jump to navigation

Gua Maria Sendang Jatiningsih Maret 17, 2009

Posted by ybandung in Wisata & Kuliner.
trackback

Gua Maria Sendang Jatiningsih namanya. Gua ini berada di Dusun Jitar, Desa Sumber Arum, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum (bus), sekitar 17 km arah barat Tugu Yogyakarta sebelum Jembatan Ngapak di atas Kali Progo.

Pertama kali saya berziarah (misa) di Gua Maria ini adalah saat saya duduk di bangku sekolah menengah pertama. Waktu itu kami rombongan dari sekolah, SMP Kanisius Klepu. Karena lokasinya yang hanya berjarak kurang lebih 2 km, kami pun beramai-ramai naik sepeda kami masing-masing.

Foto-foto berikut ini diambil sekitar 4 tahun lalu bersama Bundanya Erina.

P1010081

:: Gua Maria Sendang Jatiningsih ::

P1010082

:: Altar suci untuk perayaan ekaristi ::

P1010084 

:: Di tempat ini kita meneng, agar wening dan dunung ::

“Di tempat ini kita meneng, agar wening dan dunung” adalah pesan Bapak Uskup pada tanggal 17 Desember 2000. Di tempat ini kita berdiam diri sejenak, agar dengan keheningan dan kekhusukan kita dapat menyiapkan hati dan batin kita untuk menyapa Allah Yang Maha Kuasa.

p1010086

:: Umat di Gua Maria Sendang Jatiningsih ::

Lokasi yang juga tidak jauh dari rumah, membuat kami sangat akrab dengan Gua Maria di mana terdapat sumber mata air “Tirto Wening Banyu Panguripan” yang pernah diberkati oleh Uskup Purwokerto, Mgr. J. Sunarka, S.J. pada tanggal 27 Oktober 2002. Selain untuk meneng, kami dapat menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar gua. Suara riak air Kali Progo menambah suasana di sini menjadi sangat eksotik.

P1010093

:: Pemangandan Sungai Progo dari Gua Maria Sendang Jatiningsih ::

About these ads

Komentar»

1. kanadi - Maret 17, 2009

kalo saya pulang Klaten, saya kepingin mampir.. lokasinya kelihatannya sangat nyaman sekali ya Pak. Di tengah hutan, ada sungainya juga.. bener bener pas buat .:meneng, agar wening, dan dunung:.

Halo Marko .. banyak sanak saudara di Klaten ya. Betul .. harus menyempatkan mampir ke sini. Tempat ini termasuk favorite saya ketika pulang ke rumah orang tua, tidak jauh dari Gua Maria Sendang Jatiningsih.

Salam, Bandung.

hen - Juni 15, 2009

Betul Sendang Jatiningsih emang nyaman buat doa apalagi jika malam hari. Dengan suasana yang tenang, bunyi gemericik aliran sungai progo yang pasti bikin kangen untuk datang. Setiap saya pulang, Jatiningsih merupakan tempat favorit saya.

Asik sekali Mas. Salam kenal saya, Y Bandung.

2. kanadi - Maret 19, 2009

iya Pak.. nenek tinggal di Klaten, jadi dulu setiap tahun pasti pulang ke sana.. beberapa keluarga juga tinggal di Yogyakarta. Sleman tentu tidak jauh dari situ tho Pak..

3. N@s - Juni 10, 2009

Kunjunganku ke Gua Maria Jatiningsih yang terakhir kali adalah pada bulan Desember 2008 bersama dengan adik bungsuku yang sama-sama “makaryo” di kota Bandung. Menikmati suasana Gua Maria Jatiningsih selepas maghrib, membuat ritual doa kepada Bunda Maria jadi tambah khusyuk. Apalagi dengan diiringi suara gemericik sungai “Progo” yang ada di lingkungan Gua.

Dalam perjalanan pulang, aku sempatkan mampir di daerah Godean yang menjadi sentra penjualan Belut Goreng. Wah….. mantap…………..
Bila mudik ke Yogya lagi, pastinya aku akan berziarah ke Gua Maria Jatiningsih kembali.

Wah .. perjalanan yang luar biasa Mas. Saya pun akan sepenuhnya sependapat.

Dan pesannya membuat saya jadi kepingin belut goreng khas Godean, hem .. pasti kemripik dan maknyus.
Matur nuwun untuk sharingnya.

4. santo - Januari 5, 2010

koreksi sedikit, bahwa sendang jatingsih terletak di kelurahan sumber arum, bukan sendang arum seperti yang di tulis diatas.karena saya tinggal tepat didepan lokasi. thanks.

Terima kasih banyak Mas Santo, sudah kami perbaiki.

5. Buruh Tambang di Rantau Orang - Januari 24, 2010

Saya..setuju sekale…..di tempat ini
Kita bisa mencharge bathin kita saat kita suntuk..
saat beban menghimpit,saat badai..melanda…
saat tangis dan airmata mewarnai hari2 kita..saat keputusan2 besar harus diambil…saat2 hidup tanpa harapan….saat bathin kering…
saat jiwa..merana..saat hidup terasa hampa
saat2 nafsu menggelora… egoisme erat membelenggu
Tapi jgn lupa saat hidup penuh bunga2…saat tetes2 berkat mengalir…saat tawa dan bahagia hadir…
Kita kembali mengucap Syukur ..Dari DIA yg MAHA PERKASA semua bermuara….
TUHAN terlalu baik buat Hamba…..
Terimakasih BUNDA……Amien…..

6. Markus Suryono - Juni 12, 2010

Saya ikut senang ada yang mengulas Gua Maria Sendang Jatiningsih di web/blog, karena saya orang dari sana, lahir di sana dan besar disana, saya ingat sekitar 25 tahun yang lalu, saya bersama teman-teman dari SD Kanisius Ngapak II Pingitan ikut kerja gotong royong bersama bapak dan ibu guru, memikul karung pasir dan menggangkat batu kali, pokoknya suasana senang sekali. Saya waktu itu tidak mengira bahwa tempat tersebut akan seramai sekarang ini. Terima kasih Pak Yo atas webnya, sebagai warga sekitar kami akan menjaga tempat tersebut supaya terjaga keasriannya, sekali lagi kami senang Bapak mengulas Tempat ziarah tersebut, O ya kalau berziarah lagi jangan lupa mampir tempat saya ya Pak.

Terima kasih banyak sharingnya Pak. Semoga Gua Maria Sendang Jatiningsih semakin asri. Terima kasih juga atas undangannya Pak, tentu dengan senang hati kami akan mampir ke tempat Bapak.

7. Wisata Rohani Yk - September 21, 2010

Bulan Maria udah deket , yuk ziarah..

kami hadir melayani sodara2 yang ingin berziarah ke gua Maria dan lain2 di yogyakarta ..

kami jemput anda di Bandara/hotel , kami hantar kemana tujuan anda dan kami antar kembali

kelompok kecil 2-5 org ato keluarga
Biaya murah ,terjangkau .
Utk kejelasan lebih lanjut silahkan

Hub kami..

8. Alex Mulyoto_Bebek Ginyo Jakarta - November 22, 2010

Kami sebagai pelopor Sendang Jatiningsih menginginkan kehadiran tempat ziarah ini bermanfaat bagi penduduk sekitar, tanpa melihat agama dan sukunya. Kami bermimpi 10 tahun lagi Sendang jatiningsih menjadi seperti Puhsarang, ada tempat penginapannya, ada toko souvenirnya, ada toiletnya yang wangi dan bersih, ada tempat retretnya, ada pusat oleh-olehnya, ada pusat kerajinan tangannya, ada pusat keseniannya. Masyarakat terbantu dan bisa mencari rejeki di situ semoga. hayo siapa punya saran dan pendapat.

9. panji nugrahani - April 19, 2011

Dari Jayapura-Papua, saya berlibur cuti dari pekerjaan, jalan2 dikota jogja,naik bis rencananya mau ke sendangsono lewat godean, tp pas dekat sungai progo ada tulisan “Sendang Jatiningsih” saya mencoba unt mengunjunginya, ternyata sangat mengagumkan, saya menapak jalan salibnya, doa rosario dan novena didekat (saya tdk tahu apa namanya) seperti altar, turun kebawah untuk mengambil airnya…saat berdoa itu, sangat khusuk, saya hanya mendengar suara alam, arus progo, benar2 membebaskan diri dalam berdoa, akhirnya baru besoknya saya ke sendangsono, gereja ganjuran, gua maria di Ambarawa. salam kenal buat semuanya yaaaa

10. slamet - Juli 8, 2011

sedikit tambahan informasi…bahwa sekarang di dekat lokasi sendang Jatiningsih telah di buatkan lokasi parkir yang sangat luas…yang terletak kurang lebih 100m sebelum menuju lokasi sendang jatiningsih….jadi jangan kawatir untuk tidak dapat memarkirkan kendaraan dengan nyaman…..

Terima kasih banyak atas informasi dari Bapak Slamet Widodo.

11. Br. Antonius Mungsi. O. Carm - Juli 13, 2011

nambah info untuk Sendang Jatiningsih. Sekarang di sana ada fasilitas adorasi abadi. Maka, selain berdoa kepada Bunda Maria, Anda bisa duduk tepekur berlama-lama di sana sambil memandang Allah yang hadir dalam Sakramen Maha Kudus. Selamat beradorasi.

Tambahan informasi yang bagus sekali, terima kasih banyak Bruder. Berkah Dalem.

12. maria rosiana - Februari 6, 2012

wah..jadi penasaran nih…

13. triyono - Maret 22, 2012

Sendang itu dibuat kalau tidak salah kira-kira tahun 1988/1989, daerah itu mengingatkan
masa kecil saya ditahun 1972, 1973, 1974 dan disitu ada temanku yang namanya MAS SUMARNO, orang tuanya dulu punya kelompok kuda lumping, termasuk pemainnya yang bernama diantaranya adalah MAS SURANI. MAS LIDI, MAS NGADIMUN, MAS TATIT Pemilik mainan CLIWIK, DLL

14. triyono - Maret 22, 2012

sendang jatiningsih itu dulu dirintis diantaranya oleh Bos Kompas Gramedia asmanipun Mas Karjono lan paguyuban muda-mudi, sesepuh, keluargo kring njitar pingitan, pimpinan, kalian keluarga besar paroki KLEPU, MOYUDAN, SLEMAN kalian dipun dukung SEDOYO anak-anak TUHAN sanesipun tanpa terkecuali, termasuk Penjenengan ingkang maos seratan puniko, injih to Mas, Mbak, Pak, Bu, adik-adik sekalian. makaten. nuwun

15. sastrombilung - Maret 29, 2012

Ngaturaken sugeng sejahtera dumateng poro sederek sadoyo ingkang sampun kerso nindaaken jejibahan nguri-uri (mligi kagem Mas Hardoyo) sarono nenepi nyembah kalian ngagungaken SANG JAWOTO ingkang nitahaken jalmo menungso lan bumi langit. mugio GUSTI tansah maringi karahayon, seger waras lir ing sambe kolo sak lami-laminipun kagem sederek sadoyo ingkang wonten sendang. Amin.

16. njenggolo manik - Maret 29, 2012

TUHAN memberkati seluruh karyawan & aparat desa seputar sendang jatiningsih

17. agatha - Mei 28, 2012

mohon info, kalau tdak punya kendaraan akses kendaraan umumnya bagaimana ya? Naik apa turun mana lalu ancer2nya apa. trmksh.

Dari kota Yogya dapat menggunakan Bus Pemuda Jalur 6 jurusan Terminal Giwangan-Kenteng Kulon Progo, atau Bus Prayogo ke arah Kenteng, Kulon Progo. Anda akan berhenti di Sembuhan ( kira-kira 500 m sebelum menyeberang Sungai Progo). Ada ojek untuk menuju lokasi goa, dekat sekali koq.

18. agatha - Mei 28, 2012

maaf td kelupaan, mohon dibalas email juga :) trmksh.

19. Gua Maria Sendang Jatiningsih | Weblog Ayo Wisata Indonesia - Maret 5, 2014

[…] Artikel ini diambil dari link blog ini.. […]

20. Gereja Santo Petrus dan Paulus Klepu | Yoanes Bandung & Activities - Maret 5, 2014

[…] Gua Maria Sendang Jatiningsih […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: