jump to navigation

Sumba Timur 2010: Di Desa Tadulajangga April 21, 2010

Posted by ybandung in Rural NGN.
trackback

Suasana cukup ramai di SDN Waitama. Banyak anak sekolah yang sedang beristirahat, saat itu sedang ujian. Selain itu, masyarakat sekitar juga ramai berkumpul di sekolah ini karena akan diadakan workshop pemasangan pompa hidram.

:: Berfoto dulu dengan siswa SDN Waitama dan warga. Menurut salah satu guru, beberapa di antaranya harus berjalan kaki 2 jam menuju sekolah ini. ::

:: Persiapan workshop di sekitar posko WVI di Desa Tadulajangga, di samping SDN Waitama ::

Workshop kepada warga masyarakat dan tim WVI dibawakan oleh Bapak Oemar, dosen FSRD ITB. Tampak dalam foto, komponen-komponen pompa hidram yang dibawa tangan naik pesawat dari Bandung. Yang menarik dari workshop ini, Bp. Oemar mengajak warga untuk mendisain sendiri pemasangan pompa yang direncanakan, termasuk bagaimana membangun pondasi untuk pompa, mengatur pemasangan pipa saluran air, merencanakan pembangunan bak penampungan air, dll. Selain itu, terdapat semacam buku petunjuk teknis pembuatan pompa hidram dan pemasangannya yang diterbitkan oleh ITB yang memudahkan masyarakat umum untuk mempelajarinya.

:: Suasana workshop pemasangan pompa hidram oleh Bapak Oemar ::

Selesai workshop, kami diajak tim WVI meninjau lokasi pemasangan pompa hidram yang direncanakan. Untuk mencapai lokasi kami harus melalui medan yang cukup berat, ada bagian jalan yang berlumpur selutut harus dilalui sekitar 100m, ada bagian jalan yang berbatu tajam. Ditambah hujan deras semakin menambah serunya perjalanan menuju sungai di balik sebuah kampung di Tadulajangga. Sayang, kamera harus disimpan di kendaraan karena derasnya hujan sehingga tidak mempunyai koleksi foto serunya.

:: Berfoto setelah basah kuyup seusai meninjau lokasi pemasangan pompa di Desa Tadulajangga yang harus melalui medan cukup berat ::

Selesai meninjau lokasi rencana pemasangan pompa, kami semua kembali ke Posko untuk berganti pakaian yang kering dan makan siang. Selanjutnya kami kembali ke Waingapu yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan darat.

:: Selamat datang di Kota Waingapu ::

Iklan

Komentar»

1. alice pngen ..... - April 8, 2011

Wew

2. za - Mei 12, 2011

Foto setelah Pak Armein, itu Pak Fauzi dari Mesin bukan sih Mas Bandung? Wah seru perjalanannya 🙂

Betul Mas Zaki, Prof. Fauzi dari Mesin.

3. asumbung - Oktober 25, 2011

Numpang tanya gan, aku bisa beli alat pompa hidram yg kayak gini dimanaya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: