jump to navigation

Monev Hibah Penelitian Unggulan Strategis Nasional DIKTI 2009 November 2, 2009

Posted by ybandung in Perihal Penelitian.
trackback

Merujuk kepada isi pengumuman di sini, pada hari ini 2 November 2009 saya mewakili Ibu Putri selaku peneliti utama Hibah Penelitian Unggulan Strategis Nasional DIKTI 2009 untuk mempresentasikan kemajuan dan hasil riset kepada tim reviewer yang ditunjuk oleh DIKTI dalam rangka monitoring dan evaluasi program. Salah satu anggota tim reviewer adalah Bapak Ramli dari UI.

Kami melaporkan bahwa penelitian berjudul “Teknologi Digital Learning untuk Pedesaan” dan mengambil studi kasus di Kabupaten Keerom Provinsi Papua tersebut, saat ini sudah menghasilkan pencapaian 85% dari keseluruhan program. Sampai dengan saat ini tim telah melakukan kegiatan kunjungan ke lapangan sbb.:

Kunjungan pada tanggal 13-16 Agustus 2009

Tim melakukan pertemuan dengan pihak Universitas Cenderawasih sebagai mitra lokal pelaksanaan program, pihak Dinas Pendidikan dan Pembelajaran Provinsi Papua, dan pihak Dinas Pendidikan dan Pembelajaran Kabupaten Keerom.

Tim melakukan survey sekolah yaitu berkenalan dengan pihak sekolah SD Inpres 1 Arso 2, SD Inpres Arso 6, SD Inpres Arso 7, dan SMA N 1 Arso, sekaligus menjelaskan program termasuk program membangun komunitas guru belajar di Kabupaten Keerom. Tim teknis melakukan survey lokasi dalam rangka pembangunan infrastruktur TIK yang menghubungkan keempat sekolah tersebut, sekaligus membuka akses Internet di setiap sekolah melalui gateway VSAT Jardiknas yang ada di SMA N 1 Arso.

Kunjungan pada tanggal 11-12 September 2009

Tim program pembelajaran dari UPI yaitu Prof. Liliasari dan Bapak Agus Fany Chandra, pada hari pertama melakukan koordinasi dengan pihak Universitas Cenderawasih dan LPMP Provinsi Papua. Pada hari pertama juga dilakukan pemasangan server digital learning, yang ditempatkan di ICT Center Kantor Dinas P dan P Provinsi Papua yang dibantu oleh Bapak Aries dan Bapak Maurits sebagai mitra lokal untuk bidang teknis TIK.

Hari kedua dilakukan workshop TIK untuk Pendidikan kepada guru-guru di Keerom yang diselenggarakan di SMA N 1 Arso Keerom. Pada kesempatan ini juga dilakukan online bersama antara guru-guru dan fasilitator di Keerom dan tim peneliti dari Bandung dengan mengakses layanan di server yang ditempatkan di ICT Center Jayapura.

Kunjungan pada tanggal 28-29 September 2009

Bapak Armein Langi mendampingi Dirjen DIKTI meresmikan program di Jayapura, yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Papua.

Siang harinya, tim reviewer melakukan kunjungan laboratorium dan diterima oleh Bapak Armein Langi dan Bapak Mervin di Kantor PPTIK ITB.

Iklan

Komentar»

1. Safia - Desember 11, 2009

Pelaksanakan penelitian itu sangat bagus dan lebih ke daerah yg mempunyai keinginan besar untuk maju, kalau ada kesempatan ingin di ajari cara melakukan penelitian.

2. SAFIA Renhoat - Desember 11, 2009

Penelitian yang di lakukan di papua itu saya sangat bangga karena ada bagian indonesia timur yang di perhatikan, kalau ada kesempatan tolong di ajarin penelitan-penelitian yang di lakukan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: