jump to navigation

Steer Avanza Terasa Agak Berat Oktober 5, 2011

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Hari kemarin saya merasakan steer Avanza 1.3 A/T terasa agak berat dari biasanya. Awalnya saya curiga apakah ada ban yang kempes (khususnya ban depan), saya cek tekanan semua ban kebetulan mendapatkan salah satu ban belakang lebih rendah 5 psi dari seharusnya 35 psi. Kemudian saya pompa dan tes kembali, steer tetap terasa agak berat.  

Hari ini saya membawanya ke bengkel dan menyampaikan keluhan kepada TSA. Kemudian saya diajak teknisi untuk mencoba kendaraan dan melihat keluhan yang ada. Mengelilingi kampus bagian luar (Juanda-Dayang Sumbi-Ganesha-Juanda), teknisi menyampaikan kalau steer dalam keadaan normal. Malah teknisi menemukan kalau posisi steer agak ke kanan dalam keadaan lurus.

Kembali ke bengkel, TSA menawarkan untuk mengecek bagian steer (saya kurang tahu apakah termasuk sistem power steeringnya berikut olinya) sekaligus mengatur posisi stir supaya seimbang lurus ke depan kembali. Saya pun mengiyakan dan kebetulan masih bebas biaya service sampai dengan km 50.000.

Sore hari ambil kendaraan dan serah terima dengan TSA. Ok steer sudah kembali ke posisi seimbangnya. Saya pun membawa pulang kendaraan dengan perasaan steer masih agak berat yang menurut teknisi normal-normal saja. Mudah-mudahan nanti kembali seperti sedia kala.

Update 08-10-2011

Hore.. rupanya dua hari berselang sejak keluar dari bengkel, steer telah kembali normal seperti sedia kala. Perasaan agak berat sudah tidak muncul lagi.

Komentar»

1. vino - Maret 31, 2015

Ternyata apa nya bro? Vios 03 saya juga rada berat nih, setiap ke bengkel resmi dibilang nya normal2 terus. Kuras minyak nya udah. Avanza nya bro tahun brp sih? Masih pake pompa atau sudah eps?

ybandung - April 1, 2015

Mas Bro, sampai dibawa pulang saat itu tidak tahu juga ada masalah apa karena TSA mengatakan stir dalam keadaan normal yang perlu disetel arah. Avanza tahun 2011. Tapi saat ini, umur kendaraan jalan tahun ke-5, kemudi masih dalam keadaan baik. Nuhun Mas Bro.


Tinggalkan Balasan

