jump to navigation

ToDo Pengembangan Teknologi DL Oktober 21, 2010

Posted by ybandung in Rural Digital Learning.
trackback

Pagi ini bertempat di Wisma Sejahtera Jalan Dago 109, kami berenam tim infrastruktur digital learning (DL) mengidentifikasi aktifitas-aktifitas yang akan dikerjakan sampai dengan akhir tahun 2010 ini. Di antaranya adalah:

1. Integrated A/V Performance Test Tool

Sistem ini dirancang untuk menyediakan sarana pengukuran jaringan khususnya yang berkapasitas rendah untuk mendapatkan informasi tentang kualitas layanan multimedia yang akan didapatkan jika jaringan tersebut akan digunakan untuk mengoperasikan layanan konferensi multimedia di atasnya. Sistem ini telah teruji baik di laboratorium dan selanjutnya akan diuji di Testbed Subang minggu depan dan Tesbed Keerom-Papua pada awal November mendatang.

2. Multimedia Conference System based-on Open Source

Sistem layanan konferensi multimedia berbasis open source yang telah diuji di laboratorium akan diuji di jaringan Testbed Subang minggu depan. Pengujian akan mencakup pengujian kuantitatif (kualitas layanan, performansi sistem server) dan kualitatif (kualitas layanan). Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi pembelajaran siswa sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bagi pengembangan teknologi digital learning pedesaan.

3. PSS Akses Informasi dan Multimedia di Testbed Punclut

Merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat, tim akan menerapkan sistem produk-layanan yang akan menyediakan akses informasi dan multimedia pembelajaran bagi warga Punclut, Bandung. Secara offline, online  lokal, dan online global, masyarakat dapat belajar baik pendidikan formal (untuk anak-anak sekolah) maupun life skill (untuk orang dewasa) melalui sarana teknologi informasi dan komunikasi.

4. Pengembangan Infrastruktur DL di Testbed Bandung-Subang-Cianjur

Pada saat ini, tim sedang mempersiapkan pemasangan infrastruktur digital learning di SDK2 Bina Bakti, Bandung. Ada dua tahap yang akan dilaksanakan yaitu i) infrastruktur berbasis jaringan 3/3.5G dan ii) infrastruktur berbasis jaringan nirkabel.

5. Pengembangan Infrastruktur DL di Keerom-Papua

Tim memiliki dua kegiatan pengembangan infrastruktur DL di Papua, yaitu i) pengembangan existing testbed bekerja sama dengan Dikti dan ii) pengembangan new testbed bekerja sama dengan LSM. Direncanakan pada November 2010, tim akan mengadakan kunjungan ke lokasi.

 

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: