jump to navigation

Layanan Virtual Class di Jaringan Testbed April 27, 2009

Posted by ybandung in Rural Digital Learning, Rural NGN.
trackback

Pagi ini kami mempersiapkan layanan Virtual Class yang akan diujicobakan di jaringan Testbed Punclut. Layanan ini sebetulnya merupakan layanan video streaming yang disediakan oleh sebuah server dan diakses oleh terminal berbasis komputer (PC, Laptop, Box ke TV, dll). Untuk menjalankan layanan ini, kami menggunakan program VLC Media Player.

Tesbed Punclut adalah jaringan yang menghubungkan komunitas desa di kawasan Punclut dengan kampus ITB yang berjarak 5 km. Teknologi yang digunakan mengkombinasikan koneksi nirkabel WiFi 2.4 GHz untuk menghubungkan kedua lokasi dan koneksi kabel di komunitas desa untuk menghubungkan rumah-rumah. Sebagai gambaran, pada hari sebelumnya kami berhasil mendapatkan kecepatan sekitar 151 KBps.

Kami mempersiapkan dua skenario layanan Virtual Class dengan konten proses pembelajaran yang merupakan hasil rekaman dari program pembelajaran jarak jauh SOI ITB. Berikut kedua skenario tersebut:

  1. Skenario pertama, Box Virtual Class berbasis Linux dijalankan dari lokasi remote untuk menerima siaran pembelajaran yang dipancarkan dari server yang dijalankan di ITB.
  2. Skenario kedua, Laptop berbasis Windows yang dijalankan dari lokasi remote untuk menerima siaran pembelajaran yang juga dipancarkan dari server yang dijalankan di ITB.

Setelah semuanya siap, kami berbagi tugas. Reza standby di PAU dan mempersiapkan server Virtual Class. Sementara, saya dan Damar turun ke lapangan untuk menjalankan layanan Virtual Class.

IMG_0713

:: Layanan Virtual Class di jaringan Testbed Punclut ::

Di lapangan, kami berhasil menguji layanan Virtual Class di atas jaringan WiFi 2.4 GHz. Kami menjalankan kedua skenario yang telah kami persiapkan sebelumnya. Kami melakukan pengamatan apakah layanan tersebut dapat diterima oleh persepsi manusia. Kami tidak melakukan pengukuran secara kuantitatif. Menurut subyektifitas saya, kualitasnya lumayan baik. Secara umum kualitas gambarnya cukup baik dan kontinyuitas streaming video terjaga dengan baik. Baik gambar maupun suara tidak putus-putus.

Iklan

Komentar»

1. islamarket.net - April 28, 2009

virtual class apa sih? nonton bioskop di lapangan gitu?

Kelas virtual, yaitu layanan pengajaran jarak jauh untuk sekolah-sekolah. Misalnya untuk kasus sekolah yang kekurangan guru dapat melangsungkan proses belajar mengajar menggunakan layanan ini. Tentunya perlu dilengkapi dengan layanan berbasis TIK yang memungkinkan komunikasi yang interaktif antara siswa dan guru.

Adapun video pengajaran yang dikirimkan bisa merupakan video yang secara langsung direkam menggunakan peralatan rekam atau video yang secara tidak langsung telah direkam terlebih dahulu.

Saya hanya sedang menguji layanan kelas virtual di jaringan WiFi, belum diuji di sekolah betulan.
Demikian dan terima kasih.

2. Siswanto - Februari 5, 2010

Pak minta contact personnya. Kalo saya di 081804640196

3. dan0105 - September 6, 2010

tentang kecepatan akses nya gimana nih pak??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: