jump to navigation

Menginstal Ulang Notebook NEC-6000x Mei 22, 2008

Posted by ybandung in Teknologi Komputer & Software.
trackback

Tadi malam saya memutuskan untuk menginstal ulang notebook yang sudah berusia 3 tahun, NEC Versa 6000x, kinerjanya sudah lambat sekali dengan prosesor Centrino 1.7 GHz dan memori DDR 512 MB. Mungkin karena sudah kebanyakan aplikasi lumayan berat terinstal di Windows XP (Matlab 7, Office 2007, Adobe Photosop CS2). Atau juga karena terserang virus Trojan Horse yang terdeteksi oleh AVG Free 8.0.

Yang sedikit menghambat adalah CD ROM notebook yang sudah mulai susah membaca CD/DVD, bahkan sudah lama tidak bisa digunakan sebagai CD Writer. Saya harus berkali-kali mengeluarkan-memasukkan CD (untuk dipancing berputar) sewaktu menginstal CD Windows XP paket dari NEC. Wuih .. saya harus melakukannya dua kali proses instalasi, karena instalasi pertama gagal.

Hari ini saya masih melengkapi program-program aplikasi yang lumayan menyita waktu. Agar tidak menghabiskan waktu banyak lagi, saya coba menginstal Norton Ghost 12 trial 30 hari yang saya download dari link ini. Saya sempat mempertimbangkan alternatif lain yaitu Cobian Backup yang free di link ini. Melihat popularitas Norton Ghost saya pun memilih program aplikasi ini. Saya membackup satu drive C berukuran sekitar 8.5GB, disimpan dalam bentuk archieve Norton Ghost sebesar 5.5GB dipecah ke dalam file-file berukuran 640MB. Siapa tahu file back up ini bermanfaat di masa yang akan datang.

Jika sistem operasi masih bekerja, saya bisa me-recovery drive C dengan file backup tersebut dengan menggunakan program aplikasi Norton Ghost. Seharusnya dalam waktu singkat, drive C kembali seperti sedia kala sewaktu dibackup. Jika sistem operasi betul-betul crash dan tidak mau booting, kita mesti menyiapkan CD booting yang bernama Symantec Recovery Disk. Nah, karena saya menggunakan NG trial version, susah dech mendapatkan CD ini. Mesti download dari website Symantec yang berbayar. Hem .. moga-moga sistem operasi di notebook saya tidak pernah crash dech.

Yang penting saat ini notebook saya sudah lumayan fresh dan kenceng lagi. Siap buat bekerja lagi.

Komentar»

1. Akhmad Mulyanto - Mei 24, 2008

norton ghost support ntfs? dulu cuman support fat32.

2. ybandung - Mei 24, 2008

Sudah sejak lama, Norton Ghost support NTFS Mas Mul .. Saya sendiri, drive C masih pake FAT32 kemudian saya backup ke drive lain yang diformat NTFS, kemudian diwrite ke DVD.

3. Menginstall Ulang Netbook EeePC 1008HA, Data Harddisk Hilang « Yoanes Bandung & Activities - Juni 9, 2012

[…] tersebut, saya baru teringat tata cara merestorasi laptop dengan sistem operasi bawaan ketika saya menginstall ulang notebook NEC-6000x 4 tahun yang lalu. Sungguh-sungguh […]


Tinggalkan Balasan

