jump to navigation

Cek Fisik Bantuan di Bandung untuk Mengurus Perpanjangan STNK di Yogya Agustus 1, 2009

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Sebentar lagi masa berlaku STNK kendaraan saya akan segera berakhir. Kendaraan tersebut berplat nomor ABxxxxJN yang dikeluarkan oleh Samsat Sleman DIY. Untuk mengurus perpanjangan STNK, tentu saja harus dilakukan di Samsat Sleman dengan menyiapkan persyaratan BPKB, STNK berikut bukti pajak tahun terakhir, KTP sesuai pemilik di BPKB, dan bukti cek fisik kendaraan bermotor.

Karena kendaraan tersebut di Bandung, rasanya akan merepotkan jika harus dibawa ke Sleman (Yogya) untuk melakukan cek fisik kendaraan. Saya mencoba datang ke Samsat Bandung Barat di Jalan Pajajaran untuk melakukan cek fisik bantuan, namun tidak bisa. Untuk cek fisik kendaraan luar kota (cek fisik bantuan) harus dilakukan di Samsat Bandung Pusat di Jalan Soekarno-Hatta, persis di perempatan Kiara Condong – Soekarno Hatta. Berikut ini langkah-langkah yang saya jalani dalam melakukan cek fisik kendaraan bermotor:

  1. Kendaraan tidak perlu diparkir dan langsung saja dibawa ke bagian cek fisik kendaraan bermotor. Petugas meminta saya datang ke loket pendaftaran untuk meminta formulir cek fisik kendaraan bermotor. Untuk keperluan ini, saya diminta menunjukkan BPKB dan STNK asli berikut KTP asli sesuai nama pemilik di BPKB. Kemudian saya diberi formulir permohonan cek fisik kendaraan dan kertas khusus untuk bukti pemeriksaan fisik kendaraan.
  2. Petugas di bagian cek fisik kendaraan meminta saya untuk mengisi formulir yang telah saya pegang. Sementara petugas gesek meminta kertas khusus tadi dan kemudian membantu untuk mengarsir nomor mesin dan nomor rangka kendaraan.
  3. Petugas kemudian mengesahkan bukti cek fisik kendaraan dan meminta saya memparkir kendaraan di tempat parkir dan membawa bukti cek fisik berikut BPKB dan STNK ke loket pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor.
  4. Tidak menunggu lama, saya dipanggil untuk mengambil kembali berkas-berkas tersebut yang telah disahkan oleh Samsat Bandung. Petugas memberitahu bahwa saya tinggal membawa berkas tersebut ke Samsat Sleman untuk memproses perpanjangan STNK dan mendapatkan plat nomor baru pengganti.
  5. Selesai dan tidak dipungut biaya.

Berkas tersebut (BPKB, STNK dan bukti pajak tahunan, KTP, bukti pemeriksaan fisik kendaraan bermotor) kemudian saya kirimkan ke Yogya menggunakan TiKi untuk diproses lebih lanjut oleh keluarga di rumah. O iya, saya tidak lupa memfotokopi berkas khususnya BPKB dan STNK mana tahu ada masalah dalam pengiriman oleh TiKi. Sekarang tinggal menunggu STNK baru dan plat nomor baru.

Komentar»

1. soetechno - Desember 3, 2009

matur suwun infone…sangat membantu saya…

2. HUDA - Maret 15, 2010

saya dipungut biaya 50 ribu ma oknum polisi.

Waduh .. semoga tidak kejadian lagi dech.

3. hendrik - April 10, 2010

kalo gak ada BPKB asli gmn bisa gak??
BKPB fotocopysan bisa gak??

4. viky - Desember 12, 2011

wah..makasih infonya gan,kebetulan bln dpn sy jg mo p’pjg tp plat sy B.jd ga perlu ngirim mtor k jkt.

Thanks juga Bro.

5. Armita - Pupung - Januari 5, 2012

thanks infonya ya… sangat membantu. salam kenal🙂

6. josh - Agustus 12, 2012

mas, mau nanya kalau bpkb sama ktp fotocopy gag yg asli bisa gag mas? soalnya bpkb atas nama ortu di riau. saya mau ngurus di bandung.

7. Eko Prihananto - Januari 5, 2013

Tadi pagi saya baru ngurus cek fisik bantuan ke Samsat Bandung Timur. Bisa pakai fotokopi BPKB yg dilegalisir oleh leasing karena aslinya masih disimpen sama leasingnya di Jakarta. Jadi syaratnya STNK asli dan fotokopi BPKB.

Prosesnya cepet dan gratis. Satu saja yang perlu diimprove: harusnya petugas mengucapkan terima kasih ke saya , karena telah menjadi customer yang taat, sebagaimana saya mengucapkan terima kasih ke mereka karena telah dilayani dengan baik.

ybandung - Januari 6, 2013

Setuju Mas, hanya kultur di kita belum demikian ya. Seperti ketika membeli bbm di pom bensin, kitanya yang berterima kasih dan petugas mengiyakan hehe.

8. Aldian Fazrihady (@afazrihady) - Januari 8, 2013

Terima kasih infonya

9. Awan - April 10, 2013

terima kasih infonya, baru saja saya ke samsat bandung timur untuk cek fisik bantuan, proses cepat dan free of charge. sangat memuaskan, jauh sekali dengan pelayanan di samsat wilayah Jakarta

ybandung - Mei 2, 2013

Mantab Mas.

10. taufik - Juni 26, 2014

matur nuwun mas infonya. ini saya juga mau perpanjangan 5 tahunan nich…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: