jump to navigation

Penjelasan Riset Insentif 2008 dan 2009 Maret 14, 2008

Posted by ybandung in Perihal Penelitian.
Tags:
trackback

Pagi tadi saya mengikuti pertemuan di Auala Barat ITB dalam rangka penjelasan Penelitian Riset Insentif 2009 termasuk prosedur dan mekanisme pertanggungjawaban administratif dan keuangan penelitian. Penjelasan secara umum mengenai Program Riset Insentif diberikan oleh Staff Ahli Menteri Negara Ristek Prof. Dr. Engkos Koswara, sementara prosedur dan mekanisme pertanggungjawaban administratif dan keuangan diberikan oleh wakil tim ahli administratif Ristek.

Pengajuan Proposal Penelitian 2009 

Secara umum, topik-topik Program Riset Insentif yang diajukan harus mengacu kepada Agenda Riset Nasional 2006-2009. Penulisan proposal harus mengacu kepada Pedoman Program Insentif Kementerian Negara Riset dan Teknologi – Edisi 3 yang bisa didownload di sini. Sementara penyusunan anggaran harus mengacu kepada Keputusan Menteri Keuangan; sebagai tambahan, program penelitian yang diajukan tidak boleh menganggarkan peralatan. Anggaran yang diusulkan yaitu antara 250-500 juta disesuaikan dengan besarnya pekerjaan yang akan dilakukan sehingga kebutuhan dana merupakan kebutuhan riil penelitian/kegiatan, telah termasuk pajak-pajak yang telah ditetapkan oleh Ditjen Pajak, yaitu 10% untuk Pajak PPN dan 4.5% untuk Pajak PPh. Sementara Kementerian Negara Ristek tidak akan memotong apa pun dari jumlah anggaran yang diajukan oleh peneliti.

Pengajuan proposal harus mendapat persetujuan dari kepala unit organisasi dari institusi/lembaga pengusul. Khusus untuk Program Insentif Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi harus bermitra dengan industri dan pencantuman industri harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari pimpinan mitra industri yang bersangkutan.

Pengajuan proposal tahun 2009 dilakukan dengan mengisi Formulir Aplikasi On-Line sampai dengan tanggal 21 April 2008 pukul 18.00. Hasil evaluasi akan diumumkan dalam bentuk short list pada tanggal 30 Mei 2008, sementara proposal lengkap diterima sampai dengan tanggal 7 Juli 2008 pukul 16.00 di Sekretariat Program Insentif, Gedung II BPPT Lantai 7, Jl. M.H. Thamrin No 8.  Presentasi proposal dilakukan sekitar Agustus/September 2008. Jenis penelitian yang difokuskan pada tahun 2009 adalah Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi dan Divusi.

Informasi Penelitian 2008 

Informasi untuk penelitian Riset Insentif 2008, rencana pencairan dana dilakukan dalam 4 tahap yaitu 30% Februari 2008, 30% Mei 2008, 30% Agustus 2008 dan 10% November 2008. Beberapa peneliti mengajukan keberatan akan skema pembayaran tersebut dengan alasan penelitian harus dimulai dengan kesiapan bahan-bahan yang lengkap. Berkas pertanggungjawaban keuangan yang asli akan disimpan oleh lembaga pengelola dalam hal ini LPPM ITB, sementara fotokopinya akan diserahkan ke Kementerian Negara Ristek.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: