jump to navigation

Pernyataan Tujuan di Proposal Penelitian Februari 2, 2009

Posted by ybandung in Tutorial Metode Penelitian.
trackback

Telah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa bagian pendahuluan bertujuan untuk menjelaskan pokok permasalahan dari suatu riset. Artikel ini akan menjelaskan mengenai pernyataan tujuan (purpose statement), disarikan dari buku Creswell (2003).

Pernyataan tujuan dimaksudkan untuk menjelaskan suatu arah atau direksi dari riset yang hendak dilakukan. Pernyataan tujuan ditulis dalam kalimat tunggal atau paragraf singkat yang merupakan pokok dari suatu riset. Pernyataan tujuan menyajikan penjelasan yang spesifik dan akurat mengenai keseluruhan tujuan dari studi (Locke et al., 1987).

Di dalam makalah-makalah jurnal, pernyataan tujuan biasanya dimasukkan di dalam bagian pendahuluan. Sementara, pernyataan tujuan ditulis secara terpisah di proposal penelitian termasuk tesis/disertasi. Pernyataan tujuan juga dapat dimasukkan ke dalam pertanyaan riset dan obyektif (Wilkinson, 1991), atau sebagian dari masalah penelitian (Fraenkel dan Wallen, 1990), atau di dalam perumusan masalah (Castetter dan Heisler, 1977).

1. Pernyataan Tujuan Studi Kualitatif

Pernyataan tujuan mudah dikenali dari penggunaan istilah-istilah seperti tujuan, intensi, atau obyektif. Contoh:

Tujuan dari penelitian ini adalah …

Di dalam studi kualitatif digunakan istilah-istilah di dalam mode induksi (menjelaskan hal-hal khusus ke umum) seperti mendeskripsikan, mengembangkan, atau menemukan. Contoh:

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh implementasi teknologi informasi terhadap kinerja pegawai di kantor pemerintah daerah menggunakan metodologi studi kasus.

2. Pernyataan Tujuan Studi Kuantitatif

Seperti halnya di dalam studi kualitatif, pernyataan tujuan mudah dikenali dari penggunaan istilah-istilah seperti tujuan, intensi, atau obyektif. Contoh:

Tujuan dari penelitian ini adalah …

Di dalam studi kuantitatif diperlukan pemahaman mengenai variabel. Variabel adalah fenomena diskrit yang dapat diukur atau diamati melalui dua atau lebih kategori (Kerlinger, 1979). Ada beberapa tipe variabel yaitu i) variabel bebas (independent variable), ii) variabel tidak bebas (dependent variable), iii) variabel mediasi (intervening variable, mediating variable).

Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan, mempengaruhi, atau berdampak kepada suatu keluaran. Variabel tidak bebas adalah variabel yang bergantung kepada variabel bebas. Variabel tidak bebas merupakan keluaran atau hasil pengaruh dari suatu variabel bebas. Sedangkan variabel mediasi adalah variabel yang memediasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas.

Pernyataan tujuan di dalam studi kuantitatif mengidentifikasi teori, model, atau framework konseptual yang akan diuji di dalam studi. Juga dilakukan identifikasi variabel-variabel yang digunakan. Istilah-istilah seperti “hubungan antara …” atau “perbandingan antara …” sering digunakan untuk menghubungkan variabel bebas dengan variabel tidak bebas.

Semoga bermanfaat dan salam.

Iklan

Komentar»

1. Metoda Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Februari 24, 2009

[…] Pernyataan Tujuan […]

2. Kuliah Ke-3 Metoda Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Februari 24, 2009

[…] Pernyataan Tujuan Tags: metoda+penelitian […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: