jump to navigation

Terlampau Cepat, Ganti Oli Mesin Agustus 1, 2011

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Saya pernah membaca tulisan di buku manual kendaraan kalau service yang kedua hendaknya dilakukan pada saat odo menunjukkan km 10.000. Namun saya menjadi agak bingung, karena ada tulisan juga bulan ke-6 sejak service pertama padahal odo baru sekitar 2.850. Mana di antara penunjukan odo 10.000 atau bulan ke-6 yang lebih dulu tercapai.

Dari pembicaraan via telepon dengan TSA di bengkel Toyota, TSA menyarankan agar kendaraan segera dibawa ke bengkel untuk diservice (termasuk ganti oli). Lanjutnya, mestinya setiap tiga bulan sebaiknya kendaraan ganti oli mesin. Hem .. koq bisa ya, padahal menurut buku manual ganti oli mesin sebaiknya setiap 10.000 km.

Daripada ragu-ragu, saya pun membawa si avanza silver ke bengkel. TSA mengatakan bahwa mobil akan diservice (dicek dan ricek) sekaligus ganti oli. Saya serahkan buku perawatan berkala tanda setuju. Pada saat pengambilan kendaraan, saya pun hanya membayar biaya ganti oli mesin kurang lebih sekitar 160ribu (setelah diskon). Namun saya mendapati buku perawatan berkala tidak diupdate dan perihal ini saya utarakan ke TSA. Tadinya saya pikir apakah ini termasuk perawatan km  10.000, meskipun odo baru 2.850. Rupanya tidak, yang dilakukan adalah ganti oli km 5.000 (padahal odo baru 2.850?) dan cek ricek beberapa sistem sehingga tidak perlu dicatat di dalam buku.

Ya sudah .. saya hanya menyimpulkan saya terlalu cepat membawa kendaraan ke bengkel untuk ganti oli mesin. Memang di buku panduan sebaiknya ganti oli setiap 10.000 km, namun di beberapa forum menyarankan akan lebih baik kalau ganti oli setiap 3.500-5.000 km agar mesin awet.  Kalau mengikuti diskusi forum, mestinya saya datang saja ke bengkel untuk ganti oli pada saat odo menunjukkan 3.500-5.000.

Nah berikutnya yang masih menjadi pertanyaan dalam benak saya, sebaiknya ganti oli setelah 5.000 alias odo menunjukkan 7.850 sebagaimana saran dari bengkel ataukah sekalian menunggu odo menunjukkan 10.000 ya (setelah kendaraan menempuh 7.150 km). Hari gini kan harus selektif dalam mengikuti saran-saran dari bengkel (resmi sekalipun), tidak harus selalu diikuti.

Iklan

Komentar»

1. pio - Oktober 11, 2011

ini saya alami juga di avanza saya yg krn jarang digunakan maka begitu masuk bulan-nya, km tidak tercapai.
di buku petunjuk dijelaskan, mana yg dicapai lebih dulu, jadi jika bulan tercapai sementara km belum, tetap harus di servis.
daripada saya “ngejar2” km untuk menyesuaikan bulan…..akhirnya saya pasrahkan untuk “menghanguskan” service gratis.
untuk urusan ganti olie, hehe, saya ganti sendiri di rumah, sesuai jangka waktu pergantian olie, misalnya 5.000km.

buang hari senin, kadang baru hari sabtu saya isi kembali. Krn memang jarang digunakan. Mudah2an ga soak akinya.

Thanks sharingnya Mas Pio, hem .. ganti oli sendiri di rumah ya. Saya belum sanggup dech kayaknya.

Mengenai aki tadi saya mendengarkan tips di PRFM, jika kendaraan tidak dinyalakan selama dua mingguan sebaiknya aki dicopot. Mungkin biar tidak soak ya hehe ..

2. antonius - November 18, 2013

siang bro..
kalo menurut sy sich itu gak perlu karena sering kita otak aktik mesin yang sudah enak tu gak baik juga buat mesin..
saran sich pake oli yang bagus sekalian karena skarang udah ada oli yang keluaran uero 7 standar international yang udah lolos uji dari API ( American Petrolium iInstitute ) yang sudah diapprove oleh lebih dari 500 ribu perusahaan didunia. selain kta hemat waktu nggak sering nongkrong dibengkel juga kita bisa hemat biaya karena tidak sering keluar biaya buat service ma beli oli yang cuma layak pakai hingga 5000km.

ybandung - Februari 9, 2014

Nuhun bro informasinya.

anatonius - Februari 12, 2014

sama sama bro.. kalo mau info oli yang bagus jangan sungkan tanya bro.. saya usahakan bantu untuk dapetin produknya.. thxs


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: