jump to navigation

Telinga Kesakitan Saat Landing Agustus 19, 2008

Posted by ybandung in Discover Wonderful Indonesia, Kebugaran dan Kesehatan.
trackback

Ceritanya begini. Saya menempuh perjalanan udara jurusan Kupang – Surabaya – Jakarta menggunakan pesawat Airbus 320 dengan 180 seat milik Mandala Air. Ini adalah kali pertama saya menggunakan penerbangan Mandala tujuan Jakarta-Kupang pp.

Selama 10 menit proses landing di bandara Surabaya, kedua telinga saya mengalami kesakitan yang amat sangat. Saya katakan amat sangat karena memang sakit sekali, bahkan sampai ke kepala bagian belakang seperti ditarik-tarik. Hampir sa (saja, red) saya berteriak karena rasa sakitnya. Saya bertahan, kadang saya tutup telinga tapi tetap sa, sakit sekali.

Kejadian serupa saya alami pada saat 10 menit proses landing di bandara Cengkareng. Namun kali ini hanya telinga bagian kiri yang terasa sakit sekali. Telinga menjadi bindeng dalam waktu yang lama, saya agak khawatir kalau perbedaan tekanan udara bisa membuat gendang telinga rusak.

Saya belum pernah mengalami kejadian tersebut pada sekian kali penerbangan ke berbagai kota di Indonesia dengan pesawat tipe Boeing, juga tidak terjadi pada keberangkatan dua hari sebelumnya menggunakan tipe pesawat yang sama yaitu Airbus 320 dari Mandala Air. Biasanya saya hanya merasakan bindeng telinga sedikit tetapi tidak sakit.

Barangkali rekan-rekan pernah memiliki pengalaman serupa atau memiliki tips bagaimana mengatasi rasa sakit telinga pada saat pesawat landing, mohon sharingnya. Apakah bisa karena pengaruh flu atau radang tenggorokan ya? Terima kasih banyak.

Update Nov-2010:

Beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan udara pas sedang flu dan radang tenggorokan. Benar saja, ketika pesawat melakukan beberapa kali pendaratan beberapa kali pula saya merasakan sakit telinga. Saya coba makan permen tidak membantu. Akhirnya menggunakan teori praktis, dengan menutup hidup saya meniupkan napas ke lubang hidung yang tertutup. Memang harus pelan-pelan, tapi lama-lama plong juga telinga.

Iklan

Komentar»

1. aWi - Agustus 21, 2008

Saya juga sering mengalami seperti itu mas Dung. Sangat sakit di kedua telinga saya. Tapi saya punya tipnya.

Kan disediain permen tuh, saya makan sebanyak-banyaknya itu permen beberapa saat mau landing (ya dikira-kira kalo sakit pas kapan). sehingga merangsang bagian dalam di bagian rongga tenggorokan mengeluarkan cairan di sekitar telinga.

hasilnya? Alhamdulillah, sakitnya gak kerasa.

2. kharis - Agustus 22, 2008

setuju, makan permen mas, permen karet juga bisa… intinya saluran THT kita harus plong, tekanannya udaranya sama.. kalo lagi pilek biasanya hidung sama saluran telinga dalam ikut tertutup, kalo beda tekanan, gendang telinganya jadi tertarik deh, gerakan menelan (waktu makan permen) membantu terbukanya saluran ke arah telinga, jadi beda tekanannya bisa berkurang. 🙂
bisa juga hembuskan napas pelan2 dari paru-paru sambil tutup hidung dan mulut, nanti tekanan di rongga THT akan mendorong gendang telinga untuk kembali ke tempat yang benar.

hope this helps

3. ybandung - Agustus 23, 2008

Mas Anton dan Kharis,

Terima kasih banyak ya untuk tipnya. Berarti mesti selalu siap permen jika hendak bepergian naik pesawat. Pengalaman saya naik Mandala, pramugari tidak membagikan permen kepada para penumpang.

Kharis apa kabar? Terima kasih tip cara mengatasi bindeng telinga saat naik pesawat. Saya benar-benar merasa tersiksa saat terakhir naik pesawat Kupang-Jakarta. Semoga tidak membuat saya kapok bepergian dengan pesawat.

Salam dari Bandung.

4. tri ardhi - November 4, 2008

memang benar kadang kadang hal itu terjadi, biasanya tekanan dalam pesawat selama terbang harus disesuaikan dengan yang ada didaerah kita berangkat, selama penerbangan sampai kita landing. so selamat terbang, kalo masih terjadi perlu ditanyakan ke pilot kenapa hal itu terjadi. jangan takut terbang, karena pesawat terbang adalah kendaraan yang paling aman didunia.

Terima kasih banyak atas saran dan masukannya Mas. Sangat bermanfaat.

5. mey - Juni 27, 2010

Saya juga mengalami hal yang sama. Saya mengalaminya dua kali. Dan saat itu saya sedang mengalami gejala flu. Selain itu (jika saya sedang tidak flu), saya tidak pernah mengalami kesakitan dengan telinga saya, saat landing. Makan permen dan minum air/menelan ludah, tidak membantu.

Saya masih sering mengalami ketika naik pesawat, tapi akhirnya manjur dengan tips ini: Tutup kedua lubang hidung dengan tangan (jempol & telunjuk). Kemudian tekan udara secara perlahan dari paru-paru seolah-olah hendak dikeluarkan melalui hidung. Belum tentu langsung berhasil, perlu dicoba beberapa kali.

Pengalaman saya biasanya tidak langsung kedua telinga normal kembali. Kembali lakukan hal yang sama, namun diberikan sugesti kepada lubang telinga satunya supaya plong. Mudah-mudahan cocok juga hehe ..

david - Maret 13, 2011

thx bgt atas tips temen2..semoga bisa membantu penerbangan saya selanjutnya..
karena saya juga sering merasakan sakit yang bener2 sangat sakit saat pesawat mau landing..terutama di kepala bagian depan sekitar alis dan di atas alis mata..benar2 menyiksa..
mungkin bisa juga dengan memakan manisan buah/plum yang rasanya asam, karena akan merangsang mulut mengeluarkan air liur..karena semakin banyak kita menelan air liur, maka sakit akan semakin hilang..
Thx for all..God Bless u all..

Mugiri - Mei 14, 2012

Waah pengalamannya persis sama dgn saya, …. saat landing terasa sakit yang sangaaat luar bisa di atas alis mata sebelah kanan, sampai-sampai keluar airmata dari mata sebelah kanan tersebut, anehnya yg sebelah kiri tidak ?….

6. Aditya Febrianto - Juni 28, 2011

owhhhhhhhhhhhhhh ternyata gitu yah…….
soalnya saya juga ngalamin hal sama persis dengan
yang dialamin bro david yakni sakit yang sangat amat
luar biasa di bagian dahi di atas alis mata saat mo landing

biasanya saya pake ear phone yang langsung dipake
pada saat duduk dalam pesawat dan pintu pesawat belom
ditutup dan lumayan manjur walo pasti sering “diprotes”
sama pramugari nya…. hihihihihi

thanx yah all atas sarannya

7. Nyoman - Agustus 13, 2012

saya juga sering sakit kepala diatas alis kanan, ama batang otak dibealakang kepala, saya ngunyah trus permen karet setiap take off ama landing tapi tetep sakit, saya jadi takut pake pesawat…………

8. M 45 TON - September 25, 2012

Terima kasih All

saya juga sering mengalami hal yang serupa, begitu dahsyatnya rasa sakit itu..saya pikir hanya kuping saya saja yang bermasalah…

salam
M 45 TON

ybandung - September 27, 2012

Saya baru saja mengalaminya kembali tadi malam waktu mau landing di Lombok International Airport, hehe.

9. oy - Oktober 5, 2012

sy sdh beberapa kali,wuih sakitnya minta ampun,mpe air mata keluar,tp setelah saya coba coba, sebelum landing bernyanyi atau bicara atau apalah..,yg penting mulut kamu gak diam alias tertutup,itu ternyata memperkecil rasa sakit yg di rasakan di dekat alis mata…ada juga yg saya kasih aroma terapi di hidung hasilnya juga lumayan…semoga bermanfaat….

10. akia - November 16, 2012

baru saja semalam saya merasakan sakitnya telinga bindeng pas lagi flu dan naik pesawat. Sakitnya itu loh, bikin kepala serasa seperti balon yg kelebihan udara.
itu terjadi saat siap-siap landing. sama mba pramugari dikasih monouse yg dalamnya diisi tisu panas, trus taro ditelinga sambil dipegang. lumayan hilang sih..
next flight, saya bakal mastiin bawa permen yg banyak deh biar ga bindeng lagi. karena ini efek bindengnya masih kerasa sampai sekarang.

ybandung - November 26, 2012

Semoga tidak kejadian lagi, salam saya.

ant - Mei 5, 2013

saya baru landing dari tanjung pinang, pada saat mau landing kening sayang seperti ditusuk jarum. sakit benar hongga mengeluarkan air mata dan masih terasa hingga tidak bisa tidur semalam. apakah ada penangkal atau obat untul mengatasinya ketika mau landing? saya jadi takut terbang lagi

ybandung - Mei 13, 2013

Saya turut prihatin Mas. Silakan melihat beberapa komentar di tulisan ini, ada beberapa nasehat dari para sahabat kami.

11. putraw - Agustus 6, 2013

saya juga baru merasakan, padahal sudah lebih 10thn terbang kesana kemari tidak pernah sakit di bagian dalam alis mata smpai mengeluarkan air mata, tynt stlh saya tanyakan dokter ,kebetulan bertemu dengan dokter sebelah saya . itu penyebabnya karena FLU , jadi kalau tidak FLU tidak akan sperti itu, so mending sebelum take off ,bisa meminum obat sakit kepala /flu, lmyn membantu, (tp kita bisa melewatkan minuman,makanan,yang dijalankan pramugari, heheh)

12. denny - Oktober 26, 2013

sy juga mengalami hal yang sama tetapi hanya dengan pesawat airbus saja yg membuat kuping sakit, sedangkan dengan pesawat boeing tidak pernah sakit, sekarang jika ingin terbang jadi takut naik pesawat jenis airbus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: