jump to navigation

Balikpapan 2011: Sosialisasi dan Seleksi Calon Mahasiswa S2 CIO Mei 6, 2011

Posted by ybandung in Perihal Pendidikan dan Pengajaran.
trackback

Pada hari Jumat, tanggal 6 Mei 2011, bertempat di Hotel Blue Sky, Jalan Letjend Soeprapto No 1 Balikpapan, Kominfo menyelenggarakan Sosialisasi dan Seleksi Calon Mahasiswa S2 CIO. Dihadirkan sebagai narasumber adalah perwakilan dari perguruan tinggi yang menyelenggarakan program MTI-CIO termasuk UGM, ITB, ITS, UGM, dan UNP.

Pembukaan
Oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kominfo.

Beasiswa diberikan kepada PNS yang bekerja menangani bidang IT (website, database, teknologi informasi lainnya) meskipun bukan dari lulusan bidang IT.

Sosialisasi Program Beasiswa Magister TI-CIO
oleh Kepala Penyelenggara Program MTI-CIO, Bp. Udi Rosadi

CIO adalah arranger dari suatu orkestra pemerintahan dengan IT sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan lebih efektif. Pejabat CIO diharapkan memiliki latar belakang S2 sehingga perlu mengikuti program MTI-CIO. Kepada yang belum mendapatkan kesempatan bisa mengikuti Bimtek (intisari dari 8 kompetensi Clinger-Cohen) dalam 4 hari, sebagai jalur yang informal.

Tujuan program MTI-CIO adalah untuk menyiapkan kader-kader pemimpin TI di pemerintahan pada masa yang akan datang. Lulusan diharapkan menjadi sumber rujukan penanganan TI.

Persyaratan umum:

  • PNS pusat/daerah yang telah bekerja sekurang-kurangnya 2 tahun, termasuk yang masih CPNS
  • Bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan TIK di instansi yang bersangkutan
  • Mendapatkan izin dan rekomendasi dari pejabat berwenang untuk menjalani pendidikan
  • Usia maksimum 40 tahun pada saat mendaftar, kepada yang berumur 40 tahun lebih disarankan untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek)
  • Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2
  • Mendapatkan persetujuan dari pejabat daerah (sekda/setingkat eselon 2), mendapatkan surat bebas tugas dan komitmen pemda untuk memberikan dukungan tunjangan hidup, transportasi, buku-buku, dana wisuda (standar dulu 1.050.000,- per bulan)

Persyaratan khusus : sesuai ketentuan perguruan tinggi pilihan.

Program MTI-CIO Universitas Gadjah Mada
Oleh Bp. Rudi Hartanto

Program Magister Teknologi Informasi (MTI) merupakan bagian dari Program Studi S2 Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, UGM. CIO merupakan salah satu pilihan konsentrasi yang ditujukan untuk eksekutif/pengambil kebijakan yang bertanggung jawab mempromosikan TI sebagai sarana peningkatan kualitas birokrasi di pemerintah maupun industri, baik pada level strategis maupun operasional.

Sampai saat ini UGM telah menyelenggarakan 4 angkatan dengan beasiswa Kominfo, akan menuju angkatan ketujuh. Beberapa keuntungan belajar di MTI UGM:

  • Program CIO dilaksanakan selama 16 bulan dengan beban 38 SKS. Di UGM menggunakan gelar M.Eng.
  • Lingkungan belajar yang kondusif sebagaimana predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar.
  • Lingkungan kota pariwisata

Syarat khusus:

  • TPA 500, TOEFL 450, IPK 3 (atau memiliki sertifikasi TI), pendaftaran dapat dilakukan on-line.
  • Contact person: Ibu Amalia.

Program MTI-CIO Institut Teknologi Bandung
Oleh Ib. Cut Fiarni

Program I: Program MTI – Chief Information Officer (CIO) untuk memenuhi kebutuhan CIO di pemerintahan pusat/daerah, menyediakan agen-agen perubahan, mewujudkan skema good governance. Program didukung oleh Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) untuk membentuk leadership dan Waseda University dalam pengembangan kurikulum.

Kurikulum terbagi dalam 3 semester dengan beban 36 SKS. Penelitian proyek akhir (tesis) diarahkan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di instansi masing-masing.

Program II: Program MTI – Layanan Teknologi Informasi (LTI), membantu CIO dalam mewujudkan kebutuhan proses bisnis ke dalam aplikasi berbasis TI. Kompetensi yang diharapkan adalah kemampuan manajemen organisasi, manajemen sistem informasi berbasis layanan, memahani arsitektur berorientasi layanan, dll.

Program MTI-CIO Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
Oleh Bp. Wirawan

ITS telah menyelenggaran program MTI-CIO selama 4 tahun (dua tahun pertama lebih ke program Magister Telematika). Mengapa kuliah di Surabaya?

  • Masyarakat yang dinamis dan terbuka
  • Inisiator program inovatif
  • Penerapan layanan prima
  • Biaya hidup murah 500rb-1juta per bulan

ITS mencanangkan program kampus berwawasan lingkungan. Selain teknologi, ITS juga menyasar bidang art dan culture. Program MTI yang juga didukung oleh Jurusan Teknik Industri ITS ini dilaksanakan dalam 16 bulan dengan beban 36 SKS. Mahasiswa diminta untuk mempublikasikan di konferensi nasional/internasional.

Program MTI-CIO Universitas Indonesia
Oleh Bp. Nizar HIdayanto

Pogram MTI-CIO di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia didukung oleh dua laboratorium (lab. eGovernment dan lab IT Governance).

Program dilaksanakan ke dalam 3 semester (per semester 4 bulan). Mahasiswa akan mengerjakan karya akhir. Fasilitas: perpustakaan, ruang diskusi, akses ke jurnal online. Kurikulum: core IT (konsep jaringan, database, perancangan sistem informasi), integrasi TI (perencanaan TI, investasi TI).

Persyaratan khusus: TOEFL 450, TPA 500.

Program MTI-CIO Universitas Negeri Padang
Oleh Bp. Muhammad Adri (Ketua Pelaksana Program)

Program MTI-CIO bertujuan untuk menyediakan pemimpin sistem informasi untuk membantu pemerintahan dalam menggalakkan pemanfaatan TI. Mengapa Padang?

  • Kota Padang merupakan salah satu kota yang religi
  • Masyarakat yang ramah dan bijaksana
  • “World Class” wisata kuliner
  • Kaya akan obyek wisata alam (Danau Singkarak, dll)
  • Kota yang aman dan nyaman
  • Sentra pendidikan di Pulau Sumetera

Program dilaksanakan selama 16 bulan yang dibagi ke dalam 4 semester, dan masing-masing semester terdiri dari 4 bulan (16 kali pertemuan). Kurikulum yang ditawarkan termasuk Filsafat Sains, Manajemen Strategis, Azas dan TI Masa Depan, Kepemimpinan dan Analisis Kebijakan, Layanan Elektronis, Manajemen Proyek TI, Audit dan Evaluasi TI, Strategi IT dan Bisnis, Standar dan Regulasi TIK, e-Government, Metode Penelitian, Analisis Sistem Informasi, Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer, serta Tesis.

Q&A:

1. Biaya hidup cukup tinggi, apakah ada kebijakan pemerintah daerah untuk mendukung program MTI-CIO?
Jawab:
a. Bp. Johar Effendi (Kepala Dinas Kominfo, Balikpapan), ada komitmen dari pemerintah daerah untuk tunjangan sekolah kepada 30ribu orang namun sementara waktu untuk PNS.

b. Bp. Udi Rosadi, perlu cost sharing antara Kominfo dengan Pemda. SBU 1.050.000. Bp. Kabid, mohon pemda tidak lepas tangan sehingga ada dukungan biaya hidup dari pemda.

2. Ujian Tertulis (Pengetahuan TI, Matematika, Statistik), seberapa batasan materi yang diujikan supaya lebih efektif mempersiapkannya. Apakah ada kisi-kisinya?
Jawab: Materi dasar.

3. Dalam proses mengikuti kuliah, apakah mahasiswa boleh mengikuti prajab yang mungkin sampai 3 bulan?
Jawab: Ikuti kebijakan perguruan tinggi.

4. Karena ketiadaan informasi program beasiswa, apakah mungkin Kominfo menyurati ke pemda agar dapat mempersiapkan tunjangan biaya hidup?
Jawab: Kominfo telah mensosialisasikan program kepada pemda agar pemda bisa merancang program dukungan kepada mahasiswa.

5. Tidak ada kejelasan mengenai tidak lolosnya calon mahasiswa. Apakah perguruan tinggi dapat membuka informasi terkait?
Jawab: Silakan ditanyakan ke perguruan tinggi bersangkutan.

6. Surat rekomendasi dari pimpinan dari pejabat minimal eselon 2, kapan mengajukan apakah sebelum atau sesudah ujian masuk?
Jawab:

7. Apakah boleh mendaftar di lebih dari satu perguruan tinggi?
Jawab: Mohon tidak mendaftar di lebih dari satu perguruan tinggi, untuk menjamin kosongnya kursi karena dipilihnya salah satu perguruan tinggi.

Iklan

Komentar»

1. nia - Mei 24, 2011

Asalam..,kyknya jurusan ini bagus :-), pak mau tanya. Misalkan qt bukan dari instansi pemerintah dan ingin meneruskan master di ITS , apa ada beasiswa untuk jalur umum???terimakasih sebelumnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: