jump to navigation

Memperbaiki Akta Kelahiran (1) Januari 16, 2008

Posted by ybandung in Serba-Serbi Pribadi dan Kegiatan.
Tags:
trackback

Saya berencana memperbaiki akta kelahiran anak saya, Erin Veterina, yang ternyata terdapat kesalahan satu huruf nama orang tua. Setelah Erin lahir pada 7 Oktober 2007 lalu, saya mengurus akta kelahiran melalui Rumah Sakit St. Borromeus. Untuk perbaikan sepertinya (belum bertanya ke Borromeus, red)  saya harus mengurus sendiri di Dinas Kependudukan.

Saya mencari informasi di internet, untuk pengurusan akta kelahiran di Kota Bandung adalah di Dinas Kependudukan, Jl. Ambon No. 1B Bandung, telepon (022) 4209891. Barangkali ada pengalaman rekan-rekan, saya mohon informasi baik mengenai persyaratan, proses pengurusan dan biaya yang diperlukan. Terimakasih banyak.

Membaca di website Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, untuk mengurus perbaikan akta kelahiran diperlukan persyaratan sebagai berikut:

  1. Untuk menambah, merubah dan atau mengurangi nama pada akta kelahiran anak, pemohon mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri setempat untuk memperoleh penetapan pengadilan.
  2. Setelah memperoleh penetapan Pengadilan Negeri, pemohon menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan membawa persyaratan :
    • – Surat Penetapan Pengadilan Negeri
    • – Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • – Fotokopi KTP
    • – Kutipan Akta Kelahiran Anak yang akan dirubah
    • – Mengisi formulir yang disediakan

Sekalian saya mengutip informasi mengenai akta kelahiran, sebagai berikut: Sangat disarankan mengurus akta kelahiran sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Adapun persyaratan untuk membuat akta kelahiran adalah sebagai berikut :

  • Surat Keterangan kelahiran dari Rumah Sakit / Dokter / Bidan / Pilot / Nakhoda
  • Surat Tanda Bukti Perkawinan Orang Tua
  • Surat Keterangan Kelahiran dari Lurah
  • Fotocopy Kartu Keluarga / Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisir Lurah

Jenis-jenis akta kelahiran. Akta kelahiran digolongkan menurut jarak waktu pelaporan dengan kelahiran. Ada 3 jenis akta kelahiran, yaitu :

  • Akta Kelahiran Umum Akta kelahiran yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran yang disampaikan dalam batas waktu selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari kerja bagi WNI dan 10 (sepuluh) hari kerja bagi WNA sejak tanggal kelahiran bayi.
  • Akta Kelahiran Istimewa Akta Kelahiran yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran yang telah melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari kerja bagi WNI dan 10 (sepuluh) hari kerja bagi WNA sejak tanggal kelahiran bayi.
  • Akta Kelahiran Dispensasi Akta Kelahiran yang dibuat berdasarkan Program Pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang lahir sampai dengan tanggal 31 Desember 1985 dan terlambat pendaftaran / pencatatan kelahirannya.

Komentar»

1. Mencari Informasi Perbaikan Akta Kelahiran/Perkawinan « Yoanes Bandung & Activities - Februari 15, 2008

[…] Akta Kelahiran/Perkawinan February 15, 2008 — ybandung Menyambung artikel mengenai perbaikan akta kelahiran, hari ini saya datang ke Kantor Dinas Kependudukan Kota Bandung yang beralamat di Jalan Ambon 1B […]

2. Memperbaiki Akta Kelahiran (2) « Yoanes Bandung & Activities - Juli 3, 2008

[…] 3, 2008 oleh ybandung Melanjutkan rencana kami memperbaiki Akta Kelahiran putri kecil kami, Arlene Veterina, tadi pagi saya datang ke Kantor Dinas Kependudukan Kota Bandung […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: