jump to navigation

Online Bersama dengan Guru-Guru Keerom Juni 9, 2010

Posted by ybandung in Rural Digital Learning.
trackback

Di kantor PPTIK-ITB siang hari ini, saya mencoba masuk ke server digital learning Keerom yang ditempatkan di SMAN 1 Arso, Keerom-Papua. Kebetulan anggota tim digital learning ITB-UPI yaitu Prof. Liliasari, Mas Agus Fany, dan Arie Aditya Nugraha bersama beberapa dosen Uncen dan LPMP Provinsi Papua sedang berada SD Inpres Arso 6, Keerom-Papua dalam acara workshop dan sosialisasi program lesson study kepada para guru mitra khususnya dari SD Inpres I Arso 2, SD Inpres Arso 6, dan SD Inpres Arso 7.

Rupanya siang hari ini sedang diadakan workshop online bersama yang nantinya akan menjadi aktivitas rutin mingguan dalam rangka pembelajaran bagi para guru misalnya untuk berbagi pengetahuan dan best-practices atau untuk bersama-sama menyusun RPP. Saya lihat ramai sekali peserta online bersama kali ini. Terlihat ada nama-nama seperti Bapak/Ibu: Robi Ulludin, Phillipus Alang, Katrimah, Achmad Zainal, Jack Pahabol, Ahmad Saroni, Juariah Laila, Rita Mariana, Agus, Turut, dan lain-lain. Memanfaatkan akses Internet, saya pun dengan mudah dapat menyapa Bapak-Ibu Guru di Keerom.

Layanan online bersama tersebut disediakan oleh program aplikasi Moodle melalui fasilitas chat yang tersedia. Server yang terpasang Moodle sementara ini masih menggunakan alamat berupa nomor IP Publik yang merupakan bagian dari Jardiknas-Pustekkom, sehingga seringkali membuat pengguna kesulitan menghafal alamat tersebut. Ke depannya, kami akan membeli nama domain untuk server tersebut sehingga dengan mudah dapat diingat pengguna.

Selain untuk komunitas guru di Keerom-Papua, layanan digital learning ini nantinya akan digunakan bersama-sama oleh anggota komunitas guru dari Testbed Bandung-Subang-Cianjur dan Testbed Waingapu-Sumba Timur sehingga akan terjalin komunikasi para guru yang lebih luas lagi. Syukur nanti dapat lebih luas lagi.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: