jump to navigation

Menghitung Biaya Perjalanan Jakarta – Chengdu, China April 29, 2008

Posted by ybandung in Discover Wonderful Indonesia.
trackback

Kebetulan paper saya diterima di konferensi CIS-RAM 2008 di Chengdu-China yang akan berlangsung pada tanggal 3-6 Juni 2008 mendatang. Nah, saya diminta pembimbing untuk membuat proposal untuk mencari sponsorship mana tahu bisa mendapatkan dana dan pergi ke konferensi tersebut.

Sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi website yang menceritakan secara detail pengalaman perjalanan Jakarta – Chengdu. Jadi sementara ini saya minim informasi. Dua minggu lalu, saya mampir ke sebuah travel agent di BTC Pasteur Bandung. Saya ditawari penerbangan Malaysia Airlines dari Jakarta – Chengdu lewat beberapa point saya lupa. Tiket untuk awal Juni mendatang sekitar USD 700 pp, belum termasuk pajak-pajak. Barangkali amannya USD 900 ya, termasuk pajak-pajak tentunya.

Travel agent tersebut juga dapat membantu mengurus Visa dengan biaya kurang lebih Rp 500 ribuan, juga bisa membantu untuk booking hotel di tempat tujuan. Biaya fiskal saya kira standar Rp 1 juta, selain biaya Airport Tax baik di Jakarta maupun di Chengdu.

Berikutnya menghitung biaya penginapan atau hotel. Panitia konferensi telah menyiapkan informasi perjalanan dan penginapan di link ini. Karena konferensi akan berlangsung di Sheraton Hotel yang beralamat di 15th, first section, Middle People’s Road, Chengdu, berarti saya musti mencari penginapan yang relatif murah namun tidak jauh dari tempat berlangsungnya konferensi. Saya ambil contoh misalnya Xiong Fei Hotel Chengdu yang beralamat No. 210, Xiyulong Street, Chengdu. Dua tipe kamar pertama saya tidak tahu karena berhuruf China masing-masing bertarif RMB 228 dan RMB 258, sementara Deluxe Room-Single bertarif RMB 238 atau dikonversi di sini menjadi Rp 314.225 dan Single-Room bertarif RMB 218 atau Rp 287.800. Berarti 1 Yuan (RMB) dikurskan sebesar Rp 1320.

Apalagi ya .. hem, biaya transportasi lokal dari bandara ke hotel dan biaya makan. Waduh .. yang ini susah mencari informasinya dech. O iya, saya diberitahu panitia bahwa bulan Juni merupakan perioda puncak (peak period) bagi pengunjung Chengdu sehingga harus jauh-jauh hari memesan kamar hotel.

Sudah dulu ah .. coba browsing lagi. Mohon sharing info dari rekan-rekan dan pengunjung ysh yang memiliki informasi berkaitan dengan perjalanan ke China, atau Jakarta-Chengdu khususnya. Terimakasih banyak.

Komentar»

1. parmis - April 29, 2008

ora mudeung om yo

2. Zener - April 30, 2008

slamat2x. bawain oleh2x yang banyak yahh.

3. ybandung - April 30, 2008

Trims Zener .. tapi belum tentu berangkat koq ..

4. jmzach - Mei 3, 2008

wah selamat ya … jadi ingat Antonius Aditya (temannya juga to?) dulu ya waktu juga mendampingi dosen pembimbingnya untuk membawakan paper-nya di Singapura.

Oh, ya sekedar tip saja … kalau sudah dapat hotel jangan lupa minta mereka scan alamat dan nama hotelnya dalam aksara China ya, soalnya untuk driver taxi di Shanghai saja kadang mereka tidak terbiasa dengan aksara latin (termasuk tidak bisa Inggris) sehingga perlu juga menunjukkan nama hotel dan alamat tujuan dalam aksara China. Kl mengandalkan penyebutan/lisan saja … wah tidak jamin … ya lidah/cengkok kita dan mereka saja sudah beda … so la + repot to? he2x

Salam Kenal & Good Luck ya

5. ybandung - Mei 4, 2008

Dear Pak Zach,

Terimakasih banyak. Betul, Mas Aditya adalah rekan saya Pak dan pernah membawakan paper di Singapore.

Wah .. terimakasih banyak Pak Zach atas tips dan nasehatnya. Informasi yang sangat menarik Pak. Sangat bermanfaat buat saya kalau seandainya bisa berangkat, dan juga bagi rekan-rekan yang akan melakukan perjalanan ke negeri China umumnya.

Salam kenal kembali dan terimakasih. salam, yoanes bandung.

6. raihan hafish - Mei 4, 2008

saya akan berangkat ke chengdu via jkt-guangzhou-chongqing-chengdu tgl 6 mei 2008, jalan sama ayah katanya mau ikutan konfrensi tentang transplantasi hati, nanti dicritain ya,
salam kenal, raihan balikpapan

7. ybandung - Mei 6, 2008

Halo mas Raihan,

Trims banyak informasinya .. mohon info-infonya ya Mas. Saya berterimakasih dan akan sangat membantu rekan-rekan lain yang hendak bepergian ke Guangzhou atau Chengdu.

Selamat menikmati perjalanan Mas Raihan. Hatur nuhun dan salam dari bandung,
yoanes bandung.

8. budisulis - Mei 19, 2008

Hallo Mas Yo, apa kabar?
Blog saya sekarang sdh dipindah ke:

http://budisulis.wordpress.com

Banyak tulisan baru ttg Budget Traveling ke Singapore.

Ok, sampai jumpa.
Thanks.

9. ybandung - Mei 19, 2008

Halo Mas Budi, saya kabar baik terimakasih.
Sip Mas, info-info di blog Mas Budi sangat bermanfaat dan selalu ditunggu.

Terimakasih dan salam.


Tinggalkan Balasan

