2 hari kami sudah booking apartement di Lucky Plaza di apart madam Soh, dari very kami konfirmasi ada kamar. Kami pun tenang. Sampai di Lucky Plaza kami terkejut krn tidak ada kamar. Kami kelabakan krn membawa 2 balita yg udah kecapaian , lalu kami dioper di apartemen Jl Lada Putih tempat sangat sederhana dhargai $85 per malam. Pagi nya kami cari kamar lagi di Lucky Plaza dan dpt di apartemen cik Lili. Saya saran kan utk pertama kali ke Sgp lbh baik sewa hotel, dan sudah di pesan dr Indonesia.Itulah suka duka supaya jadi pelajaran bagi kita yg akan ke Sgp

27. ybandung - Juni 7, 2008

Mba Windi,

Waduh .. saya turut prihatin mengenai pengalaman yang pernah dialami Mba Windi, terlebih membawa dua putra putri yang masih balita.
Mabuk di ferry apakah karena Mba Windi tidak tahan dengan AC kapal yang sangat dingin? Saya sendiri selalu merapatkan jaket karena dingin dan tertidur hehe ..

Saya sendiri belum berpengalaman menyewa apartemen di Singapore dan selalu membooking kamar hotel jauh-jauh hari. Terimakasih banyak share pengalaman dan tip-tipnya Mba Windi.

Salam, -Bandung.

28. grace - Juni 7, 2008

halo mas yoanes,
saya berencana ke spore dan saya jd tertarik tinggal di new 7th story hotel, krn banyak yg bilang murah dan bersih. saya rencananya hanya pergi berdua dgn teman, orang tua saya bertanya apakah aman di NSS kalau hanya 2 org perempuan? rencananya biar hemat, kami mau yg tipe standard dimana bathroomnya di luar kamar. yg ingin saya tanyakan, jumlah kamar mandinya ada berapa yg tersedia dan dipakai bersama2 oleh brp kamar? krn kalau di apartemen, biasanya 1 kamar mandi dipakai bersama oleh dua kamar. apakah kamar mandinya bersih?
saya jg lihat di web NSS, reservasi online lebih murah harganya, tp harus mancantumkan keterangan credit card sbg garansi, apakah Mas pernah reservasi online? apakah aman dan tidak akan terjadi kebocoran informasi?
maaf ya, mas kalau ada byk pertanyaan, tp blog Mas bener2 sgt membantu. terima kasih

29. ybandung - Juni 7, 2008

@ Grace:

Pengalaman saya menginap di NSS dalam tiga kali kesempatan ke Singapore, kesan saya hotel ini cukup bersih, rapi, dan aman. Seperti saya pernah tulis di artikel, dua tipe kamar tersebut kurang lebih sama kecuali lokasi kamar mandi yang terpisah atau menjadi satu.

Saya sendiri cukup puas dengan kondisi kamar mandi yang juga bersih dan tidak pernah menunggu, bahkan seakan kamar mandi di dalam kamar sendiri. Dari lima kamar yang saya ketahui di lantai dua tempat saya menginap, kamar mandi pria terdiri dari satu kamar mandi + toilet utama, satu kamar mandi, dan satu toilet. Sementara kamar mandi untuk wanita terpisah, saya tidak mengetahui ada berapa kamar mandi di dalamnya🙂

Betul, reservasi secara online lebih murah harganya. Dan saya melakukan reservasi via online menggunakan kartu kredit. Sebenarnya hanya sebagai garansi saja, karena proses transaksi dengan kartu kredit atau tunai baru dilakukan setelah kita bermalam di sana. Kalau pengalaman saya, sejauh ini aman bertransaksi online menggunakan kartu kredit.

Saya sendiri merekomendasikan hotel ini karena sangat strategis ke mana-mana termasuk shopping centre dan mall, stasiun MRT, dan fast food restaurant (McD, KFC) dan food court, juga tradisional market.

NB: Sepengetahuan saya sebaiknya tidak melakukan transaksi kartu kredit di di tempat umum, seperti warnet yang kurang menjamin keamanan informasi atau hotspot umum.

Semoga bermanfaat ya, terimakasih telah berkunjung. Salam.

30. grace - Juni 23, 2008

halo mas, saya mau tanya lagi, kalau stay di NSS, apakah kita perlu bawa tambahan kabel colokan buat charge HP atau digicam?? saya sudah book di NSS krn referensi dr Mas keliatannya cukup menarik =)

31. ybandung - Juni 23, 2008

@ Grace:

Betul, kita mesti membawa semacam konverter karena stop-kontak di sana tidak seperti yang kita gunakan sehari-hari di Indonesia.

Waduh saya lupa bentuk persisnya seperti apa. Tapi bisa diakali, televisi di sana menggunakan kabel listrik yang sama dengan kita. Makanya kalau mau ngecharge handphone, saya cabut kabel power televisi dan charger handphone bisa masuk. Kerugiannya, saat ngecharge hp tidak bisa nonton televisi hehe .. o iya, di sana bisa nonton beberapa siaran televisi nasional seperti SCTV dan lainnya.

Semoga perjalanannya menyenangkan ya .. terimakasih.

32. eds - Agustus 4, 2008

Mas Yoanes,

Numpang tanya mas, kami ada rencana mau ke Singapur 2 keluarga (saya dan istri + 2 abg, dan adik istri + 1 abg dan anak 6 tahun). Saat ini saya kerja di Jakarta, keluarga masih di cimahi (sampai sebelum nikah saya tinggal dekat dari jalan Pandu, malah tahun 70an sempat 2 tahun tinggal di Pamoyanan)

Saya pernah 2 kali ke Singapur dan beberapa kali transit, dan sekali transit di Hang Nadim dalam perjalanan dinas (jadi saya tidah pernah itung2an amat), tapi sekarang untuk ngajak jalan anak2 alias biaya sendiri.

Saya mencoba menghitung berdasarkan data Mas Yoanes, apakah ada yang terlewat dari data di bawah ini :

SGD
Sea port tax 3.00 4 24.00
Tiket ferry 15.00 4 120.00
Hotel 76.00 3 228.00

Total SGD 372.00
(IDR 2,464,500.00)
Air Asia 700,000.00 4 2,800,000.00
Paspor 450,000.00 4 1,800,000.00
Fiskal 500,000.00 4 2,000,000.00
Taxi (hangNadim ke Batam center )
70,000.00 2 140,000.00

Total 9,204,500.00

Nuhun mas, mudah-mudahan punya waktu untuk membalas pesan saya

Boleh tanya, ITB angkatan berapa?

33. ybandung - Agustus 4, 2008

@ Eds:

Terima kasih telah berkunjung dan atas pertanyaannya Mas. Langsung saja, saya asumsikan perhitungan di atas adalah untuk 4 orang yaitu mas, istri, dan 2 abg. Saya kira sudah lengkap Mas, kecuali biaya untuk makan keseharian, transportasi, dan belanja banyak di sana hehe ..

Iya, saya sedang menikmati bulan-bulan terakhir di Pandu Pamoyanan Mas untuk kemudian pindah ke Bojongkoneng. Meski tidak bertetangga lagi, semoga ke depannya kita dapat saling bersilaturahmi.

Saya ITB’95 Mas. Demikian, selamat berlibur bersama keluarga semoga sangat menyenangkan. Hatur nuhun.

34. joe - September 26, 2008

hai there. i had read ur blog. it is so useful. i am from s’pore and would like to travel to bandung in nov 08 this coming end year. The idea is to be there for a long friend wedding while on a low budget trip + an unforgetable experience for me to travel the local sytle. i mean by bus, ferry. but if i have to take a flight due to no means of transportation, then i just have to..

maybe, i might eed ur opinion. defiantely, frm singapore, i will have to get a ferry to batam. and from there, is there any mean to get on a ferry to work my way up to bandung? will wait for ur reply. tnx.

35. wahju - Desember 15, 2009

Hai….

Aku baru baca2 pengalaman kawan2 nich karena ada niatan jalan2 juga kesana mesti belum habis kami jelajahi negri kita tercinta ini.

Dan nampaknya nggak ada yang tanya2 lagi jadi informasinya sangat membantu bagi kawan yang pergi kesana.

Tapi bagaimana dengan keadaan sekarang??

Bisa kasih info, bos?

Terimakasih

36. ardinusw - Juni 5, 2011

nice info mas…😀

37. sewa apartemen - September 8, 2012

What’s up mates, its fantastic post regarding tutoringand entirely explained, keep it up all the time.

38. Roberto - Mei 3, 2013

nice info mas

39. Perjalanan Jakarta – Singapura, via Batam | Weblog Ayo Wisata Dunia - Januari 20, 2014

[…] artikel sebelumnya mengenai persiapan, berikut ini sharing saya mengenai pengalaman selama dalam perjalanan Jakarta […]


Tinggalkan Balasan

