jump to navigation

Tour de Kupang November 14, 2008

Posted by ybandung in Discover Wonderful Indonesia.
trackback

Pertengahan Agustus lalu saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi keluarga di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Singkat cerita, dari pesawat Mandala Air yang tengah landing saya dapat melihat sebagian  daratan dari Pulau Timor. Sekilas, daratan kelihatan gersang dan sangat minim pepohonan. Pantas saja ya kalau kota Kupang terkenal dengan udaranya yang panas.

Mendarat di bandara El Tari, saya pun menjejakkan kaki untuk pertama kalinya di kota yang dijuluki sebagai Kota Karang ini. Kesan pertama, udara memang terasa panas. Sebagai seorang yang suka berpetualang, cuaca bukanlah suatu masalah. Dalam benak saya, kota ini menyimpan tempat-tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

DSC_1076

:: Pemandangan halaman Bandara El Tari ::

Pakdhe Unggul tahu persis kesukaan saya jalan-jalan, terlebih tempat-tempat yang baru. Bahkan kondisi capek sekali pun, kalau yang namanya jalan-jalan, berangkat dech. Selama tiga hari dua malam di Kupang, saya pun ditemani untuk mengeksplorasi beberapa tempat di Kupang yang menurut saya sangat menarik.

Hari pertama, karena waktu tidak banyak saya pun hanya sempat berkeliling kota. Jalan-jalan di kota Kupang cukup halus dan tidak sepadat di Bandung hehe. Banyak dijumpai angkot dengan tampilan yang meriah dan wow .. suara musik yang keras, laksana diskotik di atas jalan raya dech. Kata Om Timtim yang telah bertahun-tahun tinggal di Kupang, yang juga turut menemani jalan-jalan saya, semakin keras suara musik semakin laku itu angkutan kota. Saya menjadi tahu, orang Kupang tua muda suka musik dan suka dansa. Hem .. asik ya.

Saya pun sampai juga di pusat keramaian kota Kupang, yang berpusat di Flobamora Mall namanya. Di mall ini terdapat Ramayana, menurut Om Timtim merupakan satu-satunya pertokoan terbesar dan terlengkap di kota Kupang. Masuk akal untuk sebuah kota yang berjarak sekitar 2000 km dari ibukota Jakarta.

DSC_1080

:: Flobamora Mall dengan Ramayana ::

Hari kedua, bersama Pakdhe Unggul saya menyusuri jalan-jalan di Kota Kupang. Yang pasti pemandangan kanan kiri jalan berbeda sekali dengan yang sering saya lihat di Jawa. Kami pun tiba di pantai pasir putih yang disebut sebagai Pantai Pasir Panjang. Indah sekali. Melanjutkan perjalanan kami pun sampai di obyek wisata Goa Monyet. Banyak sekali monyet dijumpai di pinggir jalan yang menuju Pelabuhan Tenau ini. Seru sekali.

DSC_1624

:: Taman Rekreasi Goa Monyet, Tenau-Kupang ::

Hari ketiga, kami beramai-ramai jalan ke suatu daerah yang disebut sebagai Baumata. Tidak seperti tempat kebanyakan di wilayah Kupang, di Baumata terlihat subur dengan banyak tanaman dan pepohonan. Udara pun terasa sejuk karena merupakan dataran tinggi. Salah satu kuliner yang cukup terkenal di Baumata adalah Sei Babi, selain lebih banyak dapat dijumpai di Baun, tempat yang tidak sempat saya kunjungi.

DSC_1801

:: Hijau, pemandangan jalan di Baumata-Kupang ::

Akhirnya tiba waktunya bagi saya untuk kembali ke Bandung. Saya sangat menikmati hari-hari di Kupang bersama keluarga, juga bersama alam sekitar. Karena orang tua dan beberapa saudara kami tinggal di Kupang dan Atambua, rasanya saya pun akan sering-sering jalan ke Kupang dan Atambua, juga sekitarnya. Saya juga ingin sekali nyeberang ke Pulau Flores. Hem .. kapan ya.

Iklan

Komentar»

1. retie - November 14, 2008

Wah asyik ya,mas. Bisa jalan-jalan.
Tapi udara di Kupang kan panas mas lain ma di Bandung yang dingin.
Emang betah ya,mas ? 🙂

Halo Mba Reti,

Asik banget pokokmen. Betul udara di Kupang cukup panas, bahkan saya sempat mandi tiga kali sehari saking gerahnya .. Kalau betah sih betah Mba soalnya cuman beberapa hari saja hehe .. Matur nuwun sudah menyempatkan diri berkunjung Mba. Salam.

2. Asro - November 17, 2008

Semoga keinginan nyebrang ke Flores bisa terwujud, disana banyak tempat wisata yang menarik, seperti komodo di Manggarai – Flores Barat, Gunung Kelimutu di Ende – Flores Tengah dan Prosesi Jumat Agung di Larantuka – Flores Timur.

Terima kasih,

Betul saya pengen sekali mendatangi tempat-tempat tersebut. Saya menjadi ingin tahu seperti apa ya prosesi Jumat Agung di Larantuka.
Salam, Bandung.

3. mulyanto - November 17, 2008

jauh2 kok cuman 3 hari 2 malam 🙂

Iya Mas Mul .. panggilan pekerjaan yang tidak mau ditinggal lama-lama hehe. Jadi cuman Jumat-Minggu saja, pengennya sih lebih lama supaya bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi.

4. cie_ - Oktober 20, 2009

yah,, jd pengen ke kupang ni,,
b’cos.. ada de yg bikin pengen pgi ksana,,
pengen Liat cew2 dsitu..
bosen d jawa kLi..
trus yg mo ku tx,,
gmn dsana??
pnas bgd bnr k??
trs asyik g??
srame jawa gt??

Sayangnya di Kupang banyak orang Jawa hehe …

5. rienz - November 19, 2009

wuih mas bener bgd ap yang dah mas critain ttg kupang sxpun itu ga sebgian besar nya kta kupang mas critain.,.
mngkin sdqt bgi2 crita y mas akhir taun 2008 smpe april 2009 qu diem d kupang smpe lupa buat plng ke jabar da itu pun pulg k jabar dgn bert hati yang bnr2 harus ninggaln kota yang bnr2 care sesama,.
qu kgn kupang pgn maen ke kefamenanu,ukit bitauni,atambua,pasir panjang,tedis yang rame sma ja2nan jgung bka nya itu loh.,.
sma rumah mkan mskan khas kupang se’i babi itu j bambu kuning nya itu lh mas.,.,wah pkk nya polllll bgd dch,.,
kyna hobby qta sama trvlng klo da wktu n ksmotn jga blh dwnk qta k kupang brng qta dtngin smua tmp yang bnr2 indah.,.
klo prlu qta ke pulau rote.,.
thx mas dah ksh ijin bwt curhat ttg kupng

6. arief pribadi - Maret 25, 2011

Pengalaman yg menarik mas..saya dulu tinggal di kefa (sekarang di bekasi) dan sering sekali ke kupang, untuk berobat di RS . Johanes ataupun hanya jalan2..saya sangat terkesan dengan jalan2 disana, begitu rapih dan tidak semerawut seperti di jakarta. kesan terbaik adalah di Term. Oebobo yang menurut saya sangat eksklusif dan berbeda dengan terminal di jakarta..
Salut Mas..kapan ada rencana lagi akhir tahun ini mungkin saya akan berlibur di kefamenanu? pastinya saling berbagi cerita. ditungg saja mas..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: