jump to navigation

Tanaman Mawar Dimakan Rayap Desember 4, 2008

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Minggu lalu kami membeli beberapa batang pohon mawar. Lalu kami tanam di halaman tanpa menggunakan pot. Dari pengalaman pecinta kebun Ine Sena di link ini, akan lebih baik jika menggunakan media tanam campuran tanah biasa, humus, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 dan setiap bulannya diberikan pupuk organik. Nah, kami sendiri belum menggunakan media tanam ini.

Beberapa hari berlalu, dan saya lihat  beberapa tanaman tumbuh dengan baik dan satu tanaman makin lama makin layu daun-daunnya. Saya penasaran dan saya coba pegang pohon mawar ini. Ringkih .. seperti tidak menancap kuat di tanah, padahal cukup dalam ke tanah sewaktu saya menanamnya. Kemudian saya cabut .. dan ternyata batang dimakan rayap dengan tidak menyisakan akarnya.

Malam ini mencoba searching bagaimana membasmi rayap tanaman. Salah satu sumber menyebutkan bahwa rayap dapat diatasi dengan dua metoda, pertama adalah menyemprotkan bahan kimia antirayap dan kedua adalah menggunakan umpan antirayap seperti alfametrin, sipermetrin, imidaclotrin, lamdasalotrin dan venfalarat.

Hem .. ada cara lain tidak ya? Sepertinya perlu mencoba menggunakan umpan antirayap dech.

Iklan

Komentar»

1. Asep sigit - Maret 14, 2010

Hello, p’kenalkan nama sy sigit akting popt, di Banten. Mahasisa uninus jur hpt. msh ada-lah, saya pernah mencobanya dan efektif, yaitu dgn penambahan kapur Dolomit, jadi rayap kurang suka pada tempat yg tanahnya netral.

Mintas - Desember 27, 2010

Wah kebetulan nih, sy penggemar mawar.mawar di rumahku jg dimakan rayap, tapi pertolonganya sy potong aja pohonya, trus dibibitin lagi… lumayan ada yg bersemi. Tapi pertanya annya buat m Sigit , gimana cara menanam lagi biar ga diserang rayap lagi ya…. trus kapur dolomit yg gman.. apa sama dg kapur semut. sebelumnya trimakasih

2. solvapotter - Juni 7, 2010

salam..

saat ini saya menjual CD cara berkebun mawar yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

terima kasih

Mantab dan semoga sukses Mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: