jump to navigation

Mengukur atau Menghitung Pemakaian Data GPRS April 29, 2008

Posted by ybandung in Teknologi, Teknologi Mobile.
trackback

Di dalam laptop saya terinstal program untuk mengukur pemakaian data Internet berbasis volume yaitu NetMeter yang saya peroleh dari link ini, matur nuwun Mas Antony di Semarang. Dengan NetMeter saya dapat memantau pemakaian data baik data upload maupun data download yang melalui modem built-in atau antarmuka Ethernet di dalam laptop atau antarmuka dial-up seperti modem handphone.

Bagaimana jika ingin mengetahui biaya pemakain data, sementara program NetMeter ini tidak diprogram untuk mengetahui biaya pemakaian lho?

Saya menginstal juga program untuk menghitung rupiah pemakaian data melalui antarmuka dial-up, atau sebut saja pemakaian data GPRS. Program tersebut adalah GPRS Counter yang saya peroleh dari link ini, matur nuwun Mas Darmawan di Yogyakarta. Dengan program ini, saya dapat memonitor berapa rupiah yang saya keluarkan karena menggunakan akses data GPRS. Di dalam menu pilihan (option), saya memasukkan rate per kbps dari kartu yang saya gunakan. Saya memasukkan tarif Rp 1 per KB untuk kartu Axis yang saya gunakan. Dari penggunakan data receive 170.5 KB dan transmit 91.9 KB, saya telah menghabiskan Rp 262 hehe..

Mangga silakan pilih program mana yang sesuai dengan kebutuhan. Saya sendiri akan memilih salah satu dari kedua program di atas. Sementara, biarlah keduanya tetap terinstal di komputer hehe .. Terimakasih.

Iklan

Komentar»

1. Akhmad Mulyanto - April 29, 2008

weleh ganti themes juga.

2. parmis - April 30, 2008

aku juga mao pake GPRS OM YO

3. ybandung - April 30, 2008

Jangan lupa pasang Counter Gprs-nya Pak Mis, biar pulsa tidak jebol hehe ..

4. Memilih Tarif Internet Volume-based atau Time-based « Yoanes Bandung & Activities - Mei 10, 2008

[…] saya mendownload file sebesar 7.7 MB, saya lupa mencatat total data receive dan transmit di GPRS Counter. Untuk perhitungan saya asumsikan telah menggunakan data receive dan transmit 7.7 MB = 7.700 KB. […]

5. anak makassar - Januari 31, 2009

Mas, emang gk mau berfugsi yah kalo koneksinya pake modem wireless?? Ada settingannya ya mas?? Soalnya aku pake Sierra 881 gak mau jalan gprs counter’na. Tapi kalo aku pake HP sebagai modem’na..Koq berfungsi gprs counter’na. Bingung decH mas.. Bagi donK mas kalo ada settingan’na..Plizzz. Makasih mas Yo..

6. Herman - Januari 5, 2010

ini freeware mas??
daku dah unduh tapi koq ada menu register segala…??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: