jump to navigation

Menginstall Ulang Netbook EeePC 1008HA, Data Harddisk Hilang Juni 1, 2012

Posted by ybandung in Teknologi Komputer & Software.
trackback

Setelah merasakan komputer netbook EeePC 1008HA yang saya gunakan sehari-hari untuk bekerja semakin melambat kinerjanya, saya berinisiatif untuk menginstal ulang. Terlintas dalam pikirian, saya mesti memformat drive C agar dapat diinstal ulang Windows XP. Rupanya saya melakukan kesalahan, sehingga seisi harddisk hilang seketika.Ceritanya begini. Saya memformat drive C menggunakan software Partition Magic dengan harapan dapat diinstal dengan installer Windows XP. Jika tidak diformat, biasanya komputer akan menanyakan untuk reinstal (merasa kurang manteb) atau membuat copy sistem operasi yang baru. Setelah diformat komputer pun tidak mau booting, yang berarti formating sudah berhasil.

Berikutnya adalah menyiapkan CD installer Windows XP dan mengkonfigurasi BIOS (dengan menekan F2) agar booting diprioritaskan dari CD ROM. Nah ketika komputer siap melakukan booting, rupanya komputer tidak dapat melanjutkan booting dan muncul pesan error. Hem, saya sadar bahwa komputer harus direstore dengan menggunakan CD restoration bawaan sewaktu membeli. Saya pun menemukan CD tersebut, 10008HA XP Support DVD Rev 1.0 A1388, di kardus pembungkus laptop sewaktu membeli. Di CD ada tulisan sbb.

This DVD runs automatically under Windows XP if Autorun is enabled. Otherwise, run ASSETUP.EXE from the BIN folder.

Saya pun menggunakan CD installer bawaan EeePC tersebut untuk menginstal ulang. Setelah selesai, komputer telah terinstall dengan sistem operasi Windows XP. Namun saya kaget karena tidak menemukan data apa pun di drive D, artinya semua data saya di harddisk hilang. Sedih juga, namun masih beruntung. Hanya 3 bulan terakhir yang hilang, karena awal tahun saya sudah men-DVD-kan semua isi harddisk. Selain itu, kebetulan sebagian besar file-file pekerjaan tersimpan di dalam email (Gmail) dan server FTP karena berkolaborasi dalam tim.

So, perlu waspada untuk menginstal ulang Laptop dengan sistem operasi bawaan misalnya Windows XP. Setelah kejadian tersebut, saya baru teringat tata cara merestorasi laptop dengan sistem operasi bawaan ketika saya menginstall ulang notebook NEC-6000x 4 tahun yang lalu. Sungguh-sungguh terjadi.

 

Komentar»

1. Error Menginstall Office XP 2007 pada EeePC 1008 HA « Yoanes Bandung & Activities - Juni 9, 2012

[…] berhasil menginstall ulang Windows XP pada netbook EeePC 1008HA, namun gagal karena isi harddisk hilang, saya pun mencoba untuk menginstall Office XP 2007 meskipun […]

2. Menggunakan Dropbox untuk Penyimpanan Data Lebih Aman « Yoanes Bandung & Activities - Juni 9, 2012

[…] pengalaman dengan hilangnya seisi harddisk pada proses restorasi netbook EeePC 1008HA, saya mulai serius menggunakan Dropbox untuk menyimpan data-data pekerjaan di Internet (cloud) agar […]


Tinggalkan Balasan

