jump to navigation

VoIP Masuk Desa, Sebuah Testbed R-NGN Januari 16, 2008

Posted by ybandung in Teknologi.
Tags: , ,
trackback

copy-of-dsc_00602007-08-21.jpgApakah yang kita bayangkan dengan VoIP masuk desa? Ya, layanan telepon berbasis Internet yang dapat dinikmati oleh warga masyarakat di pedesaan baik yang di pinggiran kota, dusun-dusun maupun di lereng-lereng pegunungan. Hem .. jika VoIP sudah masuk desa, berarti multi-layanan berbasis Internet akan dapat dinikmati oleh warga.

Teknologi untuk membangun VoIP masuk desa atau diistilahkan sebagai Rural Next Generation Network (R-NGN) mencakup teknologi Softswitch dan teknologi akses berbasis radio ethernet (WiFi). Softswitch untuk desa bukanlah yang berskala besar seperti digunakan oleh Telco, tetapi Micro-Softswitch atau Terminal Akses Desa yang berfungsi sebagai sentral switching telepon dilengkapi dengan sistem billing. Teknologi akses yang menghubungkan desa-desa dapat menggunakan teknologi WiFi 2.4 GHz atau 5.8 GHz atau teknologi WiMAX. Untuk jaringan kabel ke rumah-rumah dapat menggunakan kabel ethernet atau kabel analog biasa.

Kira-kira itulah sebuah testbed R-NGN yang berlokasi di Punclut – Bandung dan dikembangkan oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PP TIK) ITB sejak tahun 2003 dan berjalan sampai sekarang. Warga masyarakat dapat saling bertelepon dengan sesama warga tanpa membayar biaya pulsa, kecuali jika hendak menelpon ke jaringan telepon publik baik PSTN, GSM maupun CDMA.

Iklan

Komentar»

1. VoIP Masuk Desa, Sebuah Testbed R-NGN « IP Solutions - Februari 13, 2008

[…] Masuk Desa, Sebuah Testbed R-NGN This entry was written by ybandung. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.Content related […]

2. Lagi, Kunjungan R-NGN Punclut « Yoanes Bandung & Activities - Maret 17, 2008

[…] pembicaraan di dalam mobil yang dibawa oleh Pak Yadi dari Koran Tempo meluncur ke lokasi Testbed Rural NGN Punclut-Bandung. Tidak lama waktu yang kami habiskan, kami telah sampai di lokasi testbed. Kami langsung menuju […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: