jump to navigation

Ciptakan Kesan dengan Paduan Warna November 4, 2008

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Muncul pertanyaan dalam diri kami sebelum mengecat ruangan-ruangan di dalam rumah. Paduan warna seperti apa ya yang dapat menghasilkan nuansa sesuai dengan selera dan harapan? Nah, ternyata paduan warna-warna ruangan akan memberikan nuansa yang spesifik sesuai dengan karakteristik dari komponen warna yang digunakan.

Kesan ruangan yang luas dan lega dapat diciptakan dengan memadukan warna-warna terang dan lembut antara plafond, dinding, dan lantai. Untuk itulah, kami menggunakan warna putih untuk plafond (Vinilex 300S) dan ungu muda yang lembut untuk dinding (Pink Irish dari Dulux palette), untuk memadukan warna abu-abu muda keramik lantai.

Sementara kesan ruangan yang lain dapat tercipta dari berbagai paduan warna plafond, dinding, dan lantai. Jika lantai berwarna gelap dengan dinding dan plafond berwarna muda (pucat), maka kesan yang didapatkan adalah efek ruangan yang lebih luas. Sementara jika lantai dan plafond berwarna gelap sedangkan dinding berwarna terang (muda, pucat), maka kesan yang didapatkan adalah efek luas pada ruangan yang rendah.

Jika plafond, dinding, dan lantai berwarna gelap maka bentuk ruang akan hilang. Misalnya warna plafond dan dinding abu-abu tua dan lantainya keramik merah marun. Sedangkan jika lantai dan dinding belakang berwarna cerah dengan dinding sisi kanan kiri dan plafond berwarna gelap, maka akan menciptakan efek lorong.

Bila lantai dan dinding berwarna gelap, sedangkan plafond berwarna cerah maka akan menghasilkan efek seperti di area basement. Namun jika lantai, dinding sisi kanan kiri dan plafond berwarna cerah sedangkan dinding belakang berwarna gelap akan membuat ruangan terlihat lebih pendek (mengurangi kedalaman ruang).
 
Jika lantai, dinding belakang, dan plafond ruang anda berwarna terang, sedangkan dinding sisi kanan kiri berwarna gelap dapat memberikan efek ruangan terlihat lebih tinggi dan memanjang (sempit). Tapi jika lantai dan plafond berwarna terang, sedangkan semua sisi dinding berwarna gelap, maka kesan yang didapat mempertegas bidang horizontal.

Referensi: www.perempuan.com

Iklan

Komentar»

1. ichigo kurosaki - Januari 19, 2009

yayayayayayaya…… aku mudeng.

2. lusiani - November 8, 2009

hallo mas bandung,,,
penjelasannya ok, mungkin akan lebih riil kalo ada visualisasinya…. (dikasi gambar, red).

hehehe… ngarep bgt ada gambarnya.. soalnya jg lg pilih2 warna cat bwt rumah… 🙂

Hallo Mba Lusia,

Saya sendiri akhirnya hanya menggunakan warna-warna seperti baby pink, pink sea irish, dan vintage violette (ketiganya dari Dulux) serta putih untuk tembok rumah. Itu juga karena anak saya suka ngepink, sehingga dominasi warna tembok ngepink juga.

3. linad - Juli 16, 2010

hallu bandung………

kalau saya nak cat dinding umah saya colour purple ngan purple muda, awak rasa cantik tak…….
saya takut kalau buat colour macam tu rasa macam garang pulak….
saya nak mintak idea awak macam mana nak cari colour dinding yang sesuai untuk rumah…….

Halo juga .. yang penting berani saja memilih warna. Di rumah saya, kamar tidur tamu dicat warna purple (vintage violete) di satu sisi dan purple muda di tiga sisi lainnya. Kamar utama dicat dengan warna baby pink di keempat sisinya. Kamar tamu dicat baby pink di satu sisi dan pink sea irish di sisi-sisi lainnya hehe ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: