jump to navigation

Tiba-Tiba Nyambung Sendiri April 30, 2009

Posted by ybandung in Rural NGN.
trackback

Senin kemarin, saya dan Damar melakukan ujicoba Video Streaming dari kampus ITB ke Punclut yang terhubung menggunakan jaringan Wireless Internet 2.4 GHz. Menjelang berakhirnya ujicoba, tiba-tiba jaringan mati entah super lambat. Padahal access point airBridge di atas tower dapat diremote dengan baik. Dari monitoring access point memperlihatkan tidak adanya hubungan dengan access point ITB. Melakukan ping ke access point ITB dan juga gateway, unreachable.

Kembali ke ITB, saya melakukan remote ke access point airPoint Pro di atas gedung PAU ITB. Bisa. Begitu pula saya bisa ping ke access point tersebut, tapi tidak berhasil ping ke access point kliennya yang berada di Punclut. Menurut Mas Eris yang sehari-hari memonitor jaringan, koneksi sebetulnya tidak mati tapi menjadi sangat lambat. Disinyalir terganggu oleh radio lain yang beroperasi di frekuensi yang sama. Beberapa hari diamati, hal ini terjadi pada kisaran jam 08.00–18.00. Di luar jam tersebut, jaringan berjalan normal.

Benar saja, pada hari Selasa tiba-tiba nyambung sendiri. Selasa siang, saya mencoba menelpon ke IP Phone di Punclut bisa, tapi saya tidak mendengar suara lawan bicara dengan baik. Jaringan masih berjalan, tapi koneksinya lambat sekali. Belum punya solusi. Sebetulnya bisa diatasi dengan pindah channel ke 14, tapi airBridge tidak memiliki channel 14. Sehingga tetap dibiarkan di channel 10 FCC.

Hari Kamis, Damar dan Marko berangkat ke Punclut untuk melakukan survey lapangan. Melakukan interview dengan pemilik IP Phone, Pak Wahyu, mengenai kualitas layanannya. Pak Wahyu membenarkan kalau suara telepon menjadi kurang jelas terdengar oleh lawan bicara sementara di Punclut kualitasnya tetap baik. Bagaimana dengan malam hari, Pak Wahyu ragu-ragu menjawabnya. Mungkin karena belum sempat menggunakan telepon pada malam hari.

Marko dan Damar kemudian melakukan pengujian koneksi menggunakan terminal komputer. Pengujian dilakukan dengan melakukan ping ke sebuah klien yang ada di ITB. Hasil ping menunjukkan koneksi tidak nyambung sempurna. Ada beberapa paket unreachable secara berkala pada waktu-waktu tertentu. Pengujian telepon ke IP Phone di Lab DSP, suara dapat terdengar jelas di kedua sisi. Pengujian telepon ke IP Phone di Lab IC Design, suara terdengar jelas di Punclut namun sedikit brepet di Lab IC Design. Belum ada kesimpulan.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: