jump to navigation

Beberapa Pemodelan VoIP Traffic Mei 1, 2008

Posted by ybandung in Teknologi.
Tags:
trackback

Artikel ini membahas aspek teknis dari pemodelan aliran data telepon Internet atau Voice over Internet Protocol (VoIP). Pemodelan ini sangat penting bagi upaya perancangan jaringan maupun analisis kinerja mengenai teknik Quality of Service (QoS) untuk mendukung VoIP. Yuk kita lihat pembahasannya.

Secara umum, jaringan Internet melayani aliran paket data berdasarkan teknik best effort. Jaringan tidak menyediakan garansi apa pun terhadap sampai tidaknya paket data ke tujuan atau mengenai jaminan kualitas layanan. Pengiriman paket data sangat bergantung kepada kondisi dan beban jaringan, sehingga laju bit atau pun waktu pengiriman data tidak dapat diketahui dengan jelas. Oleh karena itu, manajemen jaringan VoIP sangat diperlukan untuk mendukung kualitas layanannya.

Manajemen jaringan VoIP tidak terlepas dari proses perancangan maupun analisis kinerja jaringan. Karakteristik lalu lintas VoIP secara signifikan ditentukan oleh penggunaan voice coder. Ada dua tipe aliran data, pertama adalah tipe aliran constant bit rate (CBR) misalnya oleh penggunaan voice coder G.711; kedua adalah tipe aliran On-Off misalnya oleh penggunaan voice coder G.723.1, G.729, atau GSMFR. Di dunia VoIP, tipe On-Off sangat penting karena penggunaan berbagai voice coder untuk menurunkan laju bit pengiriman paket data.

Menurut Dang et al. (2002), pemodelan klasik adalah model voice activity detection (VAD) yang mendefinisikan aliran VoIP terdiri dari talkspurt dan gap dengan panjang perioda mengikuti distribusi eksponensial (model Markov). Beberapa penelitian menemukan bahwa pendekatan eksponensial akan menghasilkan perioda On-Off yang tidak akurat, sehingga diusulkan distribusi lognormal oleh Casilari et al. (2002) dan distribusi gamma-Weibull oleh Seger (2003).

Analisis kinerja VoIP mencakup analisis mengenai model antrian. Di dalam sistem antrian, antrian disebabkan oleh agregasi lalu lintas data yang berasal dari aliran-aliran data termultipleks yang akan dilayani menurut disiplin layanan tertentu misalnya FCFS (First Come First Serve). Namun jika koneksi digunakan bersama oleh paket data dan voice, sebaiknya mengaplikasikan penjadwalan sesuai prioritas yang dikehendaki. Beberapa pemodelan sistem antrian akan dibahas di artikel yang lain.

Iklan

Komentar»

1. Beberapa Pemodelan VoIP Traffic - Mei 1, 2008

[…] Read the rest of this great post here […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: