jump to navigation

Minggu Ke-1 Asistensi Kuliah Metoda Penelitian Februari 12, 2009

Posted by ybandung in Perihal Pendidikan dan Pengajaran, Tutorial Metode Penelitian.
trackback

Hari Senin jam 08.00–10.00 bertempat di ruang kuliah Lab. Sinyal dan Sistem adalah untuk kelas program magister Teknologi Informasi (TI). Sementara, hari Selasa jam 08.00–10.00 bertempat di ruang kuliah Lab. Sinyal dan Sistem adalah untuk kelas program magister Layanan Teknologi Informasi (LTI).

Di minggu pertama direview kembali mengenai tujuan kuliah Metoda Penelitian sebagai berikut:

  • Menguasai, bisa memilih dan terampil menggunakan metodologi penelitian yang sesuai dengan topik penelitian yg dikerjakan
  • Menguasasi teknik penulisan proposal penelitian dan terampil menulis proposal penelitian tesis
  • Terampil melakukan proses penelitian tesis
  • Menguasasi teknik penulisan ilmiah dan terampil membuat laporan penelitian tesis

Ada pun keluaran yang diharapkan dari proses kuliah ini adalah:

  • Mahasiswa terampil menggunakan metodologi penelitian, menulis proposal penelitian tesis, melakukan penelitian tesis dan menyusun laporan penelitian tesis/ publikasi ilmiah hasil penelitiannya
  • Proposal penelitian tesis yg disetujui pembimbing dan diuji (direview)
  • Laporan penelitian pendahuluan yang sudah disetujui pembimbing dan diuji (direview)

Juga dilakukan diskusi mengenai tugas pertama yang akan segera dikumpulkan, yaitu membuat proposal awal penelitian tesis yang akan dilakukan; terdiri dari i) Topik, ii) Perumusan Masalah, iii) Keluaran, iv) Calon Pembimbing.

Setelah mendapatkan topik (bagaimana mendapatkan topik penelitian?), kita perlu melakukan kajian pustaka (review of literature) yaitu tinjauan secara luas atau komprehensif mengenai hasil-hasil studi yang telah dipublikasikan di bidang keilmuan yang diminati. Data-data tersebut di antaranya dapat diperoleh dari buku teks, paper prosiding, jurnal ilmiah, technical report, dan tesis/disertasi (T/D). Ada pun tujuan dari melakukan kajian pustaka adalah untuk memahami berbagai isu penting dan studi-studi yang telah dilakukan dalam rangka menemukan solusi, dan juga untuk menemukan isu penting yang belum terpecahkan atau bahkan belum ditemukan.

Setelah melakukan kajian pustaka, kita akan mendefinisikan isu-isu penting atau masalah yang hendak diteliti. Apa sebetulnya masalah itu? Masalah dapat diartikan sebagai gap antara suatu keadaan sebenarnya dengan suatu keadaan ideal atau yang dikehendaki. Contohnya: Pelaporan semua kegiatan di kantor selalu terlambat yang menyebabkan program kerja tahun berikutnya menjadi berantakan. Sedangkan yang diharapkan adalah semua pelaporan selesai tepat pada waktunya sehingga program kerja tahun berikutnya dapat dijalankan sesuai rencana.

Setelah kita mengerti masalahnya, selanjutnya kita perlu merumuskan masalah (problem statement), yaitu pernyataan yang jelas, tepat, dan ringkas mengenai pertanyaan atau isu yang akan diteliti dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban atau suatu solusi. Inilah keluaran (outcome) yang diharapkan di akhir penelitian.

Jadi, kira-kira apa ya perumusan masalah untuk deskripsi masalah tersebut di atas?

Iklan

Komentar»

1. Kuliahku - November 8, 2009

I have a Kuliahku site/blog. It pretty much covers Mikrotik related stuff. Come and check it out if you get time 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: