jump to navigation

Nokia Xpress Music 5610 atau Nokia 6120 Classic April 24, 2008

Posted by ybandung in Teknologi, Teknologi Mobile.
Tags: , , ,
trackback

Sebenarnya pertimbangan utama saya adalah modem GPRS/3G-nya, di mana Nokia 5610 mendukung sampai 3G dengan kecepatan 384 kbps sementara Nokia 6120 mendukung 3.5G atau HSDPA yang bisa mencapai kecepatan 3.6 Mbps. Berarti harus memilih Nokia 6120, karena mengakomodasi satu generasi telekomunikasi di depan.

Pertimbangan berikutnya adalah built-in camera. Saya membutuhkan pengganti kamera poket Olympus C350 yang sudah berumur 3 tahun dan tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya saya memiliki kamera DSLR Nikon D70s yang saya beli setahunan yang lalu, tapi kurang praktis kalau dibawa ke mana-mana, selain berat. Jadi, DSLR saya fungsikan untuk menemani hunting keluar kota atau tamasya atau acara keluarga saja. Untuk itu saya membutuhkan kamera yang ringkas dan praktis. Nokia 5610 memiliki 3.15 Meg Autofokus, sementara Nokia 6120 2 Meg Non-Autofokus. Jelas saya memilih yang autofokus, bukan masalah besar megapixel-nya.

Memilih di antara keduanya, akhirnya saya menjatuhkan pilihan kepada Nokia 5610 seharga Rp 2.525.000 plus pelindung layar Rp 35.000 yang saya dapatkan dari Gselular BEC. Saya pikir kemampuan 3G saja sudah sangat baik untuk mengakses Internet via jaringan GSM/3G. Saya sudah merasa puas dengan kecepatan akses yang lumayan kenceng. So far so good … manteb!

Update 21 Oktober 2009: Beberapa waktu lalu, hp saya ini mengalami masalah yaitu retaknya slider geser kanan kiri (persis di bawah LCD) karena terjatuh ke lantai keramik dan mungkin jatuhnya pas kena bagian ini. Saya biarkan lama-lama pecah juga karena tergesek benda-benda di dalam tas. Saya datang ke Service Center Nokia di BEC Bandung Lantai 3, perlu biaya Rp 282.000,- untuk mengganti spare part dan jasa pemasangannya. Kemudian saya bertanya ongkos perbaikan di salah satu counter hp di BEC Lt. UG F-01. Setelah tawar menawar saya menyetujui Rp 175.000,- sebagai biaya perbaikan dengan spare part asli Nokia. Kini hp saya kembali normal.

Iklan

Komentar»

1. fikriw - April 24, 2008

wah jadinya Nokia 5610 ya? selamat menikmati..:D
kalo saya pilih 6120 classic mas, disamping HSDPA, saya jarang menggunakan kamera HP, mending pake kamera pocket, hehe..

2. Harjo - April 24, 2008

Jadi kepengen beli Nokia Xpress Music 5610 . Saya juga punya kasus kurang lebih sama. Saya punya camera poket merek Olympus, rada rewel. Sedangkan camera SLR Canon 350, kurang praktis untuk dibawa-bawa. Sedangkan HP yang sekarang saya pakai hasil gambarnya agak kurang bagus.

3. rakhmawan - April 24, 2008

Saat ini saya masih cukup puas dengan Nokia 6280 3G saya.. kalau dapet rejeki sepertinya beli Sony cybershoot saja… 😀

Btw.. selamat atas HP barunya mas..

4. ipung - April 24, 2008

kalo pengalaman saya dan temen-temen saya…
Untuk suara kami lebih milih Sony Ericsson, terutama yang W Series.. Kameranya juga bagus.. Tapi ya itu, modelnya gitu2 aja ya.. kalo nokia kan design-nya selalu berubah 😀

5. ybandung - April 25, 2008

Thanks Fikri ..
sebenarnya saya pengen memiliki (lagi) kamera saku .. tapi untuk saat ini saya memilih memprioritaskan akses 3G dulu plus tambahan kamera autofocus .. Untuk HSDPA juga menjadi target sebenarnya, cuman pada akhirnya memilih yang ini hehe ..

Halo Mas Hari ..
Saya ngga ngerti apakah kamera saku Olympus memang lebih mudah rusak dibanding merek lain atau tidak. Saya membaca beberapa review, ternyata Olympus sangat boros dalam hal pemakaian batere. Nah kamera saku saya tidak mau menunjukkan tanda-tanda kehidupan, meskipun batere baru pun sudah dicoba berulang kali.

Mungkin saran Mas Ipung perlu diexplore juga Mas Hari. Saya sendiri pernah mencoba merek Sony Ericsson, cuman dari segi tampilan koq kurang wah ya hehe ..

Mas Hendra (Rakhmawan):
Trims banyak .. pilihan yang sesuai selera saya. Untuk kamera saku saya lebih memilih Cybershoot. Olympus gambar jernih tapi saya meragukan ketahanan mesinnya, Canon mencoba beberapa tipe hasilnya seperti kurang hidup kecuali kalau Canon DSLR-nya, Nikon belum pernah pengalaman dengan kamera sakunya, sementara saya suka dengan hasil Cybershoot milik teman saya. Kincling ..

Trims banyak Mas Ipung untuk masukannya .. semoga bisa menjadi pertimbangan bagi rekan-rekan yang hendak memilih pesawat baru ..

6. dyontanjung - April 25, 2008

wah2 hpnya baru nih, slamat ya
kalo dah milih yang 5610 yang 6120 buat aq aja ya…

7. ybandung - April 25, 2008

@ dyontanjung:

Halo om Dion, terimakasih ya .. nah yang 6120 ngga dibeli e ..
Trims sudah mampir ya ..

8. Beberapa Foto Perumahan di Bandung « Yoanes Bandung & Activities - Mei 1, 2008

[…] Rumah kami berada di Komplek Griya Bukit Mas 2 di Bojongkoneng, sekitar 2 km dari Cikutra/Pahlawan. Sudah tidak ada pembangunan rumah baru, namun kadang-kadang ada beberapa rumah dijual. Foto diambil hari ini menggunakan Nokia Xpress Music 5610. […]

9. fatur - Mei 25, 2008

aku sich sekarang dah punya 5610, tapi aku malah pengen ganti ke 6120..aku jadi bingung nich…enaknya ganti gak ya???yang aku seneng dari 6120 tuh design ma osnya..bantuin yaw

10. ybandung - Mei 28, 2008

@ Fatur:

Tergantung kebutuhan Mas Fatur. Kalau memang butuh design dan os-nya, saya kira sah-sah saja berganti hp.

Saya sendiri sementara ini sangat puas dengan Nokia Xpress 5610, selain 3G sudah sangat memenuhi kebutuhan saya, camera autofokusnya jg sangat ok buat saya.

Demikian Mas, trims.

11. Zòé - November 25, 2008

selamet nih dah punya hp baru, meskipun dah telat ya….

sebelumnya aku pusing mw beli 5610 atw 6120 ???
tapi setelah baca comment temen2 semua, aku jadi mantap deh untuk memilih 6120 classic.

thx….

Selamat berburu 6120 classic dech Mas .. pilihan yang saya kira mantab, khususnya untuk akses 3.5G atau HSDPA. Hasil jepretan kameranya juga cukup ok menurut saya. Salam.

12. Rindra - Februari 3, 2009

Handphone saya nokia 5610 ko ga bisa 3G ya? Paling mentok akses gprs di E (edge) help..

Pakai kartu apa Mas? Apakah lokasi tinggal sudah terjangkau jaringan 3G dari kartu yang digunakan?

13. Leo - Februari 11, 2009

hmm bagaimana sampe sekarang apakah slide nya msh oke atau udah agak lecet?

Halo .. sampai dengan Februari 2009 ini, slidernya masih ok koq.

14. adim - Mei 21, 2009

klw gw dah dr dulu punya nokia 6120C emang tampang sih keren mungil lagi, tapi untuk kualitas suara musik kurang bagus lebih condong ke 5610

Setuju Mas hehe .. kualitas suara 5610 kincling, ngga kalah sama Ipod dech ..

15. cha-cha - Oktober 20, 2009

beli ahhhhhhhhh aku suka ………{ hp ini }
5610 AKU
TUNGGU KAMU …………..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

16. ariz - November 2, 2009

masih pilih hp series 40 ?

17. Putu - Januari 30, 2010

Hrganya berapa…?

18. jojon - Februari 7, 2010

low da yg nyari 5610 XPress Music. hub. gw aje tapi bwt di wilayah palembang aje ye. kondisi hp 73 % . ni aje OL pke 5610. FB ~ m.alfisyahrin@gmail.com

19. Reza - Juni 7, 2010

Mnurut Q 5610 keyen, gaya anx muda bnget . .

20. Tungau - Desember 31, 2011

Mantap

21. Memori Card HP Tidak Terdeteksi | Yoanes Bandung & Activities - Februari 20, 2014

[…] terasa sudah dua tahun lebih saya telah menggunakan handphone Nokia Xpress Music 5610. Minggu lalu hp tersebut terasa lambat sekali responnya ketika saya menekan tombol-tombol keypad. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: