jump to navigation

Samsung I9070 Galaxy S Advance (Android) Juni 17, 2012

Posted by ybandung in Teknologi Mobile.
trackback

Setelah survey sana sini membandingkan beberapa sistem operasi smartphone, saya pun mantab memilih Android dengan menjatuhkan pilihan pada Samsung I9070 Galaxy S Advance; spesifikasi detail ada di sini. Perangkat smartphone lain yang sempat saya pertimbangkan adalah Blackberry Bold 9790, HTC Sensation, Samsung Galaxy W, dan LG Optimus 3D P920.

Dengan tebal 9.7 mm, smartphone ini cukup tipis dan sangat nyaman dalam genggaman. Pun layar display-nya lumayan luas dengan ukuran 4 inch dan sangat tajam dengan ukuran pixel 480×800. Memori internal yang ada kemungkinan 8GB bukan 16GB; informasi pada Settings|Storage menunjukkan angka 3.91GB USB storage dan 1.74GB System storage. Sekitar 2GB lagi kemungkinan untuk instal aplikasi (info forum Kaskus).

Smartphone yang mengusung prosesor Dual-core 1 GHz Cortex-A9 dengan RAM 768 MB yang menjalankan Android OS v2.3.6 (Gingerbread) ini sangat baik kinerjanya. Mengakses beragam aplikasi termasuk berselancar di Internet menggunakan Opera serta membuka file .doc dari aplikasi penyimpanan Dropbox cukup cepat. Mengakses game seperti Angry Birds juga sangat baik responsnya. Memotret juga demikian baik.

Smartphone juga dilengkapi dengan baterai Li-Ion 1500mAH. Ketahanan baterai sendiri saya kira sangat dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi (termasuk browsing, transfer file, kamera, video recorder, GPS) serta akses komunikasi (gsm/3g, wifi, bluetooth).

Di kampus saya mengakses hotspot untuk konek ke Internet. Menggunakan proxy plus autentikasi yang diset pada Wifi Settings|Advance, aplikasi browsing dengan mudah dapat dijalankan. Namun aplikasi-aplikasi lain seperti Play Store dan Twitter tidak dapat berjalan. Lain halnya di rumah; mengakses hotspot ke Wifi Modem Huawei E585 (3G) tidak ada masalah ketika mengakses aplikasi apa saja yang membutuhkan jaringan Internet.

:: Tampilan game Angry Birds yang sangat tajam pada Galaxy S Advance ::

Samsung Galaxy S Advance ini saya dapatkan dengan harga 3.410.000 (plus screen protector 40.000) di salah satu counter hp di BEC Bandung. So far sangat memuaskan.

Komentar»

1. ina007 - Juni 25, 2012

Mantap bro…
Issue yg ada katanya GS Advance ini tidak bisa zoom pada saat memotret atau merekan video.
Bagaimana menurut bro?
btw ane tertarik jg sama HP ini.
Ohya kalo di Malaysia skrg harganya 2.7jt, renc mau beli..
kebetulan ane kerja di sini dan mdh2an hp ini international version jd ga menemui masalah kalo di bawa ke tanah air..
Mks

ybandung - Juli 12, 2012

Yang pasti saya tidak bisa melakukan zoom in atau zoom out pada saat menggunakan fitur kamera hehe. Dari segi kualitas gambar hasil jepret kamera, handphone ini standar saja menurut saya. Tapi buat saya cukup untuk merekam info-info sederhana yang saya perlukan dan istimewanya sangat praktis alias mudah dan cepat jika diperlukan.

2. ybandung - Juli 23, 2012

Untuk memindahkan data dari handphone ke komputer cukup menggunakan aplikasi Kies Air. Kedua perangkat harus terhubung ke perangkat WiFi yang sama, berhasil dengan modem WiFi namun belum berhasil dengan hotspot di kampus.

3. hary kurniawan - Juli 27, 2012

slm mualaikum kang saya iseng ajanie…..punya brang sekonic elematic 8 d daerah bandung kira2 akang berminat .hub.hp.087825877750 fb.hary.kuniawan.31.

4. dimas - September 20, 2012

Advanced saya kenap kok tiba2 gak bisa konek ke kompi ya? (make USB) kenapa ya??

5. Kurniawan Budi S - November 7, 2012

Waah ternyata penggemar Galaxy S advance juga…. kita satu selera nih pak….. wehehehehe

ybandung - November 16, 2012

Halo Mas Kurniawan,

Galaxy S Advance sudah sangat mencukupi kebutuhan buat saya (komunikasi voice/sms, asisten pribadi, kamera/video recorder, internet, dan berbagai aplikasi Android). Kinerjanya juga sangat bagus dengan layar LCD yang cukup lega. Yang pasti gadget ini telah sukses membuat Ipad lengser menjadi gadget game anak-anak di rumah.

Levina - Januari 10, 2013

Dear Yoanes,

Apakah saat kita browsing, gambar bisa di zoom? Mohon info ya… TQ

ybandung - Januari 10, 2013

Bisa (saya menggunakan firefox), namun hanya sebatas view browser terbesarnya, jadi tidak signifikan memperbesarnya.

6. Keunggulan Samsung Galaxy S Advance i9070-PiyePiye.com - Januari 18, 2013

[…] penulis blog wordpress, Keunggulan Samsung Galaxy S Advance i9070, sudah mencukupi kebutuhan dasar untuk sebuah handphone. […]


Tinggalkan Balasan

