jump to navigation

Kunjungan ke CommunicAsia2007, Singapore Expo Juli 2, 2007

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
trackback

Untuk pertama kalinya saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pameran akbar teknologi informasi dan komunikasi CommunicAsia2007 di Singapore Expo. Sebuah pameran yang sangat megah sepanjang pengalaman saya. Pameran tersebut menampilkan berbagai teknologi seperti Broadband Wireless, Enterprise Networks & Technologies, Next Generation Network, IP Communication Solution, Satellite Communication, Fixed Mobile Convergence, dan banyak lagi.

Di pameran tersebut terdapat beberapa stand yang menampilkan solusi komunikasi pedesaan atau rural communication. Saya mencoba mengumpulkan beberapa alternatif teknologi yang mencakup i) WiFi Technology, ii) Satellite-based Terminal, iii) UHF/VHF Radio Terminal, dan WiMAX.

Saya merasa teknologi seputar Voice over IP (VoIP) kurang begitu marak di pameran, padahal saya dan rekan-rekan sedang mencari inspirasi mengenai perkembangan teknologi ini. Saya hanya menemukan satu dua stand yang menampilkan produk IP-PBX. Selain itu, hanya ada beberapa stand yang menampilkan produk gateway baik analog PSTN maupun CDMA.

Yang jelas asik dan puas banget bisa jalan-jalan di acara CommunicAsia. 5 jam berada di lokasi ternyata masih menyisakan banyak stand yang belum dikunjungi. Tapi apa daya hari telah semakin sore, sesuai dengan rencana kami mesti mengunjungi Mustafa Centre dan mencari cinderamata. Asik asik …

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

