jump to navigation

Pengembangan DL 2010: Survey Sekolah Dasar di Punclut Februari 12, 2010

Posted by ybandung in Rural Digital Learning.
trackback

Melanjutkan program pengembangan digital learning untuk sekolah dasar di pedesaan, kami merasa perlu untuk membangun model sistem yang dimaksud di lokasi yang mudah diakses oleh tim teknis dan tim pengembang. Karena base-camp kami di Bandung (ITB, UPI), kami pun memilih Punclut sebagai lokasi pengembangan model. Lokasi ini diharapkan mampu merepresentasikan kondisi daerah pedesaan meskipun sebetulnya cukup dekat dengan kota Bandung.

Dari pengembangan model ini diharapkan muncul suatu platform sistem digital learning bagi sekolah dasar di daerah pedesaan. Dengan adanya platform ini, sistem digital learning dapat lebih mudah diterapkan di daerah-daerah pedesaan meskipun karakteristik masing-masing daerah berbeda-beda.

Di tahap awal, kami melakukan survey sekolah-sekolah dasar khususnya yang berada di daerah Punclut. Dari kegiatan survey lokasi, kami mendapatkan beberapa informasi mengenai keberadaan sekolah-sekolah di Punclut.

SDN Pagermaneuh

Sekolah ini berlokasi di Kampung Pagermaneuh, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sekolah ini berjarak kurang lebih 3 km sebelah selatan Pasar Lembang dan 4 km sebelah utara lokasi Testbed Punclut yang masih beroperasi sejak tahun 2004 lalu. Antara Testbed Punclut dan lokasi sekolah ini terlihat ada penghalang berupa bukit, sehingga akan ada kesulitan dalam membangun koneksi wireless point-to-point (PtP).

DSC_6990

DSC_6991

:: SDN Pagermaneuh di Kecamatan Lembang dan pemandangan alamnya yang indah ::

SMPN 52 Bandung

Dalam perjalanan kembali dari lokasi Testbed Punclut, saya menjumpai sekolah menengah pertama yaitu SMPN 52 Bandung. Sekolah ini berada di wilayah Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Berjarak sekitar 1 km dari lokasi Testbed Punclut.

DSC_7002

SDN Ciumbuleuit I, II

SDN Ciumbuleuit I, II berjarak 300 m dari SMPN 52 Bandung. Sekolah ini berada di wilayah Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Diperlukan survey detil jika sekolah ini akan dinetwork, apakah bisa PtP dengan Testbed Punclut ataukah langsung PtP dengan node utama di kampus ITB.

DSC_7004

SD Swasta Hidup Baru

SD Swasta Hidup Baru berjarak kurang lebih 300 m dari SDN Ciumbuleuit I, II. Sekolah ini tepat berada di Bundaran Ciumbuleuit yang juga titik temu dari Jalan Kiputih.  Seperti halnya SD Ciumbuleuit I, II, diperlukan survey detil sekiranya sekolah ini akan dinetwork.

DSC_7008

Sekolah Lain

Perlu survey lebih lanjut untuk mengumpulkan sekolah-sekolah lain yang berada di kawasan Punclut.

Iklan

Komentar»

1. Hendri Kusdianto - Februari 25, 2010

Malam pak . Thank’s untuk perhatiannya tentang sekolah di daerah punclut. Saya adalah tenaga pengajar di SDK Hidup Baru. Salam kenal dan sukses selalu.

Terima kasih banyak Pak Hendri. Salam kenal dan sukses selalu Pak.

2. kusnandar - Desember 24, 2010

saya alumni sd bandung baru satu mengucapkan banyak banyak terimakasih kepada:Yoanes Bandung & Activities semoga ke depan nya lebih baik lagi sistem pendidikan dan gedung nya

wassalam
kusnandar

3. agpi agpie - Maret 25, 2011

ya skolah yang bgus saya pun mengakui nya saya bangga tlah brsekolah di sdn ciumbuleuit 1 dan saya bngga jdi siswa smpn 52 bandung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: