jump to navigation

Ikan Koiku Mati Oktober 17, 2011

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Tidak tahu kenapa air kolam kecil di halaman rumah mendadak menjadi kotor sekali. Pagi hari saya melihat air kolam berbusa, saya pikir salah satu ikan koi bertelur. Lebih lanjut saya mengamati salah satu ikan terlihat kurang tenang dan cenderung gelisah.

Karena kurang berpengalaman, saya tidak dapat berbuat banyak. Saya hanya menambahkan air bersih ke dalam kolam agar tidak terlalu keruh dan berlendir oleh busa tersebut.

Sore hari saya dikabari kalau salah satu ikan koi yang terbesar (yang kemungkinan bertelur) mati. Dan malam harinya saya mendapati ikan-ikan koi yang lain mati juga, kecuali satu ikan hias berwarna merah (komet). Rupanya air kolam begitu keruh dan saya mendapati pompa air penyaringan mati.

Saya pun hanya bisa menyelamatkan satu ikan hias terakhir yang sudah ‘mbeleh’. Cepat-cepat saya angkat dan memasukkannya ke dalam ember berisi air bersih. Si ikan terlihat langsung meminum air sebanyak-banyaknya tanda mulai bernapas dengan enak.

Malam itu juga saya menguras kolam, sementara Erin dan om-nya menguburkan empat ekor koi di bagian lain dari halaman rumah. Setengah pekerjaan menguras kolam, saya mendapati banyak sekali telur-telur koi menempel di bebatuan. Sebagian diantaranya saya ambil dan masukkan ke dalam ember berisi air. Kira-kira bisa menetas tidak ya? Telur-telur yang menempel di bebatuan saya biarkan. Setelah lumayan bersih, kolam saya isi air kembali dan memasukkan si merah kembali ke habitatnya. Mudah-mudahan hidup lebih lama ..

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: