jump to navigation

Memilih Topik Disertasi November 21, 2007

Posted by ybandung in Tutorial Metode Penelitian.
Tags: ,
trackback

Saya melakukannya sekitar 4 tahun lalu ketika saya terdaftar sebagai mahasiswa S3 Teknik Elektro ITB. Berhubungan saya adalah staf peneliti di Pusat Mikroelektronika ITB yang berfokus kepada penelitian mengenai Wireless Multimedia Internet, saya memilih tema Kualitas Layanan VoIP (Quality of Service, QoS).

Dalam pembelajaran saya, beberapa tahapan yang baik untuk dilakukan adalah:

  1. Menjadi Pembaca yang Aktif
    Mengumpulkan paper sebanyak-banyaknya tentang bidang penelitian dengan mengunjungi perpustakaan, berlangganan majalah IEEE, dan browsing di Internet via Google dan Citeseer. Dari pembelajaran saya, ternyata kita mesti menjadi pembaca yang aktif untuk mengetahui dari mana ide penulis muncul, apa yang dikerjakan oleh penulis dan relevansinya dengan bidang penelitian, serta ide apa yang dapat dikerjakan selanjutnya.
  2. Menjadi Pendengar yang Budiman
    Kita lakukan dengan mengikuti seminar-seminar ilmiah baik nasional maupun internasioanal. Lebih baik lagi kalau kita juga mengirimkan paper untuk dipresentasikan. Dari situ, kita akan mengetahui tren terbaru dari bidang ilmu tertentu.
  3. Berdiskusi dengan Pembimbing
    Pengalaman saya menghadap pembimbing atau promotor berkesan sungkan, sehingga cenderung untuk melakukannya sendiri. Tetapi bagaimana pun, seorang pembimbing pasti memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lengkap, yang akan membantu kita menentukan ke mana topik penelitian akan dibawa.
  4. Mengembangkan Ide
    Begitu kita dan pembimbing sepakat mengenai topik penelitian, seyogyanya kita berfokus kepada ide tersebut dan secara komprehensif mengembangkannya. “Fokus” diperlukan supaya penelitian tidak menjadi spread ke mana-mana, dan “pengembangan” adalah wajib karena penelitian-penelitian sejenis bisa jadi sedang dilakukan oleh banyak orang di muka bumi.

Komentar»

1. za - November 21, 2007

Wah baru tahu Mas Bandung, nulis blog. Kunjungan kali pertama! Hmmph… desertasi? Belum (berarti akan ada dong?) ada dalam otak ku.

2. ybandung - November 21, 2007

Iya dong Zaki, ngga mau kalah bikin blog he he. Berarti akan ada .. tinggal dimulai saja di dalam pikiran, jalan pasti terbuka lebar. Nuhun ya Zaki dah mampir .. salam.

3. za - November 22, 2007

Aku masih suka merenung. Peran akademisi, ilmuwan dalam masyarakat itu akan seperti apa sih. Aku gak suka dengan konsep menara gading, Mas Bandung.

Ah, emang pikiran ku suka lari kemana-mana.

4. ybandung - November 23, 2007

Boleh dishare dong Zaki, gimana dengan pikiran Zaki sendiri ..

5. Akhmad Mulyanto - November 26, 2007

weleh pembaca aktif yah, saya baca2 kalau sudah kepepet😛

6. ybandung - November 26, 2007

Kalau saya bukan termasuk pembaca aktif mas Mul, ternyata nemu artikel yang mengusulkan untuk menjadi pembaca aktif hue he he … Salam dan nuwun sudah mampir mas Mul.

7. Stress karena Skripsi « Systems Thinking - Januari 21, 2008

[…] jenguk juga artikel dari rekan saya yg di ITB berikut ini mengenai memilih topik disertasi. […]

8. basuki - Maret 8, 2008

Halo pren,
Berarti aku bisa berguru ke panjenengan ya🙂
How to survive at ITB academic jungle🙂

9. ybandung - Maret 10, 2008

Gludhag! … waduh ngga bisa pren Bas, wong kita sama-sama sebangku kuliah koq, maksudnya apa yang mau saya ajarkan hehe …

How to survive, belum sekarang Bas njawabnya .. soalnya belum terbukti e .. he he .. Karena kebetulan saya jadi peneliti kontrakan ITB, makanya masih awet di dalam kampus mas. Matur nuwun nggih telah mampir.

10. Beberapa Link Bacaan tentang Metoda Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Januari 28, 2009

[…] Memilih Topik Disertasi […]

11. Yoki - Mei 27, 2010

mas bandung, saya yoki dari bandung juga. saya berminat dan akan mencoba daftar s3 di elektro ITB. bidang yang akan saya kembangkan adalah tentang “mobile application” tetapi saya belom ngobrol banyak dengan p’hielwadi ato p’agung, tetapi mudah2 dapat pencerahan ke arah mananya nih…pendapatnya donk???

Halo Mas Yoki, semoga sukses ya. Untuk disertasi yang perlu dijawab adalah kontribusi ke pengembangan ilmunya pada hal apa, apakah pengembangan model, metode/metodologi, algoritma, proses, dan lain-lain.

12. fentidaud@gmail.com - September 10, 2011

dek Bandung, justru yg berat bagi saya adalah membaca, bagaimana kiatnya supaya saya betah membaca, soalnya sampai saat ini saya belum menemukan ide mengenai topik disertasi saya,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: