jump to navigation

Paten: Klaim Oktober 31, 2008

Posted by ybandung in Tutorial Metode Penelitian.
trackback

Klaim adalah bagian dari sebuah paten yang mendefinisikan batasan-batasan dari perlindungan yang hendak diminta. Klaim merupakan pokok legal dari suatu perlindungan patent. Klaim akan memberitahu pihak-pihak lain kapan mereka akan melanggar hak dari pemegang paten. Batasan-batasan tersebut didefinisikan oleh kata-kata yang ditulis di dalam klaim.

Ruang Lingkup

Setiap klaim hanya memiliki satu makna yang dapat berupa klaim bermakna luas atau klaim bermakna sempit, namun tidak kedua-keduanya dalam waktu yang sama. Secara umum, klaim bermakna sempit menspesifikasikan hal-hal yang lebih mendetail dibandingkan dengan klaim bermakna luas. Dengan memiliki beberapa klaim dengan lingkup yang berbeda-beda tentu akan memberikan seseorang untuk memiliki hak legal mengenai beberapa aspek dari invensi.

Karakteristik

Klaim yang ditulis hendaknya memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Be Clear

Klaim harus sejelas mungkin sehingga tidak membuat orang lain berspekulasi mengenai klaim tersebut. Hindari penggunaan kata-kata seperti ”thin”, ”strong”, ”a major part”, ”such as”, ”when required”. Kata-kata tersebut akan menjadikan pembaca melakukan penilaian secara subyektif, bukan observasi yang obyektif.

  1. Be Complete

Setiap klaim harus lengkap sehingga melingkupi semua aspek invensi yang hendak dimintakan perlindungan.

  1. Be Supported

Klaim harus didukung oleh deksripsi. Hal ini berarti bahwa semua hal yang tercantum di dalam klaim harus dijelaskan secara tegas di bagian deskripsi. Sebagai tambahan, terminologi-terminologi yang digunakan di dalam klaim harus dapat ditemukan atau disinggung di bagian deskripsi.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: