jump to navigation

Memilih Tarif Internet Volume-based atau Time-based Mei 10, 2008

Posted by ybandung in Teknologi, Teknologi Mobile.
Tags:
trackback

Iseng saja, saya mencoba membandingkan tarif biaya akses Internet via gprs antara yang berbasis volume (volume based) dengan yang berbasis waktu (time-based). Saya hanya terpikir kapan sebaiknya memilih tarif berbasis volume dan kapan memilih tarif berbasis waktu. Saya pernah membaca di suatu artikel yang mengatakan basis volume lebih hemat untuk mengakses aplikasi semacam chatting, sementara basis waktu lebih hemat untuk transfer file (upload atau download file).  Yuk kita lihat!

  • Kemarin saya mendownload file sebesar 7.7 MB, saya lupa mencatat total data receive dan transmit di GPRS Counter. Untuk perhitungan saya asumsikan telah menggunakan data receive dan transmit 7.7 MB = 7.700 KB. Waktu koneksi tercatat 1 jam atau 60 menit pada siang hari kerja, mungkin akan lebih singkat lagi kalau saya melakukannya pada malam atau pagi hari. Saya cek pulsa menghabiskan sekitar Rp 6.000 karena memilih tarif berbasis waktu. Sementara kalau memilih basis volume, saya akan menghabiskan Rp 8.470.

Nah, kalau untuk browsing Internet bagaimana ya? Tidak mudah memang, setiap orang memiliki perilaku dan kebiasaan yang bervariasi. Seseorang yang bekerja sambil mengakses dan mengumpulkan ilmu pengetahuan dari Internet, tentu membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan seseorang yang membaca informasi berita.

  • Tipe yang pertama misalnya menghabiskan waktu 30 menit untuk mengakses 4 halaman website katakanlah @ 80 KB. Jika memilih tarif berbasis waktu Rp 100/menit, maka akan menghabiskan 30 menit * Rp 100/menit = Rp 3.000. Sementara jika memilih tarif berbasis volume Rp 1.1/KB, maka akan menghabiskan 4*80 KB * Rp 1.1/KB = Rp 352. Dari perbandingan tersebut, pilihan tarif berbasis volume jauh lebih hemat.
  • Tipe yang kedua, saya baru saja mengakses 2 halaman WordPress.com dan 1 halaman Detik.com dengan total data receive dan transmit yang terlihat di GPRS Counter sebesar 620 KB. Sementara waktu yang diperlukan untuk mengakses informasi tersebut 2 menit. Karena saya memilih tarif berbasis volume Rp 1.1/KB, saya cek pulsa ternyata menghabiskan Rp 680. Sementara kalau saya memilih tarif berbasis waktu Rp 2/menit, saya hanya akan menghabiskan Rp 200 saja.

Jelas sekarang, memilih tarif berbasis waktu atau tarif berbasis volume harus disesuaikan dengan tipe penggunaan Internet. Basis waktu cocok untuk tipe transfer file (download/upload) dan tipe browsing informasi berita. Basis volume cocok untuk tipe bekerja sembari browsing informasi ilmu pengetahuan, dan mungkin juga chatting ya ..

Iklan

Komentar»

1. Agung - Maret 23, 2011

Sy ad rumah di perumahan panyileukan tipe 45 lantai 2 permanen di jual murah cm 300 jt kamar 4, wc 2,dsb hub 085242796462 an.agung trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: