jump to navigation

Menggunakan Dropbox untuk Penyimpanan Data Lebih Aman Juni 1, 2012

Posted by ybandung in Teknologi Komputer & Software.
trackback

Setelah pengalaman dengan hilangnya seisi harddisk pada proses restorasi netbook EeePC 1008HA, saya mulai serius menggunakan Dropbox untuk menyimpan data-data pekerjaan di Internet (cloud) agar lebih aman. Aman di sini maksudnya data tidak akan mudah hilang karena tersimpan di provider file hosting kenamaan yaitu Dropbox selain tersimpan juga di komputer pribadi melalui mekanisme auto-synchronization ketika komputer tersambung ke Internet.

Kenapa Dropbox? Mudah saja, karena Dropbox menjadi buah bibir perbincangan di kampus dalam beberapa bulan terakhir ini. Selain itu, salah satu group penelitian kami telah serius menggunakan Dropbox untuk sharing file-file pekerjaan riset. Meskipun setelah itu menemukan beberapa alternatif file hosting seperti Google Drive, Microsoft SkyDrive, SugarSync dan lainnya seperti tertulis di sini dan di sini.

Dalam tahap awal penggunaan Dropbox, saya sangat puas dengan produk ini. Berlangganan free untuk penyimpanan data sampai dengan 2GB dan menginstal Dropbox di komputer, saya mulai menyimpan file-file pekerjaan di folder Dropbox di folder My Documents/Dropbox. Semua file di dalam folder ini secara otomatis akan tersinkronisasi menggunakan koneksi Internet ke media penyimpanan di server Dropbox. Dengan demikian, file-file penting selain tersimpan di server Dropbox juga tersimpan di komputer pribadi.

Dengan penyimpanan data di Dropbox, saya dapat mengakses file-file dari komputer mana saja. Ipad pun dapat digunakan untuk mengakses file-file tersebut, saya juga menginstal Dropbox di Ipad. Hem .. ternyata asik sekali menggunakan cloud storage.

Fitur lain yang menarik adalah shared file. Di group penelitian kami, salah satu peneliti mengkonfigurasi Dropbox-nya sehingga beberapa folder dishare ke semua anggota group. Saya pun secara otomatis mendapatkan semua file yang dishare tersebut, terlihat dari beberapa folder shared di My Documents/Dropbox.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah public file. Dengan mudah saya dapat men-drag and drop file ke dalam folder Public di dalam My Documents/Dropbox. Nah, setiap file akan memiliki alamat yang dapat dibagikan kepada rekan-rekan yang memerlukan via email, social network, web dan lain-lain sehingga rekan-rekan dapat mengunduh file-file tersebut.

Sementara ini pengalaman saya menggunakan file hosting Dropbox. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian file-file penting hilang.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: