jump to navigation

Testbed Subang: Pemasangan Perangkat Digital Learning di SDN Cinta Mekar Mei 29, 2009

Posted by ybandung in Rural Digital Learning, Rural NGN.
trackback

Pada hari Jumat, tanggal 29 Mei 2009, tim Digital Learning PPTIK ITB kembali datang ke site Digital Learning di SDN Cinta Mekar dan MI Al-Huda Subang untuk melakukan pemasangan perangkat Digital Learning. Sebelumnya kami telah meminta ijin untuk melakukan pemasangan perangkat Digital Learning kepada kepala sekolah masing-masing yaitu Bapak Udi dan Ibu Ika.

Pemasangan pertama kami lakukan di SDN Cinta Mekar. Kami tiba di lokasi 30 menit setelah sekolah tutup pada pukul 11 siang berkenaan dengan hari Jumat. Kami dibantu salah satu guru yang rumahnya tidak jauh dari sekolah yaitu Ibu Uum sehingga dapat mengakses ruang di mana peralatan Digital Learning akan ditempatkan. Sementara beberapa rekan sembahyang Jumatan, kami yang tidak Jumatan langsung memulai pemasangan perangkat.

Pada kesempatan tersebut kami melakukan pemasangan perangkat yang menyediakan layanan IP Telephony dan Virtual Class. Layanan IP Telephony lokal antara kedua sekolah disediakan oleh perangkat V520 Office Server, yang dapat juga bertindak sebagai server program aplikasi untuk komputer thin-client. Sementara layanan Virtual Class disediakan oleh Box Virtual Class yang dapat bertindak sebagai server atau client layanan Virtual Class.

IMG_1241

:: Marko, Mas Fajar, Dana, dan Damar melakukan instalasi perangkat Digital Learning ::

IMG_1236

:: Box Virtual Class (biru), Box V520 Office Server, dan IP Phone Polycom ::

Sebagai client, Box Virtual Class memiliki port S-VGA ke LCD Monitor atau LCD Proyektor dan port S-Video ke Monitor Televisi. Sebagai server, Box Virtual Class juga dilengkapi dengan port USB untuk ke VCD/DVD Player atau Webcam/Handycam yang mendukung USB Live Streaming.

Selama pemasangan perangkat di SDN Cinta Mekar, kami ditemani oleh beberapa guru yang lain yaitu Bapak Asep dan Bapak Suryana. Setelah layanan-layanan dipastikan berjalan secara lokal, sebagian dari tim bergerak menuju MI Al-Huda untuk pemasangan perangkat yang sama di sekolah tersebut.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: