jump to navigation

Di Papua (9) – Berkunjung ke SD Inpres I Arso II Keerom Agustus 15, 2009

Posted by ybandung in Rural Digital Learning, Rural NGN.
trackback

Dari Kantor Dinas Pendidikan Keerom, kami mulai jalan untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang telah ditentukan. Turut mendampingi kami dari dinas adalah Pak Muchsin, Pak Sanadi, dan Pak Nasadit. O iya, kami sempat singgah di rumah makan tidak jauh dari Kantor Pemda Kabupaten Keerom. Kami menyantap lele dan mujair goreng yang ukurannya terbilang jumbo bila dibandingkan dengan di Jawa.  

Lanjut. Sekolah pertama yang kami survey adalah SD Inpres I Arso II. Sekolah ini berjarak sekitar 3 km dari Kantor Dinas Pendidikan Keerom. Terlihat sekolah ini mirip dengan sekolah dasar di daerah pada umumnya. Dari fisik bangunan dan ruang kelas, sekolah ini sudah sangat mapan dan permanen. Dari guru dan siswanya, mirip sekali dengan di Jawa. Melihat data sekolah, sejumlah guru dilahirkan di Sleman, Yogya, Malang, Tulungagung, dan Lampung. Dari fasilitas penunjang, terlihat sekolah ini telah dilengkapi dengan peralatan komputer, televisi multimedia, dan LCD proyektor.

IMG_1763

:: Sekolah Dasar Inpres I Arso II di Keerom Papua ::

Kami diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Ibu Katrimah. Dari tim ITB-UPI, Pak Armein menjelaskan program yang hendak dikembangkan di Keerom termasuk SD Inpres I Arso II. Program yang dimaksud adalah percepatan literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi guru serta peningkatan kualitas pendidikan sains dan matematika khususnya di Papua. Sementara, dari tim Pustekkom juga menjelaskan program-program yang akan diberikan. Kepala sekolah menyambut baik dan mendukung rencana program-program tersebut. 

IMG_1765

:: Pak Armein menjelaskan program ITB-UPI kepada kepala sekolah :: 

Sementara itu, Mas Fajar dari Wastama melakukan survey lokasi untuk penentuan titik menara serta ketinggiannya. Berbekal GPS-set, Mas Fajar mengukur koordinat titik menara (latitude, longitude) serta ketinggian (dpl). Kami pun memperoleh data koordinat S 2.90553 E 140.75053 serta ketinggian 57.3 m. Di titik inilah menara setinggi 20 m akan dibangun untuk menopang perangkat wireless 2.4 GHz.  

IMG_1775

:: Pengukuran koordinat dan ketinggian lokasi untuk penentuan titik menara wireless dan ketinggiannya ::

Setelah melakukan perkenalan dengan pihak sekolah, penjelasan program peningkatan kualitas pendidikan sains dan matematika melalui pemanfaatan TIK, penjelasan program dari Pustekkom, serta pengukuran koordinat dan ketinggian untuk pembangunan menara, kami pun berpamitan untuk melanjutkan kunjungan ke sekolah lain yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Keerom.

IMG_1779

:: Sejenak bersama dengan anak-anak sebelum meninggalkan SD Inpres I Arso II Keerom :: 

Iklan

Komentar»

1. Nur ajah - Maret 24, 2010

ya..ampun arso2 …..akhirnya ada jg yg meliput d blog ..makasih ya…jd kangen nih sm mamak di Arso 2…salam buat keluargaku Bpk/Mamak Atmodjo disana ya..mas Arip – mbak suti – adiku Yanti – dan keponakan2ku yg ganteng2 dan cantik2.

Akhirnya ada juga yang mengomentari artikel tentang Arso, hehe. Terima kasih Mba Nur, salam kepada keluarga tercinta dikirimkan lewat blog ini.

2. aloysius - April 23, 2010

ada yang tahu ibu guru panglipuring setya asih

3. Windu Rabi'atun - Juni 22, 2014

wah sekolahku dulu :’)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: