jump to navigation

Asistensi Kuliah Jelang Ujian Tengah Semester Maret 31, 2009

Posted by ybandung in Perihal Pendidikan dan Pengajaran.
trackback

Seperti biasa, Senin pagi saya memiliki jadwal untuk memberikan asistensi kuliah Metoda Penelitian untuk kelas Magister Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Program Studi Teknologi Informasi. 

Saya membagikan hasil koreksi Proposal Tesis Final I yang telah masuk. Secara umum, hasilnya sudah semakin baik namun ada kekurangan dalam penjelasan bagian metodologi penelitian. Peserta belum menjelaskan hal-hal terkait dengan metoda pengumpulan dan analisis data seperti sampel yang digunakan, lokasi penelitian, instrumen penelitian yang digunakan, dan metoda analisis data yang akan digunakan.

Selain itu, saya masih menemukan beberapa proposal yang belum ditulis secara baik. Saya menemukan kalimat-kalimat yang ditulis secara bertele-tele, kalimat-kalimat yang membingungkan karena peserta tidak mengiterasi kembali hasil kerjanya, dan juga sedikit banyak kata-kata yang salah tulis (kurang huruf, kurang spasi, dll).

Proposal yang belum ditandatangani minimal satu calon pembimbing terpaksa tidak dinilai dan dikembalikan.

Hasil UTS yang akan dilaksanakan hari Rabu ini diharapkan sudah dapat dibahas minggu depan. Diharapkan juga, setelah kuliah minggu depan peserta dapat membuat Proposal Tesis Final II dengan lebih lengkap dan lebih baik lagi.

Ditunggu ya ..

Iklan

Komentar»

1. Rosmina Zuchri - Juni 7, 2009

Selamat Pagi. saya membaca tulisan bapak d Bog ini. ttng. :” Asistensi Kuliah Jelang Ujian Tengah Semester
Maret 31, 2009 oleh ybandung
Ringkasan “:
Peserta belum menjelaskan hal-hal terkait dengan metoda pengumpulan dan analisis data seperti sampel yang digunakan, lokasi penelitian, instrumen penelitian yang digunakan, dan metoda analisis data yang akan digunakan.
Selain itu, saya masih menemukan beberapa proposal yang belum ditulis secara baik. Saya menemukan kalimat-kalimat yang ditulis secara bertele-tele, kalimat-kalimat yang membingungkan karena peserta tidak mengiterasi kembali hasil kerjanya, dan juga sedikit banyak kata-kata yang salah tulis (kurang huruf, kurang spasi, dll).

Benar yang bapak katakan seperti kalimat2 diatas”………..

Itulah diantaranya. kendala-kendala yang ditemukan mahasiswa……. ada Solusi?.

thanks

Rossy

Hallo Mba Rossy,

Saya kira kembali ke masing-masing. Pertama, metodologi penelitian sebetulnya arah-arahnya sudah jelas dan banyak sekali buku-buku yang membahas bagaimana menulis metodologi penelitian. Kedua, tata cara penulisan harus mendapatkan perhatian ekstra. Seringkali kita menulis di masa-masa terakhir dari suatu proses penelitian. Sehingga seringkali terbentur dengan deadline yang semakin mendesak, akibatnya kita menulis terburu-buru dan tidak sempat mengiterasi apa yang kita tulis termasuk bagaimana menuangkan ide ke dalam paragraf, bagaimana menggunakan tata bahasa, dan sebagainya. Minimal kita minta bantuan teman/saudara untuk membaca kembali apa yang sudah kita tulis.

Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: