jump to navigation

Berita dari Sumba Timur Juli 17, 2009

Posted by ybandung in Rural NGN.
trackback

Wahana Visi Indonesia bersama TIM ITB Bandung Memaparkan Rencana Membangun Desa Cerdas di Desa Mbata Puhu Kec. Haharu

Sumber: Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumba Timur

Di dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai kondisi Desa Mbatapuhu, yaitu salah satu desa yang diprogram oleh WVI. Desa tersebut merupakan desa dengan kondisi alam yang cukup berat dibandingkan dengan desa-desa lain di Kab. Sumba Timur. Wilayah seluas 212,4 km2 itu hanya berpenduduk 981 orang atau 5 orang per km2. “Kita memerlukan waktu satu hari untuk dapat bertemu dengan lima orang”, kata Kepala Bappeda, Drs. Christian Hunga, MT, yang adalah alumni ITB. Lebih lanjut, Pak Chris menjelaskan bahwa sawah yang bisa ditanami hanya seluas 1 ha. Jenis tanaman yang dapat ditanam adalah jagung dan sorgum. Itu pun hanya dilakukan selama 3 bulan musim penghujan. Selama 9 bulan musim kemarau, warga masyarakat mengandalkan simpanan makanan yaitu jagung. Ada satu sekolah swasta yang berjarak sekitar 4 km dari pemukiman. Ada delapan mata air dan satu sungai. Lokasi sumber air juga jauh dari pemukiman, sehingga warga harus bersusah payah untuk mengambil air bersih. Di Sumba Timur, kaum ibu dan anak-anak perempuanlah yang bertugas mengambil air.

Pertemuan ini menghadirkan Tim ITB, yaitu Dr. Yoanes Bandung bersama rekan untuk mempresentasikan rencana program Desa Cerdas, yaitu program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di daerah pedesaan. Teknologi yang akan dikembangkan adalah intranet dan satelite phone gateaway serta pompa hydrant untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat Mbatapuhu. Program ini merupakan kerjasama tindak lanjut kerjasama antara Bagian PDE dengan WVI-ITB. Dari PDE, Pak Doni menjelaskan adanya bantuan Mobil Internet yang salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan Internet kepada siswa-siswa sekolah baik di kota maupun di pinggiran kota. Mobil Internet tersebut dilengkapi dengan mobile community access point, 8 unit komputer, telepon dan wartel, faksimile, dan perangkat multimedia. PDE juga mengelola akses Internet melalui teknologi VSAT IP, dan memasang access point di Kantor Bupati, Dinas Perhubungan, Museum, dan Rumah Jabatan.

IMG_0883

:: Suasana pertemuan antara WVI, TIM ITB Bandung dan Jajaran Pemda Sumba Timur ::

Bapak Bupati, Drs. Gideon Mbiliyora, MSi. menyambut baik rencana program yang akan dijalankan oleh WVI. Pemilihan lokasi atau tempat dinilai sudah sangat tepat. Pak Bupati berharap semoga teknologi dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat pedesaan. “Tentu Pemda tidak akan menjadi penonton saja, tapi juga akan membantu sesuai dengan proporsi dan kemampuan yang dimiliki oleh Pemda”, tutup Pak Bupati.

IMG_0887

:: Pak Amsal berdialog dengan Pak Gideon ::

Sumber :

WVI dan TIM ITB Bandung

Iklan

Komentar»

1. Sony Umbu - Agustus 1, 2009

Wah suatu langkah yang bagus ………..

Selamat melaksanakan …………………

Semoga Sukses ………….

God Bless

2. Pengumuman Kelulusan Proposal Program Insentif 2010 « Yoanes Bandung & Activities - November 5, 2009

[…] Program pengembangan testbed ini sebetulnya adalah salah satu kegiatan untuk melakukan ujicoba hasil pengembangan perangkat Wireless Multimedia Internet yang selama 10 tahun didanai oleh KNRT sendiri melalui program RUSNAS TIMe. Menurut Agenda Riset Nasional (ARN), salah satu agenda di dalam pengembangan TIK adalah Rural NGN, sehingga kami mengusulkan sebuah kegiatan dalam rangka mengembangkan pilot project Rural NGN di daerah terpencil di kawasan Indonesia Timur. Dan program ini sendiri sebetulnya telah disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Timur seperti berita di sini. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: