jump to navigation

Keerom 2010: Perjalanan Kembali ke Bandung Juni 5, 2010

Posted by ybandung in Discover Wonderful Indonesia, Rural Digital Learning.
trackback

Hari Jumat malam kami mendapat kabar dari kantor kalau jadwal penerbangan kami dengan Merpati dari Jayapura-Jakarta pukul 10.55 diundur menjadi pukul 15.40 dan kami harus sudah standby di Bandara Sentani pukul 14.00. Tidak apa-apa, lumayan masih ada tambahan waktu beredar di Jayapura. Sabtu pagi pun saya bangun agak siang karena rasa letih sekali.

Pukul 10.00 kami menuju Bandara Sentani yang berjarak kurang lebih 45 km. Rencananya kami akan mampir di Pasar Hamadi untuk sekedar melihat-lihat souvenir atau membelinya kalau tertarik. Namun kami urungkan, kami hanya melihat dari jalan di depan Pasar Hamadi yang kami lalui. Sekitar pukul 11.00 kami tiba di bandara. Di loket Merpati kami diberikan tiket perjalanan yang baru. Selidik-selidik, rupanya kami diundur karena ada rombongan pemda yang mau berangkat ke Jakarta pagi itu. Kami berempat termasuk yang digeser ke penerbangan sore harinya.

:: Di ruang tunggu keberangkatan Bandara Sentani, beristirahat sambil menikmati pemandangan luar ::

Setelah mundur sekitar 20 menit dari jadwal, kami diterbangkan dengan Boeing 737-400 menuju Jakarta dengan rencana transit di Bandara Kaisiepo-Biak dan Bandara Sultan Hasanuddin-Makassar.

:: Take-off meninggalkan Bandara Sentani Jayapura ::

Setelah sekitar 1 jam terbang dari Jayapura, kami pun tiba di Bandara Frans Kaisiepo Biak. Seperti biasa kami akan beristirahat selama 30 menit di Biak untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Jakarta, transit Makassar.

:: Tiba di Bandara Frans Kaisiepo Biak, transit selama 30 menit ::

:: Di Biak, bersiap lepas landas menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ::

:: Sesaat sebelum mendarat di Makassar, hari sudah gelap ::

:: Suasana di dalam Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ::

Pukul 21.30 kami telah tiba di Bandara Cengkareng-Jakarta. Pak Jaja yang dikirim oleh PPTIK telah menjemput kami di bandara dan kami pun langsung berangkat menuju Bandung. O iya, kami sempat beristirahat makan malam di restoran AW Jalan Tol Cikampek KM.19. Sekitar pukul 1 dini hari, kami telah tiba di Bandung. Perjalanan panjang yang melelahkan sekaligus menyenangkan …