jump to navigation

Mesin Avanza Sedikit Ngelitik Oktober 5, 2011

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Pada saat melakukan test drive hari ini, teknisi menyampaikan kalau mesin Avanza 1.3 A/T ngelitik (knocking) dan menyarankan supaya mengganti bahan bakar menjadi pertamax karena mesin Avanza K3-VE menggunakan sistem kompresi tinggi (11:1). Namun sebelum mengganti supaya dikuras dulu di bengkel (pelanggan perlu membeli bahan pembersih kalau ngga salah dengar DCS seharga 95ribu).

Sebetulnya saya mendapati mesin kadang-kadang ngelitik sejak dua tiga bulan terakhir, namun hanya saya rasakan ketika menanjak di jalan dekat rumah. Selebihnya tidak pernah terasa ngelitik. Info dari Internet kalau sedikit ngelitik dapat diabaikan saja. Memang sejak harga pertamax (Oktan 92) membubung tinggi saya menggantinya dengan premium (Oktan 88). Padahal lagi menurut Internet, untuk kompresi 11:1 seharusnya menggunakan bahan bakar dengan Oktan 95 yaitu pertamax plus.

Lagi nih dari forum, konon hanya sedikit ngelitiknya mesin dikarenakan Avanza (termasuk Xenia) sudah dilengkapi dengan anti-knocking sensor yang dapat memperlambat proses pengapian sehingga bahan bakar tidak ujug-ujug terbakar karena kompresi tinggi dari yang seharusnya dibakar oleh percikan busi. Tapi kalau dipaksakan terus dengan bahan bakar beroktan rendah, anti-knocking sensor dapat jebol juga. Parahnya ngelitiknya mesin dapat menjadikan piston pecah (bolong). Weh ..

Dari pembicaraan dengan TSA, memang pihak Toyota merekomendasikan untuk menggunakan pertamax. TSA mengatakan kalau menggunakan bahan bakar yang tepat akan lebih mengefisienkan konsumsi bensin. Artinya jatuh biayanya akan sama jika menggunakan premium plus perawatan (termasuk pembersihan karbon setiap 20.000km?) dan jika menggunakan pertamax (mesin lebih bersih dan awet juga mesin menjadi lebih bertenaga?). Saya cek di forum, penggunaan pertamax dapat menghemat konsumsi bensin sampai dengan 10%.

Jadi sebaiknya tetap premium atau pertamax (plus) ya? Hem …

Iklan

Komentar»

1. Waskita Adijarto - Oktober 11, 2011

Premium kan mau dibatasi ya? Nampaknya cepat atau lambat musti ke Pertamax.

Thanks Pak Was, barusan saya mendengarkan berita di prfm kalau mulai tahun depan kendaraan pribadi tidak boleh lagi mengkonsumsi premium. Berarti memang mesti berpindah ke pertamax dech ya.

2. ybandung - Oktober 24, 2011

Hem .. rupanya setelah berganti pertamax, mesin tidak lagi ngelitik. Malah lebih responsif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: