jump to navigation

Berinternet Murah dengan Kartu Axis Juni 4, 2008

Posted by ybandung in Teknologi, Teknologi Mobile.
trackback

Mulai 1 Juni 2008, nikmati layanan akses data AXIS hanya Rp 0.1/Kb untuk 10 MB pertama setiap hari dan Rp 1/Kb untuk pemakaian selebihnya. Tarif di hitung per 10 Kb. Akses data akan aktif dalam waktu 24 jam sejak panggilan pertama di lakukan. Penawaran ini berlaku hingga 31 Agustus 2008.

Demikian promosi akses data Axis yang dikutip oleh rekan Artikuaku di salah satu artikel weblog ini. Saya kira promo yang sangat menarik, menggunakan 10 MB (atau 10240 KB) hanya terkena Rp 1024 saja. Padahal untuk keperluan browsing, 10 MB bisa dicapai dengan cara membuka sekitar 100 halaman Internet (asumsi setiap halaman adalah 100 KB).

Dalam waktu 3 menit saya coba membuka beberapa halaman weblog dengan total penggunaan data 952.000 byte atau 930 KB. Informasi ini menunjukkan bahwa laju bit yang didapatkan lumayan juga (dibandingkan dengan kualitas sebelumnya) yaitu (952.000 * 8 bit)/(3 * 60 detik) = 42.3 Kb/s atau 5.3 KB/s. Bahkan laju bit bisa lebih tinggi (misalnya untuk proses download file) mengingat selama 3 menit melakukan browsing tersebut, proses download paket data tidak berlangsung terus menerus.

Karena saya menggunakan sejumlah 930 KB, dengan tarif promo Axis Rp 0.1/KB seharusnya saya menghabiskan pulsa Rp 93. Nah, saya coba cek penggunaan pulsa dengan mengetik *888#. Sebelum eksperimen tersebut saya mencatat posisi pulsa adalah Rp 810. Sesudah eksperimen 3 menit tersebut, posisi pulsa adalah Rp 716. Berarti pulsa saya tersedot Rp 95. Selisih Rp 2 adalah pengaruh dari beberapa pembulatan angka yang saya lakukan.

Dari pengamatan sederhana tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan akses data Axis bertarif Rp 0.1/KB memiliki tingkat akurasi perhitungan pulsa yang cukup baik. Selain itu, kecepatan transfer data juga lumayan untuk browsing yaitu 5.3 KB/s bahkan sebenarnya lebih tinggi. Harapan saya, Axis senantiasa menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Rekomendasi: Paket akses data Axis saya kira sangat cocok bagi pengguna Internet yang melakukan browsing dan chatting. Namun kurang memadai bagi yang melakukan download file karena batasan 10 MB setiap harinya, kecuali mau membayar Rp 1/KB untuk kelebihannya.

NB. Konversi Byte – Kilobyte – Megabyte – Gigabyte ada di link ini.

Komentar»

1. mulyanto - Juni 4, 2008

wah, coba experiment lagi mas ndung. Buka wordpres, login, post satu artikel, trus visi site itu habis brapa?

2. artikuaku - Juni 4, 2008

iya lumayan mas, krn aq pake net meter n hp LG jd sambil ngenet bisa diliat tuh pulsanya. Kalau rajin, ya tahu sendirilah trik spt yg terdahulu itu 🙂 …. nah skg buat donlot yg besar2 aq pakenya mentari yg durasi… mayan Rp. 100/menit… Jd sesuai keperluanlah mas.. Tp skg ada lg yg menarik hati… Paket Unlimitednya Halo dr telkomsel.Unlimited cuma Rp.125.000,- /bulan (tanpa modem, tp kan hp qt sdh mendukung 3Gnya) . Program ini br mulai 26 Mei lalu … jd pgn jg ya (kemaruk hehehe…) Untuk saat ini cukup sekian laporan pandangan matanya…. tq… (btw aq ini arti jg yg pernah komen hehehe)

3. ybandung - Juni 5, 2008

@ mulyanto:

Barusan saya tersambung ke Internet,mencoba mengirim satu artikel baru menggunakan Blogjet, dan membuka dua halaman blog ini, data yang saya pakai sekitar 540 KB. Seharusnya kena Rp 54 Mas Mul ..

@ artikuaku:

Halo Mba Arti apa kabar, iya saya ingat betul koq .. pokoknya yang lengkap dengan beragam hape berikut sim cardnya hehe.

Saya setuju, saat ini saya menggunakan Axis untuk browsing biasa dan IM3 @durasi untuk download. Cuman akhir-akhir ini, IM3 saya terasa lambat euy. Download 4 MB saja perlu waktu 30 menit, cuman dapat kecepatan 2 KB/s. Gantian dech .. kartu IM3 lebih banyak disimpan.

Trims infonya, kalau sudah mencoba paket unlimitednya Halo jangan lupa share pengalamannya ya. Salam.

4. mulyanto - Juni 5, 2008

Dulu pernah mengamati telkomnetinstan yang masih 6000 perak per jam. Koneksi selalu putus tiap download file mencapai 5 MB 🙂

5. ybandung - Juni 7, 2008

Mas Mul ..

Download 5 MB dengan telkomnetinstan saya kira prestasi luar biasa lho. Pengalaman menggunakan telkomnetinstan, saya merasa kesusahan untuk download file apalagi upload file misalnya attach file di email.

Makanya sudah setahun lebih saya tidak pernah lagi menggunakan layanan tersebut.


Tinggalkan Balasan

